Latest News

Tips Perawatan Burung Dikala Animo Hujan Biar Tetap Sehat

Kicaukan - Tips Perawatan Burung Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat - Sobat kicaukan, pada dikala animo hujan tiba tentunya kondisi cuaca sangat berbeda dengan animo kemarau. Pada dikala animo hujan cuaca menjadi lebih cuek alasannya intensitas hujan yang tinggi. Kondisi ini tentunya juga kuat pada kesehatan burung kesayangan anda, alasannya mungkin sebelumnya terbiasa dengan cuaca panas dikala animo kemarau dan kemudian berubah drastis menjadi cuaca yang begitu dingin. 

Nah, jikalau pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas perihal tips merawat burung dikala terkena pilek atau flu, maka pada kesempatan ini kami akan menyebarkan tips mengenai tips perawatan burung dikala animo hujan semoga tetap sehat. Tetapi bagi anda yang belum sempat membaca tips merawat burung dikala terkena pilek atau flu, anda sanggup membacanya di sini.  

Tips Perawatan Burung Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat TIPS PERAWATAN BURUNG SAAT MUSIM HUJAN AGAR TETAP SEHAT

Burung kicau sangat rentan terkena virus dikala animo hujan, apalagi jikalau kondisi sangkar kotor dan kesehatan burung tidak begitu baik. Virus yang biasanya menjangkit pada tahap awal ialah pilek/flu, dan jikalau tidak segera ditangani dan diobati maka burung kesayangan anda akan mati. Tetapi anda tidak perlu khawatir dengan persoalan tersebut, alasannya pilek/flu pada burung sanggup diatasi dengan cara perawatan yang sifatnya pencegahan (preventif). Untuk mengetahui tips perawatan burung dikala animo hujan semoga tetap sehat sebaiknya anda membaca artikel ini hingga akhir.

Oke teman kicaukan, berikut ini beberapa tips perawatan burung dikala animo hujan semoga tetap sehat :

1. Kebersihan kandang/sangkar
Poin pertama yang harus anda perhatikan ialah kebersihan kandang/sangkar burung itu sendiri. Sebagai pencegahan, bersihkan sangkar/kandang setiap hari termaasuk kotoran dan kawasan pakan/minum. Ini menjadi penting alasannya jikalau sangkar/kandang tidak higienis maka kuman dan virus akan berdatangan dan tentunya akan menjangkit burung kesayangan anda. Untuk itu bersihkan kandang/sangkar setiap hari semoga kondisi sangkar tetap higienis dan sehat sehingga burung anda pun tetap sehat pula. 

2. Tempat pakan dan minum
Sama halnya pada poin pertama, kebersihan kawasan pakan/makan dan kawasan minum semoga selalu dibersihkan setiap hari. Jika anda mengganti pakan dan minum burung, jangan lupa membersihkan wadahnya dengan cara disikat semoga sisa-sisa makanan sanggup hilang. 

3. Penyemprotan kandang
Ini ialah tindakan bersiklus yang sebaiknya juga anda lakukan, yaitu menyemprot sangkar burung dengan disinfektan. Tujuannya ialah membunuh kuman dan kuman yang melekat di sangkar burung sebelum berkembang. Penyemprotan ini sanggup anda lakukan sekali dalam seminggu. 

4. Pengerodongan sangkar
Pada dikala animo hujan datang, tentunya langit sering mendung, angin berhembus kencang, dan cuaca menjadi lebih dingin. Dengan kondisi yang demikian, burung akan merasa kedinginan dan rawan pilek/flu. Untuk pencegahannya, jikalau kondisi mendung/hujan dan angin kencang, maka sebaiknya anda menaruh burung di gantangan dalam rumah, dan dikerodong. Gantangan sebaiknya berada di dalam ruangan yang tidak terkena hembusan angin secara langsung. 

5. Pemberian multivitamin
Untuk poin terakhir ialah dukungan multivitamin burung. Saat animo hujan datang, ada baiknya anda menunjukkan multivitamin kepada burung kesayangan anda dengan frekwensi yang lebih tinggi. Sebagai contoh, jikalau di animo kemarau anda menunjukkan multivitamin 1-2 kali seminggu, tetapi dikala animo hujan anda sanggup memberikannya 3-4 kali seminggu. Ini dilakukan untuk memperkuat sistem kekebalan badan mengingat cuaca yang ekstrem/lebih dingin. Multivitamin burung sanggup anda dapatkan di banyak kawasan di sekitar anda. 

Cukup gampang bukan perawatan burung sat animo hujan? Tips-tips di atas ialah tindakan yang sifatnya mencegah burung terkena penyakit-penyakit dikala animo hujan. Demikian info yang sanggup kami sampaikan perihal tips perawatan burung dikala animo hujan aar tetap sehat, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Tips Merawat Burung Saat Terkena Pilek Atau Flu.

0 Response to "Tips Perawatan Burung Dikala Animo Hujan Biar Tetap Sehat"

Total Pageviews