Latest News

Cara Mengenali Ciri-Ciri Lovebird Yang Sakit

Merawat dan menangkarkan burung lovebird tidak terlepas dari segala permasalahan yang dapat Cara Mengenali ciri-ciri lovebird yang sakit
Cara Mengenali ciri-ciri lovebird yang sakit

Merawat dan menangkarkan burung lovebird tidak terlepas dari segala permasalahan yang dapat saja muncul. Terkadang pula alasannya ialah jarang diamati, lovebird yang dianggap masih sehat ternyata mengalami sakit yang cukup parah. Sebelum mengalami kejadian tersebut, simak bagaimana cara mengenali ciri-ciri burung lovebird yang sedang sakit

Ciri-ciri burung yang sakit tentu akan terlihat dari perubahan sikap baik yang sedang ditangkarkan maupun yang dipiara untuk masteran atau lomba. Lovebird yang tadinya rajin bunyi akan cenderung jadi malas bunyi sedangkan lovebird yang sedang ditangkarkan akan cenderung kurang perhatian dengan sarang maupun anak-anaknya.

Oleh alasannya ialah itu, sangat penting sekali bagi kicaumania untuk dapat mengenali ciri-ciri burung sakit agar dapat segera diberikan pengobatan dan perawatan yang dibutuhkan.

Sebagai panduan, berikut ini ialah beberapa ciri-ciri fisik yang dapat diperhatikan saat burung lovebird sedang sakit atau tidak fit.

Ketika sedang sakit, burung lovebird akan mengatakan beberapa tanda-tanda sebagai berikut:
  1. Burung bernafas secara tidak normal dan terkadang disertai dengan bunyi maupun ibarat kesulitan bernafas.
  2. Tak jarang saat bernafas disertai dengan gerakan ekor yang naik turun.
  3. Pada pangkal paruh dan sudut mata sering terlihat berair oleh cairan.
  4. Burung sering membuatkan bulu-bulunya sehingga penampilannya jadi tidak rapih. Dalam beberapa kasus sering pula disertai dengan turunnya beberapa helai bulu.
  5. Jarang mau bertengger di tengah tenggeran dan lebih bahagia bertengger di pinggiran , cepuk pakan atau di dasar sangkar.
  6. Sering terlihat malas-malasan / tidur-tiduran meskipun di dekatnya ada lovebird lain yang cukup aktif.
  7. Postur badan cenderung membungkuk dan tigak tegap berdiri.
  8. Menurunnya berat badan alasannya ialah berkurangnya nafsu makan burung.
  9. Kotoran berair alasannya ialah burung lebih suka minum.
Jika beberapa tanda-tanda di atas dijumpai pada burung lovebird rawatan anda, maka segera berikan penanganan dengan obat-obatan yang tepat.

Salam kicau!

Baca Juga :

0 Response to "Cara Mengenali Ciri-Ciri Lovebird Yang Sakit"

Total Pageviews