Latest News

Beberapa Jenis Burung Kolibri (Burung Madu) Si Kecil Yang Cantik, Gesit Dan Merdu.

Burung kecil ini mempunyai ratusan spesies yang tersebar di seluruh dunia,beberapa jenis di antaranya mempunyai warna bulu yang mengkilap dan memantulkan cahaya yang berwarna - warni dikala sedang bergerak,burung yang kita kenal dengan burung madu atau Burung Kolibri ini bisa melaksanakan hovering menyerupai yang di lakukan Burung Branjangan.Dan juga mempunyai gerakan yang sangat indah, gesit dan tidak di miliki oleh jenis burung lain.

Beberapa spesies dari burung ini bisa mengepakkan sayapnya sampai 90 kali /detik di udara,selain itu burung ini juga bisa untuk terbang mundur dan dengan lincahnya burung ini sanggup terbang dengan manuver yang tinggi,yakni kecepatannya bisa menempuh sampai 54 km /jam (15 meter /detik).

Dengan paruhnya yang panjang dan runcing,burung ini meminum cairan manis di dalam sari bunga (Nektar) dan memakan invertebrata kecil di dalam nektar.Mereka menyerupai lebah yang bisa mendeteksi kadar gula dalam setiap bunga,mereka juga tidak akan makan dari bunga yang kadar gulanya tidak lebih dari 10%.Untuk melengkapi kebutuhan gizinya,mereka juga memakan serangga - serangga yang kecil.

Sebenarnya burung kolibri ini jenis burung yang di lindungi dan sudah di menetapkan pemerintah pada tahun 1999.Karena kiprahnya sangat penting dalam membantu penyerbukan secara alami terhadap tumbuhan - tumbuhan di hutan dan di perkebunan.Namun sejak burung kolibri di masukkan dalam daftar kategori di setiap ajang perlombaan Burung kicau,burung mulai rame di buru.


Selain keindahan warna fisik dan gerakannya yang gesit.Burung kecil ini mempunyai kicau yang sangat unik dengan crecetan yang sangat nyaring dan rapat,burung ini sangat cocok di jadikan masteran.

Ada berbagai jenis-jenis burung kolibri namun saya akan mengulas beberapa jenis yang cukup populer,berikut aneka jenisnya:


  • Burung Kolibri Jawa
Burung yang suka ribut, suka di pohon-pohon yang ada bunga benalunya.Agak menyerupai dengan burung cabai jawa,jadi hati-hati membedakannya

  • Burung Kolibri Sepah raja
Menyukai pohon dadap dan pohon yang berbunga lainnya di sekitar perkebunan dan tepi hutan.

  • Burung kolibri Tasik
Suka hidup di alam terbuka, tepi hutan, perkebunan karet dan daerah terbuka lainnya.

  • Burung Kolibri Kelapa (Kolibri manggar)
Burung yang galak dan mengusir burung lain yang mencoba masuk ke daerah daerah sumber makanannya,hidup di daerah terbuka, perkebunan, tepi pantai dan lain-lain.

  • Burung Kolibri Wulung (Kolibri kaca)
Lebih menyukai daerah pinggir hutan, hutan cemara, flora bawah dan perkebunan.

  • Burung Kolibri Hitam (Ninja)
Burung yang sangat gesit dan atraktif dikala terbang, hidup perkebunan, hutan mangrove dan hutan cemara.

  • Burung Kolibri Sriganti (Sogok ontong)
Burung yang suka ribut berebutan daerah dan  tempat masakan ini suka hidup di pekarangan, perkebunan, hutan mangrove, tepi pantai  dan lain-lain.

  • Burung Kolibri lebah
Burung jenis ini mempunyai ukuran terkecil di antara jenis kolibri, beratnya sekitar 1,8 gram dan panjangnya cuma 5 cm.Burung bisa mengepakkan sayapnya sebanyak  80 kali dalam 1 detik.

0 Response to "Beberapa Jenis Burung Kolibri (Burung Madu) Si Kecil Yang Cantik, Gesit Dan Merdu."

Total Pageviews