Latest News

Pedoman Anda Untuk Sukses Beternak Burung Kenari

Ternak burung kenari memang menjajikan berdasarkan finasial ataupun hanya sekedar hobi-hobian. Eksistensi burung kenari sedang hangat-hangatnya di indonesia sekitar tahun 2014 hingga kini ini, burung ini telah memukau banyak pencinta burung di indonesia bahkan didunia.

Malah, sebelum burung kenari pamor di indonesia sebetulnya burung ini telah menjadi burung fenomenal di eropa, di inggris saja beberapa kota disana mengakibatkan ikon kota dengan gambar burung kenari. Contohnya saja kota norwich, selain menjadi ikon kota, burung kenari norwich juga menjadi lambang kesebelasan norwich city yang sering kita saksikan pertandingannya di tayangan liga inggris.



Kenari lokal pun tidak kalah pamor dengan kenari import, beberapa kenari lokal mempunyai kemampuan yang mempuni untuk bersaing dengan kenari import. Persilangan antara kenari lokal dan import juga di percaya akan menciptakan varian kenari yang lebih gaco. Terhitung pencinta kenari melebih pencinta burung lain, inilah yang menjadi alasan peternak kenari untuk merauk rezeki dari burung satu ini.

Artikel ini bisa menjadi pedoman anda untuk sukses beternak kenari, sebelum mengetahui cara ternak kenari bagusnya anda menciptakan perencanaan apa saja yang perlu untuk disiapkan dan butuhkan sebelum melaksanakan ternak kenari.

Lakukan perencanaan sebelum memulai budidaya kenari

Apa saja yang anda perlu siapkan? mari kita bahas bersama.

Pelajari dulu tahap-tahap beternak kenari - Karena menjanjijakannya laba ternak kenari mungkin menciptakan orang terburu-buru eksklusif beternak padahal informasi yang di sanggup belum cukup untuk melakukannyam, proses yang perlu dilakukan akan kita bahas nanti di bawah subjudul ini.

Uang - Banyak yang perlu anda beli dan semuanya memerlukan uang. Semakin banyak pasangan kenari yang dibeli, makin baik jenis kenari yang ingin di ternak juga akan menambah modal yang diperlukan. Misalnya modal awal untuk peternak kenari lokal dan yorkshire niscaya sangat berbeda, jadi kenali juga jenis kenari apa yang ingin anda ternak, berapa harga jenis kenari itu ( silakan baca harga kenari terupdate disini ), Modal lain ibarat untuk pembelian sangkar, pakan, vitamin dan aksesoris.

Lokasi - Lokasi juga penting, mengingat kenari harus berada di lokasi yang damai dikala di ternakan, jikalau anda memakai rumah anda sebagai lokasi ternak, yang sering menjadi pertanyaan apakah lingkungan sekitar mendapatkan aktifitas anda beternak? jikalau tidak maka anda perlu menyiapkan dana tambahan untuk menyewa daerah untuk beternak.

Ternak burung kenari memang menjajikan berdasarkan finasial ataupun hanya sekedar hobi Pedoman anda untuk sukses beternak burung kenari


Setelah hal diatas telah di lakukan barulah kini dikala kita dalami bagaimana cara ternak kenari yang bisa menjadi pemikiran untuk anda yang berencana menjadi peternak kenari.

Berikut ini ialah pemikiran cara ternak kenari 

Langkah yang dibutuhkan pada awal ialah anda perlu tau yang mana kenari jantan dan betina, kemudian masuk ke proses penjodohan dan perkawinan, sepakat mari kita jabarkan bersama.

Bedakan mana kenari jantan dan mana yang betina

Untuk pemula ini mungkin akan terasa sulit, kalo berdasarkan saya cara jitu memastikannya ialah dengan melihat dan meraba alat kelamin burung ini, burung kenari jantan mempunyai alat kelamin memanjang dan sedikit lebih tajam ibarat pensil, sedangkan burung kenari betina mempunyai kelamin yang menonjol bundar tidak memanjang ibarat jantan. Sebenarnya masih banyak metode yang dipakai untuk memastikan mana kenari jantan dan betina anda sanggup membacanya di acuan link tertaut berikut. ( baca lengkapnya : cara membedakan jenis kelamin kenari jantan dan betina )

Masuk ke proses penjodohan

Sebelumnya apakah anda mengetahui umur kenari yang baik untuk memulai proses penjodohan dan perkawinan? kenari betina akan mengalami puberitas pada umur 6 bulan dan kenari jantan akan mengalaminya juga dikala umurnya 8 bulan, tetapi sebetulnya proses kawin dan penjodohan manis jikalau dilakukan pada dikala umur keduanya mencapai 8 - 9bulan, alasannya ialah pada umur demikian kedua kenari akan mengalami tingkat kesuburan terbaik, ini untuk menghindari telur kenari tidak menetas atau anak kenari yang cacat.

Ternak burung kenari memang menjajikan berdasarkan finasial ataupun hanya sekedar hobi Pedoman anda untuk sukses beternak burung kenari


Setelah itu kita masuk ke proses penjodohan, kenari sanggup dijodohkan dengan mendekatkan sangkar kenari jantan dan betina berdekatan, sangkar sanggup di gantangkan bersama atau satukan kenari disangkar umbaran dengan mengatakan skat, jikalau kenari terlihat berjodoh selama 3-4 hari anda sanggup menyatukan mereka dalam satu sangkar tanpa skat. ( baca lengkapnya: Langkah yang dibutuhkan untuk menjodohkan kenari )

Kenari telah kawin

Setelah terlihat berjodoh barulah kenari siap dikawinkan, ambil kenari jantan dan masukan ke sangkar kenari betina, jangan terbalik, kenapa? alasannya ialah jikalau kenari betina yang masuk ke sangkar kenari jantan, sang jantan yang mempunyai jiwa teritorial akan menyakiti betina ini mungkin jikalau dibiarkan betinanya bisa saja mati.

Kenari yang berjodoh sesudah disatukan terlihat mereka akan saling melolohkan pakan tampak ibarat berciuman, jikalau birahi mereka memuncak maka proses perkawinan akan berlangsung. Untuk mendapatkan hasil terbaik, sesudah anda melihat pasangan kenari ini kawin, segera pisahkan mereka dengan mengambil kenari jantan di sangkar terpisah kembali, tunggu selama 2 jam kemudian masukan kenari jantan ke sangkar kembali. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari sperma si pejantan.

Pengeraman dan penetasan

Saran saya jangan pisahkan kenari jantan dari sangkar, biarkan mereka selalu bersama hal ini dilakukan supaya kenari jantan sanggup melolohkan pakan kenari betina sehingga sang betina tidak sering meninggalkan sangkar untuk mencari makan.

Ketika 14 hari telur akan menetas dan bayi kenari akan muncul, yang hanya anda perlu lakukan ialah menyiapkan semua kebutuhan kenari tetap ada, contohnya pastikan pakan, vitamin dan air tetap tersedia untuk mereka, kenari akan membutuhkan porsi masakan lebih besar dari sebelumnya dikala mereka merawat anakan yang gres menetas.

Beberapa brand mengatakan pakan yang dikhususkan untuk anda yang sedang beternak kenari hingga proses penetasan, pakan untuk anakan dan pakan lolohan juga tersedia.

Oke sekian artikel ihwal pedoman untuk beternak kenari semoga ini sanggup bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi peternak kenari. 



0 Response to "Pedoman Anda Untuk Sukses Beternak Burung Kenari"

Total Pageviews