Latest News

Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap

Kicaukan - Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap - Anis kembang merupakan salah satu burung kicau yang mempunyai bunyi kicauan yang indah dan merdu, serta berpenampilan menarik. Tak ayal banyak teman kicaukan yang menggemari burung kicau bertrotol ini. Anis kembang dari mana pun asalnya niscaya akan tampil manis dan selalu gacor jikalau dirawat dengan baik dan benar, terutama dalam santunan pakan yang berkualitas.

Tetapi, pernahkah anis kembang kesayangan anda over birahi dan drop? Over birahi dan drop merupakan problem yang sering dialami oleh semua burung kicau, termasuk anis kembang. Penyebab dari over birahi dan drop ini tak lain yaitu santunan pakan yang berlebihan/kurang serta contoh perawatan yang salah. Setelan atau contoh perawatan harian anis kembang sanggup anda lihat di sini. 

Pada kesempatan ini kami akan membuatkan tips mengenai cara menangani anis kembang yang over birahi dan drop dengan maksud supaya teman kicaukan tidak resah harus bertindak bagaimana. Baca artikel berikut ini hingga selesai supaya tidak salah tafsir. 

Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap CARA MENANGANI ANIS KEMBANG OVER BIRAHI DAN DROP TERLENGKAP

Yang Pertama, yaitu cara menangani anis kembang yang sedang over birahi. Over birahi maksudnya yaitu nafsu yang berlebihan, dan sanggup jadi lantaran santunan extra food yang berlebihan. Untuk mengatasi anis kembang yang over birahi kami menyarankan beberapa hal berikut :
  • Pemberian EF khususnya jangkrik supaya dikurangi saja lantaran jangkrik yang terlalu banyak sanggup meningkatkan birahi. Anda sanggup memperlihatkan jangkrik cukup 1 ekor saja di pagi hari, dan 1 ekor lagi di sore hari. 
  • Berikan cacing dua kali setiap ahad masing-masing 1 ekor. 
  • Sebelum dimandikan, anda sanggup melaksanakan pengembunan bagi anis kembang. Pegembunan yang kami sarankan dilakukan pada jam 05.30 - 06.00. Caranya dengan digantang di teras/halaman supaya AK terkena embun pagi. 
  • Untuk pemandian, jikalau biasanya anda memandikan AK sehari 2 kali,maka ketika over birahi anda sanggup memandikan anis kembang sebanyak 3 kali sehari.
  • Penjemuran sehabis mandi dikurangi saja. Jika biasanya menjemur selama 1-2 jam maka ketika over birahi durasi penjemuran dikurangi menjadi 30 menit. 

Yang Kedua, yaitu cara menangani anis kembang yang drop. Drop atau jatuh (mental) merupakan salah satu gangguan cukup serius bagi anis kembang dan harus segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menangani anis kembang yang sedang drop :

1. Pemandian 
Saat anis kembang dalam kondisi drop anda sanggup memandikannya 2 kali sehari di pagi dan sore hari. 

2. Penjemuran
Untuk penjemurannya, anda sanggup meningkatkan durasi jemur anis kembang. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka dapat anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 

3. Pemberian EF
Pemberian pakan dalam hal ini yaitu extra food (EF) merupakan hal wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terlebih jika anis kembang sedang down/drop. Untuk EF jangkrik, anda sanggup memperlihatkan 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor lagi di sore hari. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda sanggup memberi kroto pada anis kembang kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.

4. Gantangan
Untuk anis kembang yang sedang drop, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya yaitu lantaran kalah dengan anis kembang lain. Untuk itu sebaiknya anda mengarantina/mengisolasi anis kembang yang sedang drop untuk tidak melihat atau mendengar suara anis kembang lain. Biarkan ia sendiri dulu hingga mentalnya kembali naik.

Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap CARA MENANGANI ANIS KEMBANG OVER BIRAHI DAN DROP TERLENGKAP

Kondisi anis kembang yang drop yang berlangsung usang akan membuat anis kembang anda hilang mental, baik saat lomba, latber atau trek. Untuk itu perlu penanganan serius dari anda supaya segera pulih kembali. Begitu juga ketika AK sedang overbirahi, maka anda harus segera mengambil tindakan untuk mengendalikan birahinya. 

Sobat kicaukan, demikian gosip yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam gosip penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Sifat Dan Karakteristik Jalak Suren Kalimantan Terlengkap.

0 Response to "Cara Menangani Anis Kembang Over Birahi Dan Drop Terlengkap"

Total Pageviews