Latest News

Burung Beo Nias

Burung Beo Nias- Burung beo nias atau Nias Myna Gracula robusta Salvadori, 1887 yakni salah satu jenis burung beo yang habitat aslinya di Indonesia. Burung ini mempunyai ukuran besar sekitar 32 cm. Berwarna hitam mengkilap, bersemu ungu hingga perunggu. Terdapat pial kuning yang khas dibawah mata, pial lainnya memanjang dari mata kebelakang melingkari leher, melebar membentuk dua gelambir di leher belakang. Bersayap hitam berbercak putih pada bulu primer.
img credited to http://www.hbw.com/

Burung Jantan dan betina sangat mirip, burung muda bulunya kurang mengkilap dan ukuran pialnya lebih kecil. Mirip dengan burung Tiong emas, tetapi pial Tiong nias di leher belakang lebih panjang hingga tengkuk serta bercak putih pada bulu primer lebih lebar. Iris mata coklat, paruh oranye-merah kokoh sedikit melengkung, kaki kuning mengkilap.

Wilayah persebaran burung ini terbatas hanya terdapat di kepulauan lepas pantai barat Sumatera,yaitu Kep. Banyak (Babi, Bangkaru & Tuangku) dan Nias. Merupakan jenis burung penetap yang menghuni daerah hutan hujan, hutan meranggas, tepi hutan dan tegalan berpohon besar. Dijumpai dari dataran rendah hingga perbukitan, berpasangan atau dalam kelompok kecil. Makanan utamanya buah dan nektar, meski kadang juga memakan serangga dan hewan kecil lainnya.

Tipe perkawinannya monogami dan diperkirakan sanggup berbiak sepanjang musim. Suara burung ini cukup Keras, jelas, menusuk “t’-ong”, dan “owa (wau-wau)”. Juga banyak sekali siulan terang dan tiruan kicauan burung lain.

Identifikasi perihal burung diatas dikutip dari wikipedia,kutilang.or.id dan beberapa sumber perihal burung tersebut.

0 Response to "Burung Beo Nias"

Total Pageviews