Latest News

Software Yang Dipakai Untuk Menciptakan Animasi Upin Dan Ipin

- Upin dan Ipin , yaitu sebuah film animasi yang cukup terkenal di banyak sekali negara asia tenggara khususnya di Malaysia dan Indonesia dan satu negara Asia-Eropa yaitu Turki. Film animasi yang bisa di bilang gres ini sudah bisa bisa menyihir para penonton khususnya kalangan belum dewasa bahkan remaja dan orang dewasa. Kini animasi Upin dan Ipin telah ditayangkan di Disney Channel Asia.

Film animasi yang digarap oleh "Les' Copaque" ini sering di isukan bahwa sang Creatornya yaitu orang Indonesia yang bersekolah di ITB(Institut Teknologi Bandung).



Banyak orang yang menanyakan kepada saya ihwal software yang dipakai untuk membuat animasi Upin dan Ipin. Dari segi animasi hasil render saya simpulkan bahwa animasi Upin dan Ipin di buat dengan software dari salahsatu product dari Autodesk yaitu Autodesk Maya.

Maya yaitu sebuah perangkat lunak grafik komputer 3D dibentuk oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya dipakai dalam industri film dan TV, dan juga untuk permainan video komputer. Selain Maya software-software yang dipakai untuk proser pembuatan animasi Upin dan Ipin ini yaitu : Photoshop, After Effect, Software Audio Video, Software pengolah audio dan Plugin-plugin kecil.

Saya tahu bahwa animasi Upin dan Ipin dibentuk menggunakan software Autodesk Maya alasannya saya pernah melihat Behind the Scenes atau proses pembuatan animasi Upin dan Ipin, walaupun hanya didalam video, tetapi saya mengenal betul software yang terlihat dikomputer produksi yang dipakai untuk proses Modeling, Texturing, Rigging dan Animation adalah Autodesk Maya, alasannya sebelumnya juga saya pernah menggunakan software tersebut. Dilihat dari tingkat kesulitan, proses penggunaan software dan hasil animasi ini sangat identik dengan animasi yang diolah menggunakan software Maya lainnya.

Sebuah alasan juga kenapa Les` Copaque menggunakan software Maya untuk software utama dalam proses pembuatan animasi(keseluruhan) yaitu alasannya Maya lebih gampang dipakai dan Les` Copaque sudah berpengalaman dengan software ini sebelumnya (mungkin dalam pembuatan animasi yang tidak setenar Upin dan Ipin) yang juga diungkapkan oleh ketua perancang Les' Copaque - Fuad Md. Din.

Kaprikornus kini kita lebih tahu, bila animasi Upin dan Ipin dibentuk dengan Software Autodesk Maya.

Semoga bermanfaat.


0 Response to "Software Yang Dipakai Untuk Menciptakan Animasi Upin Dan Ipin"

Total Pageviews