Latest News

Cara Paling Ampuh Memperbaiki Laman Ini Berisi Sumber Daya Http Yang Sanggup Menjadikan Konten Adonan Memengaruhi Keamanan Dan Pengalaman Pengguna Kalau Blog Dilihat Melalui Https

- Baru-baru ini Blogger menambahkan fitur SSL Gratis untuk blog yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com. Sebelumnya, bagi anda yang belum tahu apa itu SSL:
SSL atau Secure Socket Layer yaitu protokol keamanan yang dipakai untuk mengenkripsi setiap kemudian lintas di internet. Dengan SSL komunikasi antara client dan server berada di dalam akses yang aman. SSL menggunakan port 443 untuk web server.
Bedanya SSL dengan TCP yaitu SSL menggunakan protokol https:// sedangkan TCP menggunakan protokol http://. Kaprikornus kalau anda melihat webite dengan protokol HTTPS berarti website tersebut sudah menggunakan akses yang kondusif di dalam websitenya. SSL yaitu fitur berbayar yang sanggup anda sewa sekitar 150 ribu pertahunnya.

Bagi anda pengguna Blogger, ketika ini Blogger sudah menyediakan fitur SSL setrik gratis khusus untuk blog yang masih menggunakan subdomain .blogspot.com, contohnya sekedarkicauanrakyat.blogspot.com. Artinya blog anda berhak mendapat SSL gratis dari Blogger pola menjadi https://sekedarkicauanrakyat.blogspot.com. Tetapi bila anda sudah mengganti dengan domain TLD, contohnya .com, .net. org anda tidak akan sanggup mendapat SSL setrik gratis dari Blogger. Solusinya, anda harus mendaftarkannya sendiri di penyedia sewa SSL.
Tetapi, setelah saya merubah protokol blog ini menjadi HTTPS, saya mendapat beberapa kendala. Salahsatunya ketika saya mempublikasikan posting, saya mendapat pesan error "Laman ini berisi sumber daya HTTP yang sanggup menimbulkan konten gabungan memengaruhi keamanan dan pengalaman pengguna bila blog dilihat melalui HTTPS". 

Kenapa hal tersebut sanggup terjadi dan bagaimana trik memperbaikinya? artikel ini hadir untuk menuntaskan problem tersebut.

Berikut yaitu penjelasannya :

1. Kenapa muncul pesan error HTTPS ketika publikasi posting?
Jawabannya : Karena, ada aset yang anda masukan kedalam posting, menyerupai gambar, javascript atau css, dll yang dihosting oleh server yang tidak menggunakan protokol HTTPS, sedangkan blog anda sudah menggunakan protokol HTTPS.

Loh kok ini jadi masalah?

Penyebabnya, setiap website yang menggunakan protokol HTTPS, seluruh isi aset website menyerupai gambar, javascript, css, video dll harus pula dipanggil dengan protokol HTTPS. Itulah fungsi HTTPS yaitu menampilkan seluruh konten dan aset yang telah terenkripsi setrik kondusif melalui  jalur yang kondusif (secure).


Contoh saya menambahkan gambar pada postingan blogger yang saya dapatkan dari website yang belum menggunakan SSL. Contoh saya memanggil gambar dari website http://domain.com/gambar.jpg, hal ini yang tidak diperbolehkan bila anda menggunakan SSL.Seharunya anda memanggil gambar dari website yang menggunakan SSL https://domain.com/gambar.jpg.

2. Bagaimana solusinya untuk Blogger? Apakah hal ini berdampak jelek pada blog?

Pertama, ini solusi bagi anda yang tetap ingin memaksakan konten HTTP pada blog SSL :
Ketika pesan error tersebut muncul, anda tinggal klik "Tutup" hingga pesan tersebut hilang, kemudian klik "Publikasi" atau "Perbarui" posting.



Namun ada konsekuensi untuk tindakan ini yaitu, penggunaan SSL dalam blog anda sanggup dikatakan sia-sia. Dengan kata lain "anda ingin mengambarkan kepada pengunjung bahwa blog anda kondusif dengan menggunakan SSL, tetapi anda sendiri menyajikan konten yang tidak kondusif untuk pengunjung anda alasannya yaitu tidak sesuai dengan hukum SSL.".

Ketika hal ini terjadi, teknologi SSL sangat bakir dengan memberitahu browser bahwa blog anda menggunakan SSL, tetapi beliau juga memberitahu bahwa blog anda tidak aman. Bagi anda yang rela untuk mengeluarkan biaya ratusan ribu untuk menyewa SSL, maka saya katakan "anda sia-sia menyewa SSL" bila hal ini masih terjadi.

Begini pesan yang diterima browser dari protokol SSL bila blog SSL anda mempunyai aset yang tidak kondusif untuk pengunjung blog :
Blog yang tujuannya ingin kondusif tetapi kok malah tidak aman.

Cara yang pertama ini yaitu trik yang paling enteng bagi anda yang tidak ingin ribet menyajikan konten yang benar-benar aman.

Cara Kedua, yaitu dengan mengganti semua aset (non-SSL) menjadi aset SSL. Contohnya bila ada gambar yang berasal dari sumber non-SSL, maka anda harus menghapusnya dan menggantinya dengan gambar SSL. Caranya sanggup dengan mengunggah gambar setrik manual.

Baca juga :
Cara Mengunggah Gambar di Postingan Blogger (Metode Insert Image)

Jika anda ingin menggunakan gambar yang sama menyerupai gambar dari sumber non-SSL tadi, langkah yang harus anda lakukan yaitu dengan mendownload terlebih dahulu gambar tersebut, simpan di hardisk komputer anda, kemudian upload dengan trik diatas, terakhir tinggal publikasikan posting. Selesai.

Cara ketiga (tidak direkomendasikan), yaitu dengan menonaktifkan layanan SSL pada pengaturan di Blogger. Hal ini sebetulnya tidak direkomendasikan bila anda benar-benar ingin menyajikan konten yang kondusif kepada pengunjung dengan menggunakan SSL. Ini tergantung pilihan anda. Saya hanya akan tunjukan bagaimana trik menonaktifkan layanan SSL di Blogger. 

Berikut langkah-langkahnya :
1. Masuk ke akun Blogger.com
2. Pilih Setelan > Dasar
3. Pada pecahan HTTPS, pengalihan HTTPS diubah menjadi Tidak.

 4. Setelan akan diubah setrik otomatis. Lalu coba anda cek jadinya dengan mengulangi publikasi posting yang berisi aset non-SSL tadi. Maka anda tidak akan lagi menemukan error HTTPS menyerupai tadi.


Baca Juga :

Cara paling ampuh memperbaiki " Terjadi kesalahan ketika mencoba menyimpan atau memublikasikan pos Anda." ketika menulis posting di blogger

Terimakasih telah mengikuti artikel ini. Saya harap ini sanggup bermanfaat bagi anda. Dan bila anda mempunyai pertanyaan, silahkan tulis di formulir komentar dibawah.

Jangan lupa untuk sering berkunjung ke blog ini, alasannya yaitu saya akan selalu membuat goresan pena yang bermanfaat bagi anda setrik gratis.

Sampai jumpa.

0 Response to "Cara Paling Ampuh Memperbaiki Laman Ini Berisi Sumber Daya Http Yang Sanggup Menjadikan Konten Adonan Memengaruhi Keamanan Dan Pengalaman Pengguna Kalau Blog Dilihat Melalui Https"

Total Pageviews