Latest News

Mengenal Burung Abang Bau Tanah Yang Ada Di Indonesia

Sobat Burung kicau niscaya sudah tau dengan burung yang satu ini, sebab burung ini sangat populer di indonesia, saking tenarnya nama burung ini di jadikan sebagai lagu nasional anak-anak. yah, namanya ialah burung Kakak tua.

Burung ini termasuk burung yang di lindungi oleh pemerintah republik Indonesia. Burung ini mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi, dan bisa menirukan bunyi manusia, tentunya dengan training khusus.. 

Burung pemakan biji-bijian, kacang-kacangan dan beberapa buah-buahan ini mempunyai banyak spesies di seluruh dunia, dan rata-rata burung ini mempunyai ciri yaitu ada jambul di kepalanya namun ada juga yang tidak memilikinya, paruhnya sangat kuat, tebal dan kokoh.

  • Kakak renta Raja hitam.
    Burung yang mempunyai nama latin Probosciger Aterrimus masih masuk dalam keluarga Cacatuidae, dan burung yang sangat cendekia ini merupakan burung yang sanggup berumur panjang, yakni bisa hidup selama 60 tahun. Burung ini ialah orisinil dari Papua dan Australia. Ciri-cirinya ialah ukuran tubuhnya sekitar 60 cm, seluruh tubuhnya berwarna hitam kecuali pada pipinya yang berwarna merah, burung ini juga mempunyai jambul yang anggun dan sanggup di gerakkan (berdiri). 

  • Kakak renta putih.
    Burung jenis ini mempunyai nama latin Cacatua Alba dan masuk dalam keluarga Psittacidae, burung ini ialah merupakan burung endemik Indonesia, kawasan penyebarannya mencakup Maluku utara dan biasa di ditemui di hutan primer maupun sekunder di pulau Halmahera, Tidore, Ternate, Bacan, Kasiruta dan Mandiole. Ciri dari jenis ini ialah  seluruh badan nya berwana putih kecuali pada paruh, kaki dan matanya yang berwarna hitam, dan jambulnya yang sanggup di gerakkan (berdiri). ukuran tubuhnya sedang yaitu sekitar 45 cm. 

  • Kakak renta rawa.
    Burung yang mempunyai nama latin Cacatua Sanguinea ini juga biasa di sebut dengan abang renta noda darah, abang renta mata bersih, abang renta kecil dan lain-lain. Burung jenis ini berasal dari Papua dan Australia, di Indonesia penyebarannya sebagian besar di temui di merauke dan Papua selatan. Jenis ini juga seluruh tubuhnya berbulu warna putih, paruhnya pendek dan jambulnya juga pendek dan sanggup di gerakkan.

  • Kakak renta jambul jingga.
    Burung ini mempunyai nama latin Cacatua Sulphurea Citrinocristata, ibarat namanya burung ini mempunyai jambul yang berwarna jingga yang sanggup di gerakkan (berdiri) dan mempunyai bulu badan berwarna putih. burung ini termasuk burung endemik dari Indonesia, habitatnya di kawasan hutan primer dan sekunder di pulau Samba yang ada di kepulauan Sunda kecil. Burung juga berumur panjang, yakni sanggup hidup selama 50 tahun.

  • Kakak renta Tanimbar.
    Burung jenis ini nama latinnya ialah Cacatua Goffiniana, burung ini sekilas bentuk dan cirinya ibarat sekali sama burung Kakak renta rawa, perbedaannya ialah pada matanya. Burung ini termasuk burung endemik dari kepulauan maritim Banda di Indonesia. burung jenis ini ialah spesies yang berukuran paling kecil diantara burung abang renta lainnya, yakni panjangnya sekitar 30 cm.

  • Kakak renta Maluku
    Burung yang berjulukan latin Cacatua Moluccensis ini termasuk burung endemik Indonesia dari Maluku selatan, burung ini hanya di temui di Ambon, pulau Seram, Saparua dan Haruku. Namun keberadaannya sudah sangat langka dan hganya bisa di temui di Taman nasional Manusela. Burung ini mempunyai ukuran badan yang sedang, yaitu sekitar 52 cm, dan mempunyai ciri jambul yang berwarna merah jambu yang sanggup di gerakkan (berdiri). Seluruh bulu tubuhnya berwarna putih agak ke-merah jambuan.


0 Response to "Mengenal Burung Abang Bau Tanah Yang Ada Di Indonesia"

Total Pageviews