Latest News

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi

Kicaukan - Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi - Sobat kicaukan, apakah anda memelihara cucak hijau di rumah? Entah koleksi tunggal atau untuk peternakan. Cucak hijau ialah burung kicau yang bahwasanya gampang dalam perawatannya, namun juga sanggup terkena beberapa tanda-tanda atau gangguan menyerupai stress, drop/down, overbirahi, dan masih banyak lagi.

Nah, cucak hijau yang sedang bermasalah (baca : tidak sehat) niscaya akan mengalami penurunan kualitas, baik dalam berkicau, makan, atau dalam hal kesehatannya. Untuk itu sangat diharapkan ketelitian dari anda dalam merawat cucak hijau yang sedang "tidak normal" tersebut. Berawal dari pengalaman pribadi dan banyaknya para pemelihara cucak hijau yang mengalam problem tersebut, maka di sini kami akan sedikit membuatkan tips mengenai cara menangani cucak hijau yang drop dan overbirahi. 

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi CARA MENANGANI CUCAK HIJAU YANG DROP DAN OVERBIRAHI

Yang Pertama saya mulai dari cara menangani cucak hijau yang drop. Drop atau jatuh (mental) merupakan salah satu gangguan cukup serius bagi cucak hijau dan harus segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menangani cucak hijau yang sedang drop :

1. Pemandian 
Cucak hijau yang sedang drop/jatuh mentalnya sebaiknya anda mandikan lebih sering. Artinya, kalau biasanya dimadikan hanya sekali dalam sehari, maka dikala kondisi drop tersebut anda sanggup memandikannya menjadi dua kali sehari di pagi dan sore hari. 

2. Penjemuran
Untuk penjemurannya, anda sanggup meningkatkan durasi jemur cucak hijau. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka sanggup anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 

3. Pemberian EF
Pemberian pakan dalam hal ini ialah extra food (EF) merupakan hal wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terlebih kalau cucak hijau sedang down/drop. Untuk EF jangkrik, anda sanggup menunjukkan 5 ekor di pagi hari dan 5 ekor lagi di sore hari. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda sanggup memberi kroto pada cucak ijo kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.

4. Gantangan
Untuk cucak hijau yang sedang drop, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya ialah lantaran kalah dengan cucak hijau lain. Untuk itu sebaiknya anda mengarantina/mengisolasi cucak hijau yang sedang drop untuk tidak melihat atau mendengar bunyi cucak hijau lain. Biarkan ia sendiri dulu hingga mentalnya kembali naik.

Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi CARA MENANGANI CUCAK HIJAU YANG DROP DAN OVERBIRAHI

Yang Kedua ialah cara menangani cucak ijo yang sedang overbirahi. Overbirahi maksudnya ialah nafsu yang berlebihan, dan sanggup jadi lantaran proteksi extra food yang berlebihan. Untuk mengatasi overbirahi kami menyarankan beberapa hal berikut :
  1. Pemberian EF khususnya jangkrik semoga dikurangi saja lantaran jangkrik yang terlalu banyak sanggup meningkatkan birahi. Anda sanggup menunjukkan jangkrik cukup 1 ekor saja di pagi hari, dan 1 ekor lagi di sore hari. 
  2. Ulat bambu juga sanggup menjadi alternatif untuk mengatasi cucak hijau yang sedang overbirahi. Berikan ulat bambu sebanyak 2 ekor saja setiap hari selama 3 hari beruntun. 
  3. Untuk pemandian, anda sanggup memandikan cucak hijau yang sedang birahi sebanyak 2 kali sehari saja. 
  4. Penjemuran sesudah mandi dikurangi saja. Jika biasanya menjemur selama 1-2 jam maka dikala overbirahi durasi penjemuran dikurangi 30 menit, jadi penjemuran hanya berkisar antara 1-1,5 jam saja. 

Kondisi cucak hijau yang drop yang berlangsung usang akan menciptakan cucak hijau anda hilang mental, baik dikala lomba, latber atau trek. Untuk itu perlu penanganan serius dari anda semoga segera pulih kembali. Begitu juga dikala CH/Ci sedang overbirahi, maka anda harus segera mengambil tindakan untuk mengendalikan birahinya. 

Sobat kicaukan, demikian info yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Tips Perawatan Harian Burung Cucak Hijau.

0 Response to "Cara Menangani Cucak Hijau Yang Drop Dan Overbirahi"

Total Pageviews