Latest News

Walau Berumur Kacer Ini Masih Dapat Menghadiahi Majikannya 250 Juta Dilomba. Intip Cara Merawatnya


Jago-jago satu angkatan dengan Speed Racer bisa dikatakan sudah pensiun semua. Beberapa bahkan sudah almarhum menyerupai Solo Berik milik Halley WS Jogja dan Charly milik H. Rihan Variza Kalsel. Rincong Aceh sudah masuk sangkar ternak, beberapa jago lain sudah jarang terdengar lagi namanya.
Namun Speed Racer yang sehari-hari dirawat oleh Adry Riady masih tetap gagah perkasa. “Diturunkan di Bangka dan beberapa wilayah Sumatera lainnya masih bisa langganan juara 1, walau pun hanya bisa diturunkan dua kali saja,” jelasnya di sela-sela even BnR Award, 10 Desember yang lalu
Di Bangka dan Sumatera, masih kerap juara 1. Adry mengaku hadiah terkumpul setahun ini mungkin sudah lebih dari 250 juta.
Dalam dialog santai sambil minum kopi itu, antara lain juga ada Andy Wijaya, salah satu kepercayaan Jimmy DS Surabaya. Adry menjelaskan, selama hampir setahun ini Speed Racer mungkin sudah mengumpulkan hadiah tak kurang dari 250an juta.
“Sempat saya bawa ke beberapa lomba di Jawa, kurang tampil. Tapi jikalau turun di Bangka dan Sumatera lainnya yang dekat, jikalau pas nampil hampir niscaya raih juara 1.”
Di BnR Award, ceritanya Adry ketemu eksklusif dengan sohibnya Jimmy DS Surabaya, yang tiba setrik khusus untuk berburu jago kacer, buat jadi suksesor Satria Dewa yang setahunan lebih sudah tidak mau nampil maksimal juga.
Setelah memantau-mantau di BnR Award, ternyata tidak menemukan yang cocok, Jimmy pun mencoba kembali berpaling ke Speed Racer. Menurut Andy Wijaya, dalam beberapa waktu belakangan ini sesungguhnya sudah ada semacam perundingan dengan Adry.
“Jadi, sebetulnya pak Jimmy pernah hingga menawar hingga 350 juta buat Speed Racer, tapi Adry masih belum mau melepas. Ndak tahu tuh, nggaya sekali teman yang satu ini, apa mentang-mentang jualan madu pahitnya sudah laku bagus ya,” ujar Andy sambil matanya melirik ke Adry, yang diikuti dengan tawa bersama.
Satria Dewa pun bisa dibilang satu angkatan dengan Speed Racer, bahkan sedikit di bawahnya. Meski sadar umur Speed Racer tidak lagi muda, Jimmy mengaku masih yakin ini burung masih bisa diandalkan hingga beberapa tahun ke depan.
“Setrik materi, bisa dibilang Speed Racer ya yang paling bisa mewakili dan menggantikan Satria Dewa. Mungkin tidak lagi sedahsyat dan setangguh dulu, tapi dibandingkan dengan lawan-lawan di jaman sekarang, bos yakin masih bisa bersaing,” imbuh Andy lagi.
Rahasia Perawatan Kacer Speed Racer
Lalu apa yang mengakibatkan Speed Racer tetap bisa terjaga kondisinya, meski setrik umur tak lagi muda. Baik Adry maupun Andy menjawab hampir serempak, “Faktor perawatan.”
Maksudnya, Adry tidak pernah memperlihatkan segala macam yang bersifat doping kepada burung-burung rawatannya, bahkan untuk yang alami sekalipun. “Misalnya, baik perawatan harian maupun setelan menjelang lomba, donasi jangkrik tetap sama, pagi 5 dan sore 5. Mau lomba pun tidak ditambah. Pokoknya tidak mau maksa atau memforsir burung semoga mau kerja hingga luar batas kemampuannya. Kalau memang lelah ya sudah kita terima, istirahat.”
EF lain menyerupai ular hongkong juga tidak pernah digunakan oleh Adry. “Saya pernah baca artikel, kulit ulat hongkong itu tidak bisa atau sulit dicerna oleh burung. Makara jikalau diberikan terus menerus dalam waktu lama, niscaya bisa mengganggu fungsi pencernaannya. Tapi ini kepercayaan saya, yang lain ya silakan saja, tidak harus ikut-ikutan saya loh.”
Untuk membantu memaksimalkan proses pencernaan atau metabolisme, Adry hanya menambahkan Super Kicau setrik periodik. Karena ini ialah probiotik yang isinya mikroba, makhluk hidup dan bukan materi kimiawi beracun, tidak memperlihatkan dampak samping segimana obat doping lainnya apalagi bila diberikan setrik berlebihan. Asupan pokoknya, Adry masih setia dengan memperlihatkan voer Topsong kuning.
Boleh jadi, contoh perawatan menyerupai di atas yang dimaksud oleh Adry dan Andy, yang mengakibatkan Speed Racer tetap bugar dan masih siap tempur, di ketika jago-jago lain yang sebaya bahkan yang lebih muda, sudah pada pensiun. Satu hal lagi, Adry juga sering menambahkan asupan madu pahit, yang diberikan dengan trik dioleskan pada jangkrik.

semoga bermanfaat
disunting ulang dari www.burungnews.com

0 Response to "Walau Berumur Kacer Ini Masih Dapat Menghadiahi Majikannya 250 Juta Dilomba. Intip Cara Merawatnya"

Total Pageviews