Latest News

7 Hal Mengenai Kacer Poci Yang Perlu Anda Ketahui!

Kacer poci merupakan jenis burung kicau yang cukup kasar dan bermental petarung namun dalam hal bunyi masih sanggup dilatih, sebab keunikannya inilah banyak orang yang berminat memeliharanya.



Di indonesia, terdapat beberapa jenis kacer yang dikenal oleh kalangan kicau mania. Masing-masing terlihat ibarat sehingga bagi para pemula akan sedikit kesulitan membedakannya. Sifat kasar yang dimiliki kacer poci seringkali menyulitkan para kicau mania untuk menjinakkannya.

Oleh sebab itu, untuk membantu anda dalam mengenal lebih bersahabat serta bagaimana cara membedakan dan menjinakkan kacer poci, maka kami buatlah artikel ini. Silahkan disimak!
Daerah sebaran dan penyebutan kacer dibeberapa tempat penyebaran kacer di indonesia yaitu antara pulau jawa, sumatera, kalimantan hingga bali.

Kacer poci merupakan jenis burung kicau yang cukup kasar dan bermental petarung namun da 7 Hal mengenai kacer poci yang perlu anda ketahui!


Dibeberapa tempat, kacer mempunyai nama panggilan yang berbeda ibarat di jawa barat disebut dengan kacer priangan, kemudian di kalimantan disebut kacer bulan.

Kupas tuntas profile kacer poci


Ciri-ciri umum kacer poci
- Warna bulunya hitam mengkilat yang tersebar dari cuilan kepala, dada hingga ke punggung
- Yang membedakan Kacer Poci dengan jenis Kacer yang lain ialah warna bulunya yang berwarna putih pada cuilan perut, pantat hingga ekor.
- Terkadang warna putih ini sanggup hingga ke cuilan sayap.
- Bentuk paruh lancip namun agak pendek, berwarna hitam.
- Bagian ekor panjang dan melebar pada ujungnya.

Cara membedakan kacer poci jantan dan betina
Untuk membedakan antara kacer poci jantan dan betina, anda sanggup memperhatikan ciri-ciri berikut. Pada jantan, warna bulunya lebih hitam mengkilat sedangkan pada betina lebih kusam dan tampak abu-abu. Dari segi suara, jantan lebih mempunyai variasi bunyi dan lebih gacor, namun pada beberapa betina suaranya terkesan monoton. ( baca: cara akurat membedakan kacer jantan dan betina )

Yang terakhir adalah, pada cuilan dada jantan terdapat trotol hitam yang berpadu dengan warna putih kekuning-kuningan, pada betina trotol merupakan perpaduan antara putih dan abu-abu.

Jenis pakan
Pada habibat asli, kacer poci biasa memakan jenis serangga, belalang, cacing, ulat bambu dan binatang kecil lainnya. Namun, para kicau mania yang memelihara burung ini sanggup menawarkan variasi masakan berupa voer serta extra fooding untuk meningkatkan stamina yaitu dengan kroto, jangkrik, ulat hongkong, dll. ( baca: Varian jenis pakan harian yang sanggup diberikan kepada kacer )

Kandang ideal
Gunakan ukuran 40x40x60 cm berbentuk segi empat untuk sangkar burung atau gunakan bentuk lingkaran dengan diameter 36-40 cm dan tinggi 60-80 cm. Bahan menciptakan sangkar sanggup dari kayu, bambu atau kotak, yang penting kuat. Anda sanggup menyesuaikannya dengan kondisi dan keinginanan. Jangan lupa untuk menaruh tenggeran di dalam sangkar untuk memudahkan burung bertengger.

Perawatan harian
Untuk perawatan harian burung Kacer Poci tidaklah jauh berbeda dengan jenis burung lain.
- Saat pagi, keluarkan sangkar ke tempat yang lebih terbuka contohnya teras rumah.
- Angin-anginkan burung terlebih dahulu sebelum dimandikan, kurang lebih 10-15 menit.
- Mandikan dengan cara disemprot memakai spray atau keramba.
- Setelah selesai mandi, lakukan penjemuran hingga burung benar-benar dalam keadaan kering.
- Saat penjemuran, anda sanggup sambil memberikannya makan atau extra fooding.
- Letakkan sangkar burung ditempat yang tenang, teduh dan tidak terlihat dari burung yang homogen atau burung lain, serta jauh dari jangkauan binatang lain yang berbahaya.
- Saat sore hari, mandikan kembali burung kemudian angin-anginkan biar kering.
- Setelah itu beri makan lagi.
- Saat malam hari, kerondong burung biar terhindar dari ancaman ancaman dan letakkan ditempat yang aman.

Tips biar menjadi jinak
- Jika burung sedang mengalami stress, maka asingkan terlebih dahulu ketempat yang tenang.
- Mandikan dan atur teladan makan burung secara teratur.
- Kondisikan burung dalam keadaan lapar dengan tujuan untuk pemberian extra fooding, manfaatkan momen ini untuk menciptakan burung lebih jinak dengan menawarkan pribadi extra fooding memakai tangan, lakukan secara perlahan hingga burung terbiasa.
- Jangan lakukan pengkerodongan kecuali malam hari.
- Tempatkan sangkar burung diarea yang ramai secara rutin selama kurang lebih satu bulan, ini akan menciptakan burung cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
- Lakukan interaksi yang intens dengan burung biar menjadi semakin jinak. ( lengkapnya baca: cara jitu menjinakan kacer )

Demikian artikel ini ditulis, semoga sanggup bermanfaat untuk sahabat kicau semua.

Terima kasih

0 Response to "7 Hal Mengenai Kacer Poci Yang Perlu Anda Ketahui!"

Total Pageviews