Latest News

Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India

Burung Anis merah atau punglor merah yang dikenal dalam bahasa Inggrisnya dengan orange-headed thrush (Geokichla citrina) maupun (Zoothera citrina) ini merupakan salah satu jenis burung pengicau dari keluarga  Turdidae. Spesies burung ini cukup terkenal di kalangan penghobi burung kicauan di Indonesia alasannya yaitu bunyi kicaunya yang merdu dan mempunyai gaya berkicau yang unik yaitu teler.

Burung anis merah terdiri dari 11 sub-spesies, dengan daerah persebaran yang berbeda dan mempunyai tampilan fisik yang berbeda-beda.Jika di Indonesia,burung anis merah pada bab kepalanya berwarna merah bata polos,tapi ada sub spesies anis merah yang pada bab kepala (muka) ibarat Burung Anis Cendana,yaitu spesies anis merah yang menghuni daerah India atau yang mempunyai nama latin Geokichla citrina cyanota.Berikut ini penampakannya.
 atau punglor merah yang dikenal dalam bahasa Inggrisnya dengan orange Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India
Img credited to www.flickr.com

Seperti yang dijelaskan diatas,spesies burung anis merah terdiri dari 11 sub-spesies,diantaranya yaitu sebagai berikut .
  1. Geokichla citrina citrina: Bagian timur Himalaya hingga timur bahari India, dan di bab barat dan utara Myanmar. Pada isu terkini hirau taacuh bermigrasi ke India bab selatan hingga Sri langka.
  2. Geokichla citrina cyanota (Jardine & Selby, 1828): India bab tengah dan selatan.
  3. Geokichla citrina gibsonhilli (Deignan, 1950): Myanmar bab tengah dan tenggara, Thailand bab barat daya. Pada isu terkini hirau taacuh bermigrasi ke semenanjung malaysia dan Singapura. Diduga juga bermigrasi hingga Sumatra.
  4. Geokichla citrina innotata (Blyth, 1846): China bab selatan, Myanmar bab timur, Thailand bab utara dan tenggara, Indochina bab barat bahari dan selatan. Pada isu terkini hirau taacuh bermigrasi ke semenanjung Malaysia. 
  5. melli (Stresemann, 1923): China bab selatan.
  6. Geokichla citrina courtoisi (Hartert, 1919): Anhui (China bab timur). 
  7. Geokichla citrina aurimacula (Hartert, 1910): Indochina bab tengah dan Pulau Hainan.
  8. Geokichla citrina andamanensis (Walden, 1874): Pulau Andaman. 
  9. Geokichla citrina albogularis (Blyth, 1847): Pulau Nicobar.
  10. Geokichla citrina aurata (Sharpe, 1888): Pulau kalimantan bab utara (wilayah Malaysia dan Brunei darrusalam, yaitu di daerah pegunungan kapur Gng. Kinabalu dan Gng. Trus Madi).
  11. Geokichla citrina rubecula (Gould, 1836): Java dan Bali.
Burung Anis Merah ras India ini mempunyai postur badan paling besar dibanding dengan spesies Anis Merah dari daerah lain.Suara kicaunya juga cukup merdu,videonya dapat kalian lihat di SINI.
Bagi yang mau menyimpan bunyi burung tersebut dengan format mp3,berikut ini sudah aku konversikan menjadi audio yang dapat kalian download dibawah ini.
Suara Anis Merah Ras India
Suara Anis Merah Ras India V2
Suara Anis Merah Ras India (yang sudah dipelihara)
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Kicauan Merdu Burung Anis Merah Ras India"

Total Pageviews