Latest News

Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit


Sebenarnya dikala burung kicau kesayangan kita sakit, ada beberapa hal yang sanggup kita amati. Tujuannya ialah untuk segera mengambil tindakan pertolongan untuk mencegah penyakit semakin parah dan berujung kematian. Ada beberapa ciri-ciri burung yang sakit yang sanggup kita amati, dan anda sanggup membacanya di sini. Perawatan burung memang harus lebih ekstra terutama dikala animo hujan, alasannya ialah di animo hujan besar kemungkinan daya tahan badan burung akan menurun alasannya ialah cuaca yang ekstrem. Lalu bagaimana perawatan burung dikala animo hujan supaya tetap sehat? Baca artikel lengkapnya di sini. 

Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit CARA AMPUH MENCEGAH BURUNG KICAU TIDAK SAKIT

Penyakit burung pun juga bermacam-macam, ada yang sakit flu/pilek, alasannya ialah cacing, parasit, kelumpuhan, dan lain sebagainya. Tetapi anda tidak perlu khawatir dan pesimis dengan penyakit burung, alasannya ialah intinya anda sanggup mencegahnya. Ya, penyakit pada burung sanggup dicegah tentunya dengan perawatan yang benar dan tepat. Meliputi kebersihan sangkar, dukungan pakan yang berkualitas, dan juga dukungan multivitamin untuk menjaga kondisi burung kicauan anda. 

Dan pada kesempatan ini kami akan menyebarkan info dan tips mengenai cara ampuh mencegah burung kicau tidak sakit. Berikut ini beberapa langkah gampang dan sederhana untuk mencegah burung tidak sait :

1. Kebersihan sangkar/kandang burung
Hal pertama yang harus anda lakukan ialah menjaga kebersihan dan kesterilan sangkar/kandang dari penyakit, entah dari kotoran atau sisa-sisa masakan dan minuman burung. Caranya ialah dengan membersihkannya setiap hari (biasanya pagi hari) sebelum atau sesudah dimandikan. Langkah ini sangat penting alasannya ialah bila kita malas membersihkan sangkar dari kotoran/feces burung dan sisa-sisa makanannya, maka sanggup jadi akan ada virus dan penyakit yang nantinya juga akan menjangkit burung anda. Untuk itu luangkan waktu beberapa menit untuk membersihkan kandang/sangkar burung.

2. Pemberian pakan dan minum
Hal kedua yang harus anda lakukan ialah memperlihatkan pakan dan minum yang berkualitas. Pakan yang berkualitas yang dimaksud ialah pakan yang masih layak konsumsi, mengandung gizi yang cukup, dan tidak terkontaminasi oleh jamur. Pakan yang berkualitas tidak diukur dari seberapa banyak kita memberikannya, tetapi lebih kepada kualitas pakan yang benar-benar terjaga. Sedangkan untuk minumannya, pastikan anda memperlihatkan air minum yang sudah dimasak dan steril. Banyak perkara yang menyatakan bahwa air minum burung biasanya hanya dengan air kran/air sumur yang belum direbus. Padahal kita tahu bahwa air yang belum masak masih mengandung kuman yang berbahaya bagi kesehatan insan dan burung. Kecuali anda memberi air mineral kemasan yang sudah banyak diperjualbelikan. Untuk dukungan multivitamin, anda sanggup mencampurkannya pada air minum burung. Berapa kali dalam seminggu? Untuk perawatan harian anda sanggup memperlihatkan multivitamin 2x seminggu dan 3x seminggu bila kondisi burung mulai terlihat menurun. 

3. Kondisi lingkungan
Lingkungan sangat kuat bagi siapa pun dan apa pun termasuk burung. Kondisi yang kondusif, aman, nyaman dan terjaga akan menciptakan burung juga merasa aman dan tenang. Untuk itu pastikan kondisi lingkungan burung tetap terjaga dari gangguan-gangguan menyerupai tikus, kucing, anjing, atau burung liar. Selain itu kepadatan jumlah burung dalam sangkar juga akan kuat pada kondisi mental dan kesehatan burung. Pastikan anda tidak menaruh burung yang terlalu banyak di dalam satu kandang/sangkar. Burung sanggup saja stress kemudian sakit, dan kesudahannya mati. Untuk itu anda harus memahami kebutuhan dan selalu memberi kelayakan bagi burung kicauan anda. 

4. Pemeriksaan berkala
Nah, yang terakhir ialah tindakan terencana yang sebaiknya anda lakukan setiap bulan untuk memastikan kesehatan burung anda. Anda sanggup memakai jasa dokter binatang berpengalaman untuk menyelidiki kondisi kesehatan burung kicau anda. Misalnya setiap bulan sekali anda membawa burung ke dokter atau mengajak dokter ke daerah anda untuk menyelidiki kondisi burung dan memperlihatkan vaksin bila memang diperlukan. Dengan perawatan yang baik dan benar, maka risiko burung kesayangan anda sakit akan lebih kecil. 

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan begitu teman kicaukan? Karena pengobatan burung ternyata lebih sulit dari binatang lainnya (mamalia) alasannya ialah memang kurangnya penelitian/riset mengenai penyakit burung dan pengobatannya. Untuk itu sayangilah burung kicau anda dengan memperlihatkan yang terbaik khususnya menyerupai poin-poin di atas. 

Demikian info yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, bila anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Pertolongan Pertama Untuk Burung Yang Sakit.

0 Response to "Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit"

Total Pageviews