Latest News

Cara Menciptakan Pakan Fermentasi Dari Ampas Kelapa

Mahalnya harga pakan binatang unggas dikala ini, menciptakan para peternak semakin resah. Para peternak mulai mencari solusi pakan alternatif yang lebih murah dan tersedia cukup melimpah diantaranya yaitu ampas kelapa. Ampas kelapa banyak didapatkan di pasar-pasar daerah pemarutan kelapa, atau industri-industri olahan kelapa. Ampas kelapa masih mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi. Ampas kelapa yang umumnya masih dibuang belum termanfaatkan dengan baik, sanggup dijadikan sumber pakan ternak yang cukup baik. Ampas kelapa yang akan dipakai sebagai pakan ternak sebaiknya diproses terlebih dahulu yaitu dengan difermentasi dengan memanfaatkan kapang Aspergillus niger. Dengan proses fermentasi maka gizinya sanggup meningkatkan.
Beberapa riset pertanda bahwa hasil analisis mengatakan adanya peningkatan kadar protein ampas kelapa sehabis fermentasi dari 11,35% menjadi 26,09% atau sebesar 130% dan penurunan kadar lemak sebesar 11,39%. Kecernaan materi kering dan materi organik meningkat masing-masing dari 78,99% dan 98,19% menjadi 95,1% dan 98,82%. 
Hasil penelitian juga mengatakan bahwa pakan yang dihasilkan cukup kondusif untuk ternak. Penggunaan dalam ransum sanggup mencapai 20% dari jumlah total materi ransum pakan ayam kampung kita.

Proses fermentasi sanggup dilakukan dengan cara sebagai berikut: 


Ampas kelapa ditambah air, diaduk dan dikukus. Setelah didinginkan hingga mencapai suhu ± 70°C diaduk bersama adonan mineral, ditambahkan spora Aspergillus nigerdan diaduk kembali hingga merata. Adonan lalu dimasukkan ke dalam plastik dandifermentasi secara aerob dan anaerob. Ampas hasil fermentasi lalu dikeringkan dan dikemas dalam wadah plastik

ampas kelapa (1 kg) dikeringkan

dihaluskan + 800 ML air

kukus 30 menit

dinginkan di atas plastik formika

mineral (36 g (NH4)2SO4 + 20 g Urea + 7,5 g NaH2PO4 +2,5 g MgSO4 + 0,75 g KCl)

+ 8 g spora Aspergillus niger

aduk hingga dengan homogen

tempatkan pada baki plastik dengan ketebalan 1 cm

fermentasi secara aerob pada suhu kamar 2 hari

proses enzimatis dengan dibungkus dengan plastik, padatkan tanpa udara

inkubasi suhu ruang 2 hari

dikeringkan, digiling dan disimpan


0 Response to "Cara Menciptakan Pakan Fermentasi Dari Ampas Kelapa"

Total Pageviews