Latest News

Burung Jingjing Petulak

Burung Jingjing Petulak- Burung Jingjing petulak yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan large woodshrike (Tephrodornis gularis) ini ialah spesies burung dari keluarga Tephrodornithidae yang masih berkerabat dengan burung Jingjing Batu namun beda genus. Untuk jingjing petulak ini dikelompokkan dalam Genus Tephrodornis. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kumbang, capung, belalang, serangga lainya yang mempunyai habitat di pesisir, hutan dataran rendah, tepi hutan, tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl.
 Burung Jingjing petulak yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Burung Jingjing Petulak
img credited to http://ibc.lynxeds.com/

Jingjing petulak mempunyai badan berukuran agak kecil (18 cm). Berwarna bau-abu dan putih. Tubuh bab atas jantan abu-abu. Tubuh bab atas betina coklat. Tubuh bab bawah putih bernuansa abu-abu pada dada. Bertopeng gelap. Paruh berkait pada ujungnya. Iris coklat, paruh hitam, kaki hitam. Di alam bebas sering terlihat secara Berpasangan maupun dalam kelompok kecil. Beterbangan sekitar tajuk pohon pendek. 

Wilayah Penyebaran burung ini terdapat di Bangladesh ,Bhutan ,Brunei , Cambodia ,China ,India, Indonesia ,Laos ,Malaysia, Myanmar ,Nepal ,Singapura , Thailand, dan juga Vietnam. Di Indonesia sendiri sanggup dijumpai di Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Suara burung ini sanggup didengarkan melalui link dibawah ini.
  1. Suara Jingjing Petulak 
  2. Suara Jingjing Petulak v2
  3. Suara Jingjing Petulak v3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania. Sumber identifikasi burung diatas dari wikipedia dengan file audio dari xeno-canto dengan diedit oleh www.timkicau.com.

0 Response to "Burung Jingjing Petulak"

Total Pageviews