Latest News

13 Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Anakan Dengan Tepat


Burung cucak hijau atau juga sering disebut cak ijo termasuk burung bertipe fighter atau petarung. Burung ini sungguh indah dipandang serta memiliki kualitas bunyi yang merdu. Burung cak ijo juga termasuk burung yang sangat pintar lantaran sangat gampang menirukan suara-suara disekitarnya, akan tetapi burung ini juga termasuk burung pelupa. Burung cak ijo akan lupa dengan masteran yang pernah didengarkannya ketika ngurak atau ganti bulu. Oleh alasannya itu banyak para penghobi yang memaster ulang saai burung ini ngurak atau ganti bulu.
   Burung cak ijo sangat fighter ketika bertemu burung sejenisnya. Burung ini akan ngentrok dan njambul layaknya siap untuk tempur. Dari jenis cak ijo yang memiliki tipikal di atas ialah yang berkelamin jantan. Burung jantan memiliki tipikal bunyi yang keras serta bervariasi serta memiliki tubuh yang bongsor dari pada ijo betina.
   Dalam segi fisik ciri cak ijo jantan dan betina cukup umur sangat gampang dikenali, yaitu pada dagu yang berwarna hitam dan kuning keputihan untuk yang betina, dari segi bunyi burung jantan akan lebih merdu dan memiliki variasi lagu yang lebih banyak beda dengan yang betina yang hanya memiliki bunyi yang monoton saja.
   Untuk cak ijo anakan untuk membedakan jantan dan betinanya juga termasuk cukup gampang walaupun belum tentu kebenarannya. Berikut ciri cak ijo jantan dan betina anakan yang sering dijadikan patokan oleh kicau mania dalam menentukan cak ijo anakan.

      1.  Bodi Burung
Bodi burung dapat juga kita jadikan patokan dalam menentukan cak ijo anakan. Kebanyakan cak ijo jantan memiliki bodi yang panjang dan bongsor, berbeda dengan cak ijo betina yang kebanyakan memiliki tubuh yang pendek.

     2.  Tampang Burung
Kebanyakan cak ijo jantan mempunya tampang yang sangar dan terlihat kejam, berbeda dengan cak ijo betina yeng terlihat santai dan ayu. Kita juga dapat lihat ketika cak ijo tersebut nangkring di tenggeran, lihatlah setrik seksama muka dan raut wajahnya.

     3.  Paruh burung
Paruh burung cak ijo anakan sering dijadikan sebagai patokan yang paling utama oleh kicau mania. Kebanyakan cak ijo jantan muda memiliki paruh bawah yang berbentuk V (Ngeve) dan memiliki warna coklat kehitaman yang lebih pekat. Sedangkan untuk yang betina kebanyakan paruh bawahnya tidak ngeve melainkan berbentuk U dan berbarwa lebih ke coklat keputihan.

     4.  Mata burung
Pupil mata burung cak ijo jantan berwana kehitaman yang lebih tegas, sedangkan yang betina lebih kecoklatan. Sorot cak ijo jantan juga biasanya lebih tajam dari pada yang betina yaitu mata cak ijo jantan lebih melotot dari pada cak ijo jantan. Kita dapat melihatnya dengan trik dipegang dan lihat dari depan.

     5.  Alis Burung
Alis burung cak ijo jantan akan berwarna hitam pekat dan untuk yang betina berwarna hitam kecoklatan. Biasanya lingkar alis mata cak ijo jantan dapat dilihat tanpa harus di pegang. Dengan efek jarak visual kita dapat tau mana yang hitam pekat atau hitam kecoklatan.

    6.  Lingkar Mata Burung
Laingkar mata yang kami maksud ialah lingkar mata yang berwarna kuning. Untuk cak ijo jantan muda memiliki warna kuning yang tegas dan lebih lebar dari pada yang betina. Walaupun ketika cukup umur lingkar mata untuk cak ijo jantan akan berwarna kehitaman sesuai warna dagu, sedangkan untuk yang betina akan tetap berwarna kuning keputihan.

     7.  Bulu Pipi
Saat kita meliha dari arah depan carilah cak ijo anakan yang memiliki bulu pipi yang tebal dan panjang. Karena ciri ini termasuk ciri dari kebnyakan burung jenis cucak cucakan. banyak kicau mania juga melihat dari bulu pipi ini, jadi semakin tebal dan panjang lebih cenderung ke jantan begitu juga sebaliknya.

     8.  Dagu Burung & Leher Bawah
Saat menentukan cak ijo anakan kita jangan gampang percaya adanya bercak hitam pada dagu burung. Banyak juga bercak hitam tumbuh pada cak ijo betina. Untuk melihat lebih jelasnya kita dapat dengan trik dipegang. Coba kita lihat setrik seksama apakah bercak hitam tersebut tumbuh dari pangkal kulit atau hanya di atasnya saja. Apabila bulu ada yang tumbuh berwarna hitam dari dalam dapat jadi burung itu jantan dan sebaliknya apabila bercak hitam ada di atas bulu kuningnya dapat jadi burung tersebut betina. Bercak hitam pada cak ijo anakan jangan pribadi dijadikan kesimpulan bahwa cak ijo tersebut jantan. Oleh alasannya itu kita haris melihatnya setrik teliti dengan membuka bulu dagu burung dan lihat setrik detail. Apabila belum ada bercak hitam kita dapat menentukan cucak ijo yang warna kuningnya lebih tegas dan lebih lebar.

     9.  Supit Udang
Supit udang dari cak ijo jantan anakan biasanya memiliki bentuk yang lancip dan rapat. Hal ini berbeda dengan cak ijo betina yang memiliki supit udang yang tumpul dan agak merenggang serta lebih lunak dari pada yang jantan.

    10. Kaki Burung
Cak ijo anakan biasanya memiliki kaki yang masih berair dan belum keluar sisiknya yang tajam (Medang). Untuk cak ijo jantan memiliki kaki yang berbintik hitam sedangkan untuk yang betina cenderung polos. Dari ciri-ciri kaki ini kita dapat jadikan pembanding untuk ciri-ciri lainnya. Apabila menemukan cak ijo dengan ciri-ciri jantan tetapi memiliki kaki yang bersisik tajam (medang), sebaiknya urungkan pilihan anda tersebut. Karena kebanyakan cak ijo tersebut berkelamin betina yang sudah berumur. Walaupun demikian kaki medang tidak dapat kita jadikan patokan semakin tajam semakin tua. Melainkan kaki medang dapat terjadi lantaran factor lainnya. Tetapi untuk berjaga-jaga apa salahnyakan?

     11. Tes Cincin
Tes cincin juga sering dijadikan patokan oleh para kicau mania untuk mengetahui jenis kelamin dari burung. Tes cincin ini sering dipakai untuk burung lovebird. Coba tes burung yang akan kita pilih dengan tes cincin, yaitu dengan menali cincin sesudah itu cincin kita tempatkan di atas kepala burung, apabila cincin bergerak maju mundur atau kekanan kesamping dapat jadi burung tersebut jantan sebaliknya apabila cincin memutari kepala dapat jadi burung tersebut betina.

    12. Kemantapan Diri
Percaya atau tidak, kemantapan diri kita ketika menentukan cak ijo anakan akan lebih memuaskan dari pada kita Tanya kemari kepada orang lain. Dengan kita mantab dalam menentukan ketika cak ijo tersebut ternyata betina rasa sesal kita akan lebih kecil dari pada jika kita hanya dipilihkan oleh orang lain. Dan apabila pilihan kita sempurna yaitu cak ijo jantan, alangkah bahagianya kita dan rasa percaya diri kita akan tumbuh dengan sendirinya. Dan jangan lupa berdoa supaya diberi apa yang kita inginkan

    13. Tes DNA
Untuk lebih afdhol dan akurat kita dapat memanfaatkan tes DNA (Deoxyribo Nucleic Acid). Tetapi belum tentu kicau mania mau mengetes DNA burung, lantaran harga yang dikeluarkan untuk mengetes DNA burung dapat saja lebih besar dari pada harga burung sendiri. Walaupun hasil dari tes DNA tersebut dapat dikatakan 99 % akurat untuk mengetahui jenis kelamin dan trah dari burung tersebut.
Berikut ringkasan dari ciri cak ijo jantan dan betina anakan;


 Cak Ijo Jantan Anakan 
       1.  Bodi Burung lebih besar dan panjang (Bongsor)
       2.  Tampang burung lebih angker dan terlihat garang
       3.  Paruh bawah burung berbentuk V (Ngeve) dan berwarna coklat
            kehitaman yang lebih pekat
       4.  Mempunyai sorot mata yang tajam dan mata lebih menonjol
            keluar (Melotot)
       5.  Alis bruung berwarna coklat kehitaman yang lebih pekat
       6.  Lingkar mata burung berwarna kuning pekat dan agak lebar
       7.  Bulu pipi lebih tebal dan lebih panjang
       8.  Ada bercak hitam yang tumbuh dari pangkal bulu, apabilia belum ada
            pilih yang memiliki warna kuning yang lebih tegas dan lebih lebar.
       9.  Supit udang lancip, keras dan rapat
      10. Kaki burung masih berair dan ada bercak hitam
      11. Gerakan cincin/ bandul akan maju mundur
      12. Mantap dalam menentukan disertai doa
      13. Tes DNA

Cak Ijo Betina Anakan
       1.  Bodi burung lebih kecil dan pendek
       2.  Tampang burung terlihat ayu/ manis dan kalem
       3.  Paruh bawah burung berbentu U
       4.  Sorot mata lebih santai dan mata terlihat tidak melotot
       5.  Alis mata berwarna kecoklatan dan lebih pudah dari yang jantan
       6.  Lingkar mata berwarna kuning pudar dan lingakarnnya lebih sempit
       7.  Bulu pipi lebih tipis dan lebih pendek
       8.  Tidak ada bercak hitam di dagu, jika ada tumbuhnya hanya diatas
            tidak dari pangkal bulu. kebanyakan memiliki warna kuning di dagu
            yang tidak tajam dan lebih sempit area tumbuhnya
       9.  Supit udang tumpul, lunak dan lebih lebar
      10. Kaki burung tidak ada bercak hitamnya
      11. Gerakan cincin berputar di atas kepala
      12. Jangan ragu untuk tidak membelinya jika sesuai ciri-ciri di atas
      13. Tes DNA

Itulah ciri-ciri cak ijo anakan yang dapat kita jadikan patokan ketika akan menentukan cak ijo di kios burung. Semoga uraian diatas bermanfaat. Apabila ada kekuarangan dan kesalahan ciri diatas harap maklum  karena keterbatasan dari kami. Salam Cah Kicau Mania.

0 Response to "13 Cara Membedakan Cucak Ijo Jantan Dan Betina Anakan Dengan Tepat"

Total Pageviews