Latest News

Tips Perawatan Burung Ketika Di Tinggal Pulang Kampung Lebaran

 Bingung bagaimana meninggalkan burung kurun waktu usang Tips Perawatan Burung Saat di Tinggal Mudik Lebaran
Anda akan pulang kampung lebaran? Bingung bagaimana meninggalkan burung kurun waktu lama? Ya, niscaya anda tengah berpikir bagaimana langkahnya meninggalkan burung sepanjang anda berlebaran keluar kota. Pada prinsipnya, burung yakni makhluk bernyawa, serta amat berisiko mati bila kekurangan pakan serta air, atau airnya kotor sampai meracuni burung bila terminum, apalagi voer yang berjamur juga amat beresiko untuk kesehatan burung.

Pada prinsipnya burung tidak sanggup ditinggal berlama-lama dikarenakan banyak risikonya, apalagi kalau burung ditinggal mudik. Tak tahu didalam urusan pakan serta kebersihan sangkar ataupun kemungkinan dirambah tikus, kucing, cicak, tokek dan sebagainya. Lalu bagaimana? Ditambah lagi hati-hati dengan pencurian ya teman burung.

Memanglah banyak langkah yang dulu dikerjakan penghobi untuk “menyelamatkan” burung sepanjang ditinggal mudik. Namun apa pun langkahnya, saya tak lagi menganjurkan anda untuk berikan extra masakan serta air minum sebagai stock pakan serta minum sepanjang sekian hari. Banyak yang berhasil lakukan cara tersebut, namun banyak juga yang selanjutnya burung tewas atau sakit dikarenakan meminum air bercampur jamur atau masakan bau yang juga tentu berjamur.

Bila memanglah terpaksa meninggalkan burung tanpa perawat, maka yakinkan bahwa wadah air minum yang anda pakai yakni wadah air minum yang seminimal barangkali sanggup menghindar kemungkinan kemasukan kotoran burung serta pada waktu yang sama air tidak simpel tercemar. Wadah layaknya itu banyak dijual di pasar burung.

Dengan wadah layaknya ini, air atau voer atau bijian sanggup turun dengan perlahan cocok pengurangan yang terkonsumsi burung.

Cuma saja, wadah pakan atau minum burung layaknya itu umumnya berukuran kecil serta anda mesti menempatkan sebagian wadah baik untuk minuman maupun voer/bijian. Supaya anda meyakini bahwa wadah air minum sanggup menyimpan banyak air, maka anda sanggup menggunakan wadah air minum yang biasa digunakan didalam tunjangan air minum anak ayam.

Upayakan permukaan air minum ada akrab namun di sebelah atas tangkringan semoga burung simpel minum air didalamnya namun wadah tak lagi terkena kotoran burung. Serta yakinkan juga di bab atas wadah tersebut tidak sangat mungkin burung sanggup bertengger di sana.

Supaya lebih safe, anda sanggup menutup beberapa wadah air minum ( di bab plastik warna merah ) dengan plastik lantas diisolasi serta diberi lubang sebesar kepala burung. Karena, air sanggup lebih kecil berisiko terkena kotoran burung.

Bagus lagi didalam wadah minum masukkan saringan akuarium tujuan serta fungsinya untuk menyerap air lantas waktu sanggup lebih panjang umpama didalam wadah hanya diisi air itu habisnya 12jam dikasih saringan ini burung tetap sanggup minum sampai 16jam lho ia menyerap air dari saringan-saringan tadi. Namun yakinkan saringan itu janganlah yang simpel ancur.

Sesaat untuk wadah pakan, anda sanggup menggunakan wadah pakan ayam dengan model atau langkah kerja layaknya wadah air minum diatas.

Bagaimana dengan wadah pakan ekstra layaknya jangkrik atau kroto atau buah? Menurut saya, dikarenakan pakan ekstra sejenis itu berisiko busuk, baiknya sepanjang ditinggal pergi cuma diberikan 1 hari atau sangat usang dua hari habis. Untuk buah contohnya, janganlah umumnya dikarenakan ketika telah berjamur, amat berisiko mengakibatkan burung sakit bila memakannya.

Bagaimana bila di lebih kurang anda tidak ada wadah pakan serta minum layaknya itu? Anda sanggup merancangnya sendiri menggunakan tabung bambu atau botol bekas air minum didalam kemasan. Buat persiapan semenjak awal, serta anda tentu sanggup membuatnya.

Burung Sebaiknya dikerodong atau tidak?

Untuk keamanan burung dari dilema luar, baiknya burung anda kerodong namun pakai kerodong transparan yang tidak terlampau gelap semoga burung tidak tersiksa ada di kegelapan terus-terusan.

Bagaimana alternatif lain yang lebih kondusif ketika burung di tinggal mudik?

  • Titipkan ke rekan atau penjual burung yang sanggup anda yakin, serta berikanlah duit untuk pembelian pakan serta berikanlah lagi ketika anda mengambilnya sebagai duit layanan penitipan. 
  • Bila sangat mungkin, kirim burung-burung piaraan anda duluan ke area tujuan anda pulang kampung serta minta saudara atau rekan di sana terima serta merawatnya. 
  • Titip-jual ke penjual burung dengan perjanjian bila anda pulang dari area pulang kampung ( telah balik ) burung anda beli lagi memberi laba sewajarnya pada konsumen burung anda.
Source: omkicau

0 Response to "Tips Perawatan Burung Ketika Di Tinggal Pulang Kampung Lebaran"

Total Pageviews