Latest News

Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar

Kicaukan - Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar - Sobat kicaukan niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan acara menjemur burung kicau kesayangan anda. Ya, alasannya yaitu menjemur burung yaitu suatu hal yang wahib anda lakukan dalam memelihara burung kicau. Dan tahukah anda ternyata menjemur burung punya manfaat yang banyak bagi si burung itu sendiri? Penjemuran burung kicau di bawah sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan burung asalkan dengan cara dan teknik yang baik dan benar.

Memang ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari acara penjemuran burung kicau. Seperti halnya manusia, burung juga membutuhkan sinar ultraviolet (UV) untuk menjaga kondisi tubuh burung biar tetap sehat dan bugar. Sebelum kita beranjak lebih jauh wacana cara menjemur burung kicau yang baik dan benar, alangkah baiknya kalau kita intip dulu apa saja manfaat menjemur burung kicau. Berikut ini manfaar menjemur burung kicau :

  • Dapat menghangatkan tubuh burung menjadi lebih stabil, terutama di ketika demam isu dingin/musim hujan.
  • Dapat mengurangi risiko burung terkena penyakit, alasannya yaitu sinar matahari bisa membunuh basil dan jamur yang mungkin saja terdapat dalam tubuh burung atau sangkarnya.
  • Dapat mengkonversi/mengubah pro vitamin D dalam tubuh burung menjadi vitamin D. Kita tahu bahwa vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. 
  • Membantu mengurangi berat tubuh burung dengan syarat ada pembatasan konsumsi pakan/karbohidrat.
Itulah beberapa manfaat dari acara berjemur/penjemuran pada burung yang mana sangat penting untuk kesehatan burung kicau kesayangan anda. Nah, kini kita akan membahas wacana cara menjemur burung kicau yang baik dan benar. Tujuan dari artikel ini yaitu menyebarkan info wacana teknik penjemuran yang benar, biar tidak salah kaprah yang justur akan menciptakan burung sakit/mati.

Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar CARA MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

Langsung saja teman kicaukan, berikut ini beberapa cara menjemur burung kicau yang baik dan benar :

1. Teknik penjemuran
Saat menjemur burung kicau anda, sebaiknya anda tidak mengerodong sangkar, terlebih bagi anda yang tinggal di kawasan yang bercuaca panas. Karena apa? Karena kalau anda menjemur burung dengan mengerodong sangkarnya, maka burung akan kepanasan dan bisa mengakibatkan terengah-engah dan bahkan mati tanggapan kurangnya oksigen dan udara yang pengap.

2. Waktu penjemuran
Untuk waktu penjemuran burung kicau, sebaiknya anda menentukan waktu di pagi hari sebelum fajar menjemput. Kenapa? Karena di pagi hari udara masih segar dan belum terlalu banyak terkotori bubuk dan polusi. Pada ketika sebelum fajar datang, ada banyak embun yang baik untuk kesehatan burung, yaitu untuk kesejukan burung. Namun bagi anda yang masih repot di waktu tersebut, bisa ditolerir asalkan tidak lebih dari jam 9-10 pagi alasannya yaitu ketika itu sinar matahari/UV sudah cukup terik sehingga tidak begitu manis untuk menjemur burung kicau. Sinar matahari yang terlalu panas justru akan merusak bulu burung dan tentunya mengurangi penampilannya. Tetapi kalau anda punya tujuan tertentu, contohnya persiapan lomba, untuk menguruskan burung, maka waktu jemur di atas jam 9 pagi tidaklah mengapa.

Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar CARA MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

3. Penjemuran sebelum dan sehabis dimandikan
Ini yang sering menciptakan kita bingung, Kapan waktu menjemur burung? Apakah sebelum dimandikan atau sehabis dimandikan? Jawabannya yaitu semua boleh dilakukan, dengan catatan sebagai berikut :

  • Jika anda memandikan burung setelah jam 8 pagi, maka pastikan anda sudah mengangin-anginkan burung kicau anda sebelumnya. Bisa di teras atau di halaman rumah anda yang teduh. Karena pada ketika burung diangin-anginkan di pagi hari, maka kecenderungan burung yaitu menata bulu-bulu yang berantakan/kusut. Makara ketika dimandikan bulu burung sudah tertata rapih, sehingga tidak merusak bulu burung (misalnya keriting).
  • Jangan pribadi memandikan burung ketika cuaca sudah panas (di atas pukul 9 pagi) dan pribadi menjemurnya. Karena kalau anda pribadi memandikan burung tanpa diangin-anginkan terlebih dahulu, maka setelah mandi bulu burung akan cepat kering padahal belum sempat dirapikan oleh burung itu sendiri. Inilah yang mengakibatkan bulu rusak/keriting. 
  • Jika burung sudah dikeluarkan semenjak subuh (sebelum fajar) maka anda bisa pribadi memandikannya  pada jam 6 atau 7 pagi dan pribadi menjemurnya. Karena pada jam tersebut sinar matahari belum terlalu panas sehingga bulu tidak gampang kering, dan burung sudah sempat mengatur bulu-bulunya.
  • Jika anda sibuk dan gres sempat memandikan burung setelah dijemur, maka sebelum dimandikan dengan karamba atau semprot pastikan burung tersebut diangin-anginkan dulu biar suhu tubuhnya kembali stabil. Makara kesimpulannya yaitu penjemuran di pagi hari boleh dilakukan sebelum maupun sehabis buung dimandikan.
  • Saat sore hari sebaiknya memandikan burung setelah jam 4 sore, kemudian diangin-anginkan, gres kemudian dijemur di bawah sinar matahari senja yang tidak terlalu panas. 
Nah, itulah beberapa info yang sanggup kami sampaikan wacana cara menjemur burung kicau yang baik dan benar. Jika anda masih belum terang wacana artikel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat aneka macam macam info penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!


Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

0 Response to "Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar"

Total Pageviews