Latest News

Suara Burung Kancilan Topeng-Emas

Kancilan Topeng-emas atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan Goldenface (Dwarf Whistler) Pachycare flavogrisea (A.B.Meyer,1874) Sinonim: Pachycare flavogriseum. Burung ini berukuran keci,sekitar 13cm.Postur badan pendek dan gemuk. Sesuai dengan namanya adalah goldface,bagian wajah atau mukanya berwarna kuning khas, badan bab bawah kuning-terang; badan bab atas abu-abu dengan bintik putih di sayap bab belakang dan batas hitam di mahkota.
 atau yang dalam bahasa Inggrisnya dikenal dengan  Suara burung Kancilan Topeng-emas
http://ibc.lynxeds.com/

Persebaran dan ras Pegunungan di Pulau Papua, kecuali di Pegunungan Cyclops, Pegunungan Adelbert, dan Pegunungan Kumawa.Terdiri dari 4 sub-spesies, dengan kawasan persebaran:
  1. flavogriseum (A. B. Meyer, 1874): Daerah Kepala Burung (Pegunungan Arfak, Pegunungan Tamrau) dan Pegunungan Wandammen, di Pulau Papua bab barat. 
  2. subaurantium (Rothschild & E. J. O. Hartert, 1911): Pulau Papua bab tengah di Pegunungan Weyland, lereng selatan Pegunungan Nassau, Pegunungan Oranje dan Pegunungan Victor Emanuel, dan di timur mungkin hingga Gunung Karimui. 
  3. randi (Gilliard, 1961): Sungai Idenburg, di Pulau Papua bab utara. 
  4. subpallidum (E. J. O. Hartert, 1930): Pulau Papua bab timur dan tenggara dari Pegunungan Torricelli, Pegunungan Sepik, Semenanjung Huon (Pegunungan Saruwaged), Pegunungan Herzog dan, di selatan, Propinsi Eastern Highlands.
Tempat hidup dan Kebiasaan Sering berburu dalam gerombolan banyak sekali jenis burung pemakan serangga di antara dedaunan pada kanopi hutan. Bersembunyi di dedaunan pada kanopi bab luar. Menghuni kawasan punggung bukit yang kering, terutama yang didominasi pohon Ek (Castanopsis spp.) pada rentang ketinggian antara 400 – 1750m, tapi lebih umum pada rentang ketinggian antara 1000 – 1500 mdpl. Memakan serangga dan laba-laba, berburu di tajuk hutan bab bawah dan tengah, kadang bergabung dengan kelompok burung pemakan serangga.

Musim berbiak pada bulan Juni, Oktober dan November. Sarang membulat dengan pintu dengan pintu masuk disamping, tersusun dari: ranting kering, daun, seresah, paku-pakuan dan rumput. Sarang diletakkan diatas tanah yang curam atau di pohon kecil pada tepi lereng lembah. Jumlah telur 2 butir tiap periode berbiak.

Suara Meledak-ledak seakan-akan bunyi logam dan diakhiri dengan bunyi bersin dalam banyak sekali variasi. “Tink-tink- tink- tink WHIT” atau “choot-choot WHIT” atau “sweet- sweet sweet- sweet chut-chut CHUT” atau “Wheep-wheep chew- chew- chew wheep-wheep chew- chew- chew!” Mirip bunyi Tepus-permata belang, bedanya variasi bunyi Tepus-permata belang lebih sedikit dan hanya dikeluarkan ketika di permukaan tanah. Silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
  1. Suara burung Kancilan Topeng-emas
  2. Suara burung Kancilan Topeng-emas
Identifikasi burung diatas dikutip dari situs (www.kutilang.or.id).dengan sound recording dari xeno-canto.Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Suara Burung Kancilan Topeng-Emas"

Total Pageviews