Latest News

Tips Paten Merawat Burung Ciblek Biar Juara Lomba

Melatih ciblek mengeluarkan kemampuan dalam berkicau itu praktis - praktis susah, walaupun ciblek secara alamia sesungguhnya mempunyai aksara bunyi yang khas pola irama ngebren dan nembak, oleh sebab itu perlu upaya dan riset untuk membagun ciblek dengan mental juara. Banyak tips perawatan para master yang telah kita baca dan aplikasikan lansung dengan ciblek kita, tetapi kesudahannya belum cukup memuaskan.



Perawatan burung masing-masing berbeda tergantung pada sikap awal burung tersebut, terkadang menyerupai perubahan lingkungan, sangkar dan tenggeran sanggup merubah kebiasaan mereka, makanya tugas majikan ialah melaksanakan pengamatan sikap burung sebelum menetapkan mereka untuk dipoles.

Perawatan harian dan perawatan menjelang lomba juga berbeda, misalnya ciblek yang akan dilombakan memerlukan tenaga extra sehingga kita perlu menyimpan tenaganya hingga lomba datang supaya ciblek akan poll mengeluarkan kemampuanya ketika lomba, dan hal lainya anda sanggup baca pada beberapa tips paten mengorbitkan burung ciblek menjadi juara lomba menyerupai telah dilampirkan dibawah ini.

Melatih ciblek mengeluarkan kemampuan dalam berkicau itu praktis  Tips paten merawat burung ciblek biar juara LOMBA

Perawatan harian ciblek

  • Gantangkan ciblek setiap hari sekitar jam 6 pagi atau kurang dari jam tersebut ketika embun pagi muncul, sebab proses pengembunan ialah proses yang manis untuk meningkatkan energi dan pengembangan kicauanya, nah teman sanggup memprediksi sendiri dengan kawasan masing-masing kapan embun pagi muncul.
  • Pemberian pakan standard dan EF perlu dilakukan setiap hari juga, selain voer dan kroto pakan telur rebus juga salah satu pakan yang sanggup dipilih sebab telur rebus mempunyai kandungan protein tinggi yang sanggup merangsang birahi ciblek, berikan telur rebus secukupnya biar ciblek tidak over birahi.
  • Air perlu diganti setiap hari, tempat minum harus dibersihkan jikalau perlu gunakan air yang sudah matang.
  • Jam 7 pagi mandikan ciblek dengan memakai cepuk air, jikalau sudah mandi jangan lansung digantangkan, biarkan ciblek mengeringkan bulunya dahulu hingga beberapa ketika gres lah digantangkan.
  • Sekitar jam 8 masukan ciblek ke tempat yang sedikit adem, kemudian putarkan masteran dari pejantan lain yang kicauanya sudah mapan atau pancing ciblek dengan suara ciblek betina, trik ini dilakukan untuk mengecas power ciblek.  
  • Sore hari gantang kembali ciblek berikan dahulu 2 ekor jangkrik, gantang ciblek hingga petang barulah kerodong dan masukan kembali kedalam rumah.

Perawatan ciblek calon juara sebelum lomba 

  • Proses penjemuran hampir sama menyerupai perawatan harian, tetapi yang terpenting khususkan ciblek yang akan mengikuti lomba ini ditempat dimana tidak ada ciblek lain, hal ini dilakukan sebab ciblek akan banyak mengeluarkan energinya ketika membalas kicauan ciblek lain, resikonya beliau akan loyo ketika diarena lomba nanti.
  • Beri mereka jangkrik dan kroto ketika lomba, multivitamin atau embel-embel juga sanggup diberikan biar ciblek mempunyai tenaga ekstra. Jika punya waktu anda pun sanggup menunjukkan racikan jahe, pembuatanya praktis anda hanya perlu menumbuk jahe kemudian di panaskan dalam panci hingga sarinya tercampur hingga mendidih, sesudah air jahe telah mendingin barulah berikan pada ciblek.
  • Bersihkan bawah sangkar pastikan tidak ada sisa pakan berjatuhan ( persiapan H-1 sebelum lomba )
  • Kerodong ciblek ketika sesudah penjemuran hal ini dilakukan biar ciblek sanggup menyimpan energinya ( H-3 sebelum lomba ). Kerodong ciblek dengan kain yang agak tebal biar ciblek tidak strees ketika diperjalanan ( persiapan hari H ketika lomba ).
Perawatan umum diatas banyak berhasil mendongkrak kemampuan ciblek ketika dan sebelum lomba, tetapi ingat kualitas ciblek juga bergantung pada kualitas genetik dan talenta ciblek, yang niscaya ciblek yang mempunyai indukan gacor lebih praktis untuk dipoles walaupun anda perlu mengeluarkan budget tinggi juga untuk mendapatkanya, saya berharap artikel ini sanggup bermanfaat.


0 Response to "Tips Paten Merawat Burung Ciblek Biar Juara Lomba"

Total Pageviews