Latest News

Suara Burung Jingjing Batu

Suara Burung Jingjing batu- Burung jingjing kerikil atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Black-winged flycatcher-shrike (Hemipus hirundinaceus) ini merupakan jenis burung yang sekarang sering dijumpai di pasar burung. Burung ini masih satu keluarga dengan burung Jingjing Petulak namun berbeda genus.Memiliki postur badan kecil sekitar 15 cm. Pada burung Jantan, badan bab atas berwarna hitam,tunggir dan sisi bulu ekor terluar putih dan badan bab bawah putih. Sedangkan untuk burung Betinanya seakan-akan dengan burung jantan, tetapi warna hitam diganti dengan coklat.
 Burung jingjing kerikil atau dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan  Suara Burung Jingjing Batu
img credited to http://www.mangoverde.com/

Di habitat aslinya,burung ini hidup secara berpasangan atau berkelompok, kadang dengan burung lain. Makanan burung ini berupa serangga kecil, ulat, kupu, laba-laba, tempayak.Sarangnya berbentuk cawan kecil, dari serabut halus dihiasi lumut, direkatkan dengan jaring laba-laba, pada cabang pohon berdaun di hutan.Telur berwarna hijau, berbintik coklat, jumlah 2 butir.Berbiak bulan Mei, September. Habitat aslinya berada di dataran rendah, perbukitan, tepi hutan,tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl. Dapat dijumpai di Semenanjung Malaysia, Sunda Besar. Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali.

Suara orisinil burung ini berupa bunyi "ti-ti-ti-ti, hii-tiit-tiit-tiit" atau "hii-tu-wiit" berubah-ubah dengan bunyi tinggi "ciit-wiit-wiit-wiit". Tidak begitu anggun dan untuk bunyi yang sudah dipelihara belum kami temukan di youtube. Suara orisinil atau rekaman di Alam yang kami kutip dari situr recorder dunia adalah xeno-canto dapat kalian dengarkan dibawah ini.
Suara Burung Jingjing Batu 
Suara Jingjing Batu 
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Refferensi perihal deskripsi burung diatas dari bio-undip.ac.id

0 Response to "Suara Burung Jingjing Batu"

Total Pageviews