Latest News

Burung Yang Eksotis Murai Kerikil (White Rumped Shama)

Burung murai batu ini tak pernah turun pamornya,burung fighter yang mempunyai nama latin Copychus malabaricus atau si ekor panjang  ini selalu menjadi burung favorit para kicau mania.Kicauannya yang bervariasi dan merdu bisa menggetarkan dada.Dan juga ekornya yang panjang terurai menciptakan burung ini lezat sekali di pandang mata.Maka tak heran burung ini di bandrol dengan harga yang cukup tinggi..

Burung ini mempunyai abjad yang berbeda-beda dari masing-masing tempat asalnya.khususnya di indonesia tersebar di bab sumatra,kalimantan dan jawa.meski abjad tempat asal berbeda,namun burung murai kerikil ini mempunyai bulu warna dan bentuk fisik yang hampir sama.Sehingga penuh kontroversi  untuk membedakan asal tempat burung di pasaran.Karena burung dari tempat masing-masing mempunyai sesilih harga yang cukup tinggi.Sehingga tak sedikit pedagang yang memanfaatkan  kecurangan ini.

Berikut sekilas murai kerikil yang ada di indonesia ini:

1.Murai kerikil medan.
tempat penyebarannya hingga ke bahorok,bukit lawang,hinggga kaki gunung leuser di wilayah sumatra utara. panjang ekor mencapai 26-30 cm.
murai ini ialah jenis yang paling unggul di kelasnya,karena selain posturnya yang paling ideal,ekornya yang panjang juga gaya tarungnya yang mengesankan dengan memainkan ekornya atau di kenal dengan istilah ngeplay.Suaranya yang sangat kristal dan bisa menampung isian banyak sehingga mempunyai variasi lagu yang panjang dan keras.


 











2.Murai kerikil Aceh
Penyebarannya di tempat kaki gunung leuser,sabang,lampuyang dan sekitarnya.panjang ekor sekitar 24-30 cm.
burung ini mempunyai postur,gaya tarung dan kemampuan yang hampir sama dengan medan,mungkin karna tempat penyebarannya yang berdekatan dengan medan.














3.Murai kerikil Nias.
tempat penyebarannya di kepulauan nias,mentawai,sinabang dan sekitarnya.panjang ekor bervariasi ada yang pendak ada juga yang panjang 16-25cm.di sebut juga Blacktaill alasannya ialah ekornya yang hitam polos,namun ada juga yang keluar putih-putih tipis di ujung ekor hitamnya hal ini oleh para kicau lovers menyebutnya dengan sebutan balak.kemampuan burung ini sama menyerupai yang dari aceh.











4.Murai kerikil Jambi
Penyebaranya di wilayah sumatera utara,bengkulu.Panjang ekor 16-24cm.
Kemampuan kicau hampir sama dengan murai medan.










5.Murai kerikil Lampung.
wilayah penyebarannya di sekitar krakatau.panjang ekor 14-20 cm.
abjad hampir sama dengan jambi namun ekor burung ini lebih pendek dan ukuran tubuhnya lebih kecil.














6.Murai kerikil Banjar (kalimantan)
tersebar di tempat kalimantan timur dan kalimantan selatan.panjang ekor  10-12 cm.
Ekornya pendek dan tubuhnya lebih besar di banding murai lainnya.
mempunyai bunyi kicau yang keras,tetapi ngeban (di ulang-ngulang) dan nafasnya tidak se bagus murai dari sumatra.gaya tarungnya gembung kaya bola.













7.Murai gres Palangka (kalimantan)
Tersebar di wilayah kalimantan tengah dan kalimantan barat.Panjang ekor 14-18 cm
mempunyai postur menyerupai murai jambi,ekornya cukup tidak mengecewakan panjang dan semakin melebar atau agak mekar.namun mempunyai gaya tarung semi (gembung tapi tak se parah banjar).











8.Murai kerikil mahkota (kalimantan)
penyebaranya di area kalimantan barat,kalimantan utara(malaysia).Panjang ekor 10-12 cm
murai ini menyerupai sepupunya yang dari banjar namun ada ciri khas nya yaitu di kepalanya ada warna putih,sehingga di juluki murai mahkota.




9.Larwo (murai kerikil jawa)
dari jawa tengah,jawa timur dan jawa barat.Panjang ekor 8-10 cm.
Ukuran tubuhnya lebih kecil di bandingkan dengan murai lainnya.namun keberadaanya kini ini sudah amat sangat jarang di temukan.mungkin burung ini sudah punah.










0 Response to "Burung Yang Eksotis Murai Kerikil (White Rumped Shama)"

Total Pageviews