Latest News

Suara Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran

Burung Pelatuk Bawang atau Pelatuk Tunggir Emas yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan greater flameback (Chrysocolaptes guttacristatus) yang juga dikenal dengan greater goldenback, large golden-backed woodpecker atau Malherbe's golden-backed woodpecker ini merupakan jenis burung pelatuk yang keberadaannya terdapat di Indonesia.Habitat aslinya sanggup dijumpai di daerah hutan terbuka,hutan lembab, semak belukar, hutan bakau dan daerah yang lapang.
 atau Pelatuk Tunggir Emas yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan greater flameback  Suara Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran
Img credited to wikipedia,uploaded by Dharani_Prakash

Burung pelatuk bawang ini mempunyai warna bulu yang sangat menarik dengan corak yang berwarna warni.Berukuran besar antara 33-34 cm.Pada burung Jantan, dahi bawah berwarna hijau zaitun, dahi atas, mahkota dan jambul berwarna merah, bergaris-garis hitam tipis. Pita putih lebar memanjang dari mata kesamping hingga tengkuk yang kontras dengan pita hitam dari mata melalui indera pendengaran hingga leher belakang. Dagu dan tenggorokan putih dengan garis tengah gelap, corak hitam makin lebat hingga tenggorokan bawah. Tubuh pecahan atas hijau keemasan, punggung bawah dan tunggir merah, ekor atas hitam. Tubuh pecahan bawah putih berbasuh coklat muda, bercoret hitam yang rapat di tenggorokan hingga dada, semakin berkurang dan kecoklatan hingga perut dan ekor bawah.

Sedangkan untuk burung Betina juga ibarat mirip burung jantan, tapi dahi, mahkota dan jambul hitam bertotol-totol putih. Burung usia Remaja warna bulunya tidak secerah burung dewasa, dengan punggung dan sayap zaitun.Burung Jantan yang masih muda mempunyai lebih sedikit porsi warna merah di kepala, dengan totol-totol pucat pada kepala pecahan atas. Paruh kehitaman, iris mata putih kekuningan, lingkar terluar semakin orange.seperti dikutip dari kutilang.or.id

Bagi masyarakat jawa (kuno),burung pelatuk bawang ini menggambarkan watak yang mempunyai pendirian sangat kuat,rajin bekerja namun tidak sabaran atau grusah-grusuh.Burung ini juga dipercaya mempunyai kemampuan gaib yang sangat ampuh dan sering dipakai sebagai media ritual oleh orang-orang jaman dulu.

Namun bagi insan jaman kini ibarat kita ini,mempercayai hal-hal mistis ibarat itu ialah kuno dan harus tidak boleh mengingat sebagai makhluk yang lebih religius.Kini,pelatuk bawang dipelihara oleh insan umumnya oleh pecinta burung khusus nya ialah sebagai burung peliharaan dan juga untuk masteran burung kicau yang lainnya ibarat cucak ijo,cendet,murai watu maupun kacer.

Suara burung ini berupa bunyi crecetan dan mempunyai sedikit vareasi suara.Berikut ini ada 3 koleksi audio bunyi burung pelatuk bawang di timkicau.com yang bisa kalian download dibawah ini.
Suara Burung Pelatuk Bawang
Suara Burung Pelatuk Bawang V2
Suara Burung Pelatuk Bawang V3
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Suara Burung Pelatuk Bawang Untuk Masteran"

Total Pageviews