Latest News

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap


Lovebird memang memilik harga jual yang tinggi, sehingga ketika ini banyak peternak lovebird. Tentu keinginan kita lovebird yang kita ternak cepat bertelur dan menetas untuk sanggup kita jual. Artikel lengkap wacana cara supaya lovebird cepat bertelur sanggup anda sanggup di sini. Pernahkah lovebird anda mengalami sakit mata? Sakit mata pada lovebird sanggup berdampak serius bagi kelangsungan hidup lovebird sendiri dan tentunya menghambat produksi jikalau diternak. Gejala awal sakit mata lovebird sanggup dilihat dari dari mata yang berair dan di tepi mata berwarna kekuning-kuningan. tetapi jikalau sakit matanya sudah parah, maka mata lovebird akan bengkak, berair, dan tumbuh benjolan ibarat daging di tepi mata. Jika sudah parah lovebird akan mengalami sikap gila ibarat mematuk-matuk sendiri alasannya ialah pandangannya sudah tidak jelas. Lovebird juga akan kurus alasannya ialah tidak melihat makanannya sehingga tidak makan. 

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap CARA MENGOBATI SAKIT MATA PADA BURUNG LOVEBIRD TERMUDAH TERLENGKAP

Tentu anda harus lebih teliti dalam melihat tanda-tanda awal sakit mata pada lovebird dan segera melaksanakan pengobatan supaya tidak semakin parah. Nah berikut ini akan kami sampaikan warta dan tips mengenai cara mengobati sakit mata pada burung lovebird termudah terlengkap. Saat hendak mengobati sakit mata pada lovebird, anda harus menyiapkan beberapa perlengkapan berikut ini :
  • Kain yang higienis dan halus.
  • Air hangat.
  • Obat sakit mata, biasanya salep mata.
  • Multivitamin

Sedangkan penanganan untuk mengobati sakit mata pada burung lovebird ialah sebagai berikut :

1. Perawatan harian
Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda sebaiknya tidak menjemur lovebird baik pagi maupun sore hari. Anda harus menjauhkan lovebird yang sedang sakit mata dari sinar matahari. Saran kami ialah sebaiknya pisahkan lovebird yang sakit mata dari lovebird lain dan ditaruh dalam kandang tersendiri untuk diisolasi. Pengerodongan wajib anda lakukan setiap hari untuk menghindari pancaran sinar UV/matahari.

2. Pemberian pakan dan minum
Seperti halnya lovebird biasa, untuk lovebird yang sakit mata boleh diberi makan berupa millet merah dan putih. Pakan ekstra (EF) sanggup diberikan setiap hari, cukup dengan jagung muda saja, usahakan tidak menunjukkan kangkung. Sedangkan untuk minumannya, anda sanggup mencampurkan multivitamin pada minuman lovebird setiap hari untuk menjaga kondisi kesehatan tubuhnya selama lovebird sakit mata. Tetapi porsi minum hanya setengah saja.

3. Pemandian dan pejemuran
Untuk lovebird yang sedang sakit mata, anda tidak perlu memandikannya. Cukup dengan membersihkan kotoran/fecesnya saja setiap hari. Sekali lagi, tidak perlu memandikan dan menjemurnya sebelum sakit matanya benar-benar sembuh. Karena paparan sinar matahari akan menciptakan penyakit mata semakin parah. 

4. Pengobatan sakit mata 
Pengobatan sakit mata pada lovebird cukup gampang dan harus anda lakukan sesegera mungkin sebelum bertambah parah. Berikut ini cara mengobati sakit mata pada lovebird :
  • Rendam kain yang higienis dan halus di dalam air hangat.
  • Bersihkan mata lovebird yang sakit dengan kain yang telah dibasahi tersebut. Usahakan kain tidak terlalu panas namun jangan terlalu dingin. Cukup bersuhu hangat saja.
  • Oleskan salep mata atau tetes mata pada bab mata yang sakit dan yang tidak sakit setiap hari. Ini untuk mengantisipasi mata yang satu supaya tidak ikut sakit. Cukup 1x sehari, sanggup pagi atau sore.

Cara di atas dilakukan apabila sakit mata pada lovebird masih belum terlalu parah, dan sanggup diterapkan pada burung lain ibarat kacer, murai batu, cucak hijau, atau anis kembang. Makara jikalau burung kicau anda mengalami sakit mata, anda sanggup segera melaksanakan tindakan-tindakan di atas. Dan jikalau sudah terlalu parah, sebaiknya dibawa ke dokter binatang di lingkungan anda secepatnya.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap CARA MENGOBATI SAKIT MATA PADA BURUNG LOVEBIRD TERMUDAH TERLENGKAP

Demikian warta yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah TerlengkapSemoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam warta penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jikalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Ampuh Mencegah Burung Kicau Tidak Sakit.

0 Response to "Cara Mengobati Sakit Mata Pada Burung Lovebird Termudah Terlengkap"

Total Pageviews