Latest News

Penyebab Lovebird Tidak Bertelur Adalah?

Penyebab Lovebird tidak bertelur mungkin menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi peternak lovebird, khususnya yangmasih pemula, Maknanya mereka yang sedang mencar ilmu mencoba untuk beternak lovebird, baik itu untuk skala besar ataupun untuk skala kecil atau sekedar coba-coba saja. Padahal setrik umum burung lovebird sangat gampang bertelur, bahkan untuk lovebird yang tanpa pasangan dan tanpa proses perkawinan sekalipun. Akan tetapi telur lovebird yang tanpa adanya proses perkawinan tidak bakal sanggup menetas, lantaran tidak mengandung embrio, dan hanya sekedar telur pakan atau telur birahi saja.
 mungkin menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi peternak lovebird Penyebab Lovebird Tidak Bertelur Adalah?
Image by: Wikipedia.com
Penyebab lovebird tidak bertelur sangatlah kompleks, oleh lantaran itu kita tidak sanggup pribadi menyimpulkan begitu saja, harus dirunut setrik terperinci apa penyebabnya sebelum kita memilih solusinya. Hal inilah yang terkadang kurang diperhatikan oleh para peternak lovebird, khususnya yang masih pemula.

Sahabat kicau burung.com, setrik umum ketika lovebird jantan dan lovebird betina yang sudah berjodoh dan sudah remaja disatukan dalam sangkar ternak, mereka bakal melaksanakan proses perkawinan. Dari perkawinan tersebutlah lalu sang lovebird betina bakal bertelur. Didalam telur lovebird hasil perkawinan didalamnya terdapat embrio yang jikalau dierami bakal menetas menjadi anakan lovebird.
BACA JUGA: Caranya ternak lovebird untuk pemula
Sedangkan untuk lovebird betina yang bertelur tanpa adanya perkawinan dengan lovebird jantan, meskipun tetap sanggup bertelur, namun didalam telur tersebut tidak terdapat calon embrio. Itulah sebabnya Mengapa telur lovebird yang tanpa perkawinan meskipun dierami tetap saja tidak sanggup menetas.

Apa penyebab lovebird tidak bertelur?

Penyebab lovebird tidak bertelur

Ada beberapa penyebab lovebird tidak bertelur yang sanggup anda pelajari dan anda pahami yang mungkin Keliru satunya terjadi pada ternak lovebird anda.
 mungkin menjadi sebuah permasalahan tersendiri bagi peternak lovebird Penyebab Lovebird Tidak Bertelur Adalah?
Image by: Flickr.com
1. Lovebird tidak bertelur lantaran sama-sama jantan

Jika lovebird betina meskipun tanpa pejantan sekalipun tetap sanggup bertelur, bakal tetapi berbeda dengan lovebird jantan yang tidak sanggup bertelur. Untuk beberapa kasus pada peternak lovebird pemula terkadang Keliru dalam menjodohkan lovebird, lantaran burung yang satu ini termasuk dalam kategori "Monoformik seksual", Maknanya antara lovebird jantan dan betina tampak menyerupai sama, sehingga setrik sepintas sangat sulit untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina.

Hal inilah yang terkadang membuat anda Keliru dalam menjodohkannya, dimana lovebird betina dijodohkan dengan lovebird betina, atau lovebird jantan dijodohkan dengan lovebird jantan. Sebab meskipun sesama jenis, terkadang lovebird bakal tampak menyerupai berjodoh dan melaksanakan perkawinan, bakal tetapi jikalau hal tersebut terjadi pada lovebird yang sama-sama berjenis kelamin jantan, meskipun tampak kawin tetap saja tidak bakal sanggup bertelur.

2. Lovebird tidak bertelur lantaran faktor usia

Burung lovebird yang usianya belum masuk dalam usia produktif, meskipun tampak memiliki birahi dan melaksanakan proses perkawinan, namun terkadang tidak bakal mengeluarkan telur, kalaupun bertelur biasanya telurnya bakal kosong dan tidak sanggup menetas lantaran didalamnya belum terdapat embrio (calon burung). Sebab burung lovebird setrik umum bakal memasuki masa produktif pada usia 7 bulan keatas, atau bahkan terkadang gres sanggup produktif ketika sudah berusia 1 tahun keatas.
BACA JUGA: Penyebab telur lovebird tidak menetas

3. Memasang glodok pada ketika yang tidak tepat

Saat anda menjodohkan lovebird, meskipun sudah tampak berjodoh dan sudah mulai kelihatan mesra, jangan lalu anda terburu-buru untuk memasukkan gelodok kedalam sangkar ternak. Pastikan lovebird anda sudah melaksanakan proses perkawinan beberapa kali, gres lalu anda pasang gelodok tersebut kedalam sangkar ternak. Sebab jikalau sudah memasukkan glodok kedalam sangkar ternak sebelum lovebird kawin, biasanya lovebird bakal lebih asyik bermain-main dengan glodok tersebut sehingga lupa kawin.

4. Lovebird semi klep

Untuk kasus yang satu ini biasanya terjadi terjadi pada lovebird hasil persilangan antara lovebird klep dengan non klep. Lovebird hasil persilangan pertama dari kedua jenis lovebird ini (F1/ Filial pertama) biasanya bakal menghasilkan lovebird semi klep. Nah lovebird semi klep inilah yang terkadang tidak sanggup menghasilkan telur, dan kalaupun bertelur biasanya tidak sanggup menetas lantaran telurnya bersifat infertil.

Itulah beberapa penyebab lovebird tidak bertelur yang terkadang membuat para peternak lovebird pemula menjadi pusing tujuh keliling. Harapan aku dengan memahami beberapa penyebab lovebird tidak bertelur diatas, anda sanggup menganalisa kira-kira point mana yang terjadi pada lovebird anda, sehingga dengan demikian anda sanggup melaksanakan tidakan yang sempurna sesuai penyebab tersebut diatas.

0 Response to "Penyebab Lovebird Tidak Bertelur Adalah?"

Total Pageviews