Latest News

Cara Mengolah Dan Menentukan Kikil Sapi Tak Berformalin

Tips Cara Memilih Kikil Sapi Yang Segar dan Tidak Mengandung Formalin dan Trik Mengolah Kikil

Penggemar kuliner atau kuliner berkuah apalagi penggemar kuliner padang yang punya kebiasaan makan di warung padang tentu sangat familiar dengan kuliner kikil. Hampir semua rumah makan padang menyediakan sajian kikil, bahkan sajian ini termasuk sajian terlaris sehingga jikalau lewat waktu sedikit saja kita bisa kehabisan jatah sajian kikil ini. Kikil atau kaki sapi banyak digemari sebagai materi santapan favorit. Tekstur daging yang khas, tebal dan kenyal, menjadikannya Istimewa ketika disantap.Tapi kerap susah kan mengolahnya sebab masih kotor.

Kikil sapi yang didapatkan di pasar tradisional yang masih berupa kaki sapi asli, masih kotor dan terdapat banyak bulu, membersihkannya sangatlah mudah. Cukup didihkan dengan air panas yang dicampur kapur sirih. Kemudian dikerik, dan pisahkan tulang dan dagingnya. Jika ini sudah dilakukan, kikil pun bisa dimasak dan kandungan protein dan kalsium ada di dalamnya. Tak salah jikalau dikatakan sebagai santapan kaya gizi. Bentuknya yang berupa santapan berkuah, pantas disajikan bersama nasi atau lontong. Pas juga disajikan disetiap waktu, ketika sarapan, makan siang, atau makan malam. Inilah sop Kikil, sangat nikmat disajikan selagi hangat.

Berdasarkan catatan Keraton Mataram kikil merupakan salah satu kuliner yang bisa meningkatkan gairah seksual. Cara olah menurut resep kuno ini, kikil diolah dengan bumbu rempah jahe. Untuk menjaga stamina tetap fit disarankan dikonsumsi setiap dua ahad sekali. Lebih sering juga baik. Inti dari resep ini ialah mengkonsumsi kikil. Jika Anda atau pasangan tidak mempunyai waktu memasaknya sendiri Anda bisa mengkonsi camilan kikil siap saji. Seperti pada kuliner padang dan lainnya.

Hati-hati jikalau membeli Kikil, ini tipsnya:

Cara Membedakan Kikil berformalin dengan Kikil tanpa formalin

1. Lebih kenyal jikalau dibandingkan dengan kikil tanpa formalin.
2. Tidak berbau amis
3. Lebih putih atau pucat cerah
4. Ketika keadaan terbuka tidak dihinggapi lalat
5. Kikil tidak gampang hancur
6. Ketika dimasak kadang masih mengeluarkan kedaluwarsa khas formalin
7. Kikil berformalin tidak dimakan oleh kucing

Lalat dan kucing sebagai binatang indikator yang penting dalam mendeteksi kandungan formalin pada makanan. Kucing mempunyai penciuman yang tajam terhadap kedaluwarsa formalin, yang tak sanggup dijangkau manusia. Sedangkan lalat juga mempunyai penciuman yang tajam sebab jikalau ada binatang yang mati maka lalat akan pribadi tiba menghampiri binatang mati tersebut.

Karena ulah pedagang yang memakai formalin sebagai pengawet kikil maka kita perlu extra hati-hati ketika membeli kikil. Paling sempurna beli kikil ialah di RPH atau Rumah Potong Hewan, dijamin segar alias fresh, bayangkan saja, sapi gres dipotong kita pesan pribadi kikilnya.

Cara Mengolah Kikil Sapi Menjadi Masakan Lezat 

Resep Gulai Kikil

Bahan :
  • Dua buah kaki sapi
  • Empat setengah gelas santan kelapa
  • Dua lembar daun kunyit
  • Dua buah asam kandis
  • 2 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk purut
Bumbu yang harus dihaluskan :
  • Satu sdm cabai giling
  • 1 1/2 ruas kunyit
  • Lima buah kemiri
  • 1 ruas laos
  • Enam siung bawang putih
  • 8 buah bawang merah
Cara memasak Gulai Kikil
  1. Ambil kaki sapi yang sudah dibeli kemudian bersihkan dari bulu-bulunya kemudian potong beberapa penggalan sesuai porsi sajian yang akan dibentuk
  2. Rebus daging hingga empuk kemudian keluarkan tulang-tulangnya
  3. Bumbu yang dihaluskan dimasak bersamaan dengan santan, daun jerut purut, asam kandis dan batang serai
  4. Masukkan potongan daging kikil kemudian masak hingga santai mulai mengental minyaknya keluar
  5. Agar santan tidak pecah maka masak sambil diaduk secara terus menerus
  6. Langkah terakhir ialah angkat kemudian sajikan

0 Response to "Cara Mengolah Dan Menentukan Kikil Sapi Tak Berformalin"

Total Pageviews