Latest News

Perawatan Cucak Hijau Ketika Mabung Atau Molting Yang Benar

Kicaukan - Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar - Sobat kicaukan, apakah anda punya cucak hijau/cucak ijo di rumah? Jika punya, pernahkah cucak hijau anda mabung atau molting? Mabung atau molting yaitu rontok, berganti bulu, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu yang usang ke bulu yang gres yang terjadi secara periodik. Pada ketika mabung anda harus lebih memperhatikan cucak hijau anda dan harus mencukupi segala kebutuhan nutrisinya. Karena ketika cucak ijo sedang mabung maka 25% protein dalam tubuhnya akan terserap. Ini berarti anda harus mengganti kebutuhan protein yang terserap tersebut dengan cara mencukupi segala kebutuhan nutrisi bagi CI anda. 

Pada dasarnya mabung atau molting yaitu siklus alami yang niscaya dialami oleh semua jenis burung yang telah dewasa. Yang harus anda lakukan yaitu merawat dengan lebih intens pada ketika mabung tersebut, yang mencakup santunan pakan, santunan multivitamin, dan juga kebersihan sangkarnya. Nah untuk mempermudah anda dalam merawat cucak hijau yang sedang mabung maka pada kesempatan ini kami akan membuatkan tips mengenai perawatan cucak hijau ketika mabung atau molting yang benar biar berhasil. Perawatannya hampir sama dengan perawatan kenari ketika mabung.

Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar PERAWATAN CUCAK HIJAU SAAT MABUNG ATAU MOLTING YANG BENAR

Berikut ini yaitu langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika merawat cucak hijau yang sedang mabung :

1. Cek kondisi cucak hijau
Hal yang pertama yaitu mengecek kondisi cucak hijau anda terlebih dahulu. Yang pertama yang sanggup anda cek yaitu apakah cucak hijau anda terserang virus penyakit atau tidak, contohnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu gres ketika CI sedang mabung. Anda sanggup meminta tolong kepada dokter binatang di sekitar lingkungan anda. Yang keduadalah membasmi atau menyingkirkan benalu pengganggu menyerupai cacing, kutu, dan mikroba. Nah, artikel wacana cara membasmi kutu pada burung sanggup anda baca di sini.

2. Pemberian pakan
Yang utama ketika merawata cucak hijau mabung yaitu santunan pakan. Pakan yang dimaksud di sini yaitu pakan yang berkualitas. Berkualitas di sini artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang sangat diharapkan CI ketika mabung. Pakan yang baik untuk cucak hijau yang sedang mabung yaitu yang mengandung mineral dan protein. Untuk porsinya sanggup ditambah dari hari biasa sebab kebutuhan nutrisinya juga bertambah. 

3. Extra Fooding (EF) dan multivitamin
Selain makanan pokok, anda juga sebaiknya menunjukkan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk cucak hijau yang sedang mabung yaitu jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 5 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda sanggup memberikannya 1 sendok saja setiap pagi.  Multivitamin juga sangat penting dan sanggup anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang sempurna untuk cucak hijau yang sedang mabung/molting yaitu pepaya, sebab pepaya banyak mengandung vitamin C yang sanggup memperkuat ketahanan badan CI dan melancarkan proses metabolismenya. 

4. Pemandian dan penjemuran
Untuk cucak hijau yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan CI yang mabung sebab sanggup menghambat pertumbuhan bulu baru. Utuk penjemurannya, durasi maksimal yang kami sarankan yaitu 20 menit saja setiap hari.

5. Penempatan gantangan
Pada ketika mabung cucak hijau sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian sebab sanggup mengganggu konsentrasi cucak hijau. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, cucak hijau yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada ketika dijemur dan dimandikan. 

6. Pemasteran/mastering
Saat cucak hijau sedang mabung, anda sanggup melaksanakan mastering/pemasteran setiap hari biar risikonya maksimal. Karena pada ketika masa mabung, cucak hijau lebih banyak membisu dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melaksanakan mastering suara. Mastering sanggup anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung seorang jago mastering yang sesuai dengan jenis bunyi cucak hijau anda. 

Sobat kicaukan, demikian gosip yang sanggup kami sampaikan tentang Perawatan Cucak Hijau Saat Mabung Atau Molting Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapat aneka macam macam gosip penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Perawatan Cucak Hijau Sebelum Dan Setelah Lomba.

0 Response to "Perawatan Cucak Hijau Ketika Mabung Atau Molting Yang Benar"

Total Pageviews