Latest News

Tips memahami karakter burung lovebird


Tips memahami karakter burung lovebird

Pemahaman karakter burung memang hal yang paling penting dan wajib diketahui oleh semua pemain atau perawat burung. Karena dengan ini akan mempermudah semua orang yang merawat burung dalam mengolah dan merawat burung sehingga siap untuk menjadi juara. Kebanyakan hanya sibuk dan meminta settingan ke orang yang lebih paham. Karena dengan pemahaman karakter akan menemukan pola perawatan harian dan settingan lomba yang tepat untuk burung kesayangan kita.





Berikut ini cara memahami karakter burung lovebird :

1. Luangkan waktu
Luangkan waktu khusus untuk sekedar berinteraksi dan memperhatikan gerak-gerik burung lovebird.

2. Mandikan Burung
Perhatikan cara mandi burung yang bisa membuatnya terlihat senang dan perhatikan waktu dan urutannya. Sediakan cepuk minum yang agak besar atau tempat yang bisa digunakan untuk mandi di dalm kandang. Sambil jemur di matahari pagi antara pukul 8-10 dan lihat reaksinya apakah burung tersebut mau mandi atau tidak. Jika tidak mau mandi coba lakukan dengan beberapa metode penyemprotan, yaitu : Halus, Sedang atau Basah kuyup. Lakukan hal ini dalam hari yang berbeda-beda atau coba juga pada waktu yang berbeda seperti pagi, sore atau malam hari untuk mandi malam, usahakan jangan terlalu basah dan tempatkan di dekat lampu penerangan

3. Jemur Burung
Penjemuran yang baik dan mengandung vitamin yang bermanfaat adalah sebelum pukul 10 pagi. Maka lakukan lah penjemuran sebelum pukul 10 pagi. Yang perlu di perhatikan adalah durasi waktu penjemuran. Apabila badan burung sudah terlihat mengencang dan paruh burung terlihat terengah-engah maka hentikan penjemuran. Penjemuran harus di sesuaikan dengan kemampuan burung, jangan dipaksakan terlalu lama malah bisa merusak kesehatan burung.

4. Makanan Burung 
Perhatikan jenis atau merk makanan burungnya, apa yang dimakan dan apa yang tidak disukainya, baik makanan utama maupun EF (Extra Fooding). Beri makanan utama yang memiliki kandungan yang paling lengkap dan didalamnya terdapat bahan-bahan yang mengandung bahan-bahan yang dapat memenuhi kebutuhan pakan tuntuk Lovebird beserta EFnya Sekaligus. Cek sisa makanan yang terdapat di dalam cangkir, apa saja yang dimakan dan apa saja yang tidak dimakan.

5. Kandang
Hal yang perlu diperhatikan adalah tangkringan, cepuk dan alas ruji bawah. Untuk itu jangan salah memilih bahan, jenis, ukuran dari alat-alat akeseoris tersebut. Untuk pemilihan cepuk (bahan,jenis, atau ukuran), perhartikan karakter cara makannya, apakah tipe yang rapih atau tipe membuang makanan, dan juga lihat dari mandinya sendiri atau dengan cara di semprot. Sedangkan untuk pemilihan tangkringan, perhatikan tingkah lakunya, apakah aktif atau tipe burung tenang atau kurang aktif. Untuk menentukan Jenis/Bahan/Bentuk tangkringan yang cocok tentunya dengan terus mencoba lebih jauh dengan cara memperhatikan tingkah laku dan kenyamanan burung.

6. Lingkungan
Penempatan lingkungan yang kurang cocok dengan karakter burung maka menyebabkan mood burung menjadi berkurang dan burung malas untuk berbunyi. Perhatikan ego burung, apakah memiliki ego yang tinggi atau tidak dengan cara perhatikan tingkah lakunya di rumah jika mamiliki lebih dari 1 Burung. Perhatikan apa burung tersebut gelisah atau tidak apabila burung tersebut gelisah maka mental burung tersebut kurang baik. Sebaliknya apabila burung tersebut tidak terlihat gelisah maka burung tersebut memiliki mental siap tempur dan siap menjadi juara.

5. Birahi
Birahi merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dengan memahami karakter birahinya maka semakin memudahkan dalam menggabungkan beberapa rangkaian diatas. Perhatikan apakah birahi burung tersebut tipe lambat atau cepat, ini kaitanna dengan pakan EF nya pada burung. Sedangkan apabila pola mandi, penjemuran burung tersebut nantinya akan bermanfaat untuk menentukan burung di lapangan, apa perlu di krodong atau tidak, didekatkan burung lain atau tidak, di jemur atau tidak, dimandikan atau tidaknya.

0 Response to "Tips memahami karakter burung lovebird"

Total Pageviews