Latest News

Suara Burung Cipoh Jantung

Burung Cipoh Jantung atau Sirtu Jantung Burung cipoh atau sirtu jantung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut green iora (Aegithina viridissima) ini merupakan spesies burung dari keluarga Aegithinidae dalam Genus: Aegithina. Masih berkerabat dengan burung Cipoh kacat / common iora (Aegithina tiphia) atau yang biasa beredar di pasaran disebut dengan Burung Sirtu. Burung ini berukuran kecil sekitar 13 cm, berwarna hijau bau tanah dengan garis putih pada sayap.
 atau Sirtu Jantung Burung cipoh atau sirtu jantung yang dalam bahasa Inggrisnya disebut g Suara Burung Cipoh Jantung
Burung cipoh jantung (komunitas burung unik)

Burung Jantan ibarat Cipoh kacat, tetapi dadanya hijau dan badan bab atas berwarna lebih gelap. Betina juga ibarat Cipoh kacat, tetapi sedikit lebih hijau gelap, dengan kekang dan epilog pendengaran hijau serta garis sayap lebih condong kekuningan daripada putih. Iris abu-abu, paruh dan kaki hitam. Spesies ini merupakan spesies burung penetap yang umum terdapat di dataran rendah Sumatera termasuk pulau-pulau di sekitarnya, dan Kalimantan termasuk P. Natuna, hingga ketinggian 600 m.

Kebiasaannya sama dengan Cipoh kacat, tinggal pada tajuk hutan primer dan hutan sekunder yang tinggi. Memakan inverteberata, biasanya mencari makan secara berpasangan atau dalam kelompok kecil di tajuk pohon. Sering bergabung dalam kelompok burung adonan untuk berburu makanan.

Suaranya berupa Siulan tinggi ndengan nada terdengar ibarat kata “ciiiw”, berbeda dengan bunyi burung Cipoh kacat yang lebih bervareasi. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara Cipoh Jantung 
  2. Suara Cipoh Jantung 
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Suara Burung Cipoh Jantung"

Total Pageviews