Latest News

Ohh Begini Toh Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina

Hebohnya burung kenari beberapa tahun silam di indonesia memang menciptakan banyak penangkar burung lain pindah haluan, yang awal sekedar sampingan berternak kenari hingga fase dimana mereka serius, terperinci lah lantaran burung kenari sangat menguntungkan.

Dari proses beternak, kenari termasuk di tingkat kesulitan menengah tidak terlalu praktis tidak juga terlalu sulit hampir sama prosesnya ibarat burung lovebird walaupun lovebird sedikit lebih praktis pada aplikasiannya.

Awal yang perlu di ketahui kita semua dalam melaksanakan proses beternak kenari yaitu menseleksi mana kenari yang jantan dan betina. Sebenarnya cara untuk membedakan kenari jantan dan betina lebih praktis kalau dilihat semenjak kenari masih anakan, contohnya coba perhatikan beberapa keterangan dibawah ini.

Hebohnya burung kenari beberapa tahun silam di indonesia memang menciptakan banyak penangkar b Ohh begini toh cara membedakan kenari jantan dan betina

Ciri perbedaan kenari jantan dan betina dikala anakan

  • Saat anakan kenari masih berumur satu mingguan, tampak terperinci ada kanal pembulu vena yang berada disebelah perut menuju dubur dan hal ini tidak nampak pada kenari betina.
  • Jari kaki betina praktis untuk dirapatkan lantaran jari kaki betina sama ukuran panjangnya.
  • Sebelum kenari anakan berbulu banyak diarea kepalanya pastikan kenari betina yaitu yang mempunyai kepala bundar lantaran kenari jantan mempunyai kepala datar.
  • Biasanya kenari jantan lebih lebih banyak didominasi dikala disapih lolohan pakan oleh induknya, sehingga mereka akan bangun lebih tinggi dari betina.
  • Kenari jantan mempunyai tenaga untuk melompat lebih baik lantaran itu jarak lompatan mereka akan lebih jauh dari pada betina.



Sebenarnya beberapa keterangan diatas tidak 100% akan berhasil, tetapi hal ini sanggup membantu kita melaksanakan seleksi semenjak anakan jenis kenari jantan yang akan kita orbitkan sebagai kenari lomba atau kita mau rencanakan semenjak awal untuk menjodohkan mereka semenjak dini. ( baca juga : trik jitu perawatan kenari moncer di lomba )Nah kini permasalahanya kita punya sepasang kenari yang sudah dewasa, bagaimana cara untuk membedakan kenari jantan dan betina dewasa? baik coba kita bahas berasama-sama cara mendeteksi kelamin kenari dewasa.

Cara membedakan kelamin kenari jantan dan betina

  • Cara awal kita sanggup mendeteksi jenis kelamin kenari jantan dulu, tangkap kenari di posisi terlentang sehingga anda sanggup melihat perut kenari, tiup bulu atau usap bulu dibagian perut hingga kulit kenari terlihat maka kalau terlihat ada kelamin jantan yang memanjang ibarat belakang pensil dengan ujung memanjang, tetapi kalau bentuknya hanya menonjol bundar berarti kemungkinan itu yaitu kenari betina.
  • Khusus jenis kenari ibarat yorkshire, norwich dan kenari merah, beberapa peternak kenari berpengalaman memakai seleksi menurut fisik, contohnya warna kenari jantan akan lebih cerah dibandingkan betina yang agak kusam, bentuk tubuh yorkshire jantan akan lebih besar dari pada YS betina kenari jantan akan lebih sering berkicau dan mempunyai volume yang lebih besar dari pada betina, tetapi sulit kalau anda tidak berpengalaman membedakannya hanya sekedar pada kicauannya lantaran baik kenari jantan dan betina sanggup berkicau sama baik.
  • Kenari betina akan terlihat lebih pendek ini lantaran struktur badannya.
  • Kalo anda serius mau beternak dan belom tau juga jenis kelamin pasangan kenari anda, aku sarankan anda mengunjungi beberapa labolatorium terdekat, contohnya anda sanggup mengunjungi lab dna di universitas IPB, atau cek lansung ke rumah sakit binatang yang berada di ragunan atau yang terdekat didaerah anda tetapi tentu harganya tidak mengecewakan mahal, beberapa dokter di pet shop juga mempunyai pelayanan untuk cek dna.
  • Terakhir yaitu pastikan dikala membeli sepasang kenari untuk meminta garansi kepada penjual, alasannya yaitu beberapa penjual pembangkang bersama-sama mengerti perbedaan kelamin kenari tetapi mereka sengaja untuk menawarkan jenis kelamin yang sama lantaran alasan klasik supaya laku semua.
Sekian artikel wacana cara membedakan kenari jantan dan betina, semoga sanggup bermanfaat untuk kenarimania semua.

Baca juga



0 Response to "Ohh Begini Toh Cara Membedakan Kenari Jantan Dan Betina"

Total Pageviews