Latest News

Cara Mengetahui Macam Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin

Burung Kicau Nusantara - Meski burung berkicau jenis trotokan atau trucukan tak diikutkan dalam lomba-lomba burung, namun peminat masih tinggi. Trotokan antara lain cocok dijadikan sebagai 'penyayi merdu' di rumah, apalagi saat sudah ngropel atau rajin bersuara harganya bisa dibanderol rumayan mahal.

Selain sekedar dijadikan sebagai klangenan, dengan memelihara bahkan menangkarkan trotokan akan menunjukkan kepuasan dan pujian tersendiri. Hal ini mirip diungkap salah satu  penangkar trotokan. Ditambahkan lagi saat di alam bebas, habitat jenis burung ini semakin berkurang, berusaha untuk sanggup melestarikan semampunya. Beberapa anakan trotokan pun tengah disiapkan untuk ditangkarkan, selain burung lainya mirip derkuku dan jalak uren.

Salah satu hambatan untuk menangkarkan trotokan, terkadang calon penangkar akan merasa sulit untuk membedakan jenis kelamin jantan dan betina.
 
 Meski burung berkicau jenis trotokan atau trucukan tak diikutkan dalam lomba Cara Mengetahui Macam Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin
Salah satu cara untuk mengecek jenis kelamin trotokan, bisa memakai menggunakan cincin yang diikat benang. Selanjutnya burung dipegang dan diusahakan biar tenang, kemudian cincin digantung di bab atas kepala burung. Beberapa saat kemudian sehabis cincin bergerak searah, maju mundur jenis kelamin nya biasa jantan. Lain halnya jikalau gerakan cincin memutar, jenis kelamin burung biasanya betina.
 
Pengecekan mirip ini berlaku untuk beberapa jenis burung lain, bahkan ayam masih anakan. Adapun cara lainnya yang ia terapkan untuk mengecek jenis kelamin trotokan, contohnya yang berkelamin jantan warna hitam di sekitar mata lebih hitam/kontras dan bulu dada lebih sedikit gelap. Sedangkan trotokan betina, warna hitam di dekitar mata lebih bersih  dan bab bulu dada lebih cerah.
 
Untuk anakan dibiarkan diloloh induknya selama 7 hari setelah  7 hari bisa diloloh sendiri biar induk bisa berproduksi lagi. Selain itu anakan akan lebih jinak pada umur 1,5 bulan, biasanya sudah sanggup makan sendiri. Lalu antara umur dua hingga tiga bulan, sanggup dijual belikan. Hanya saja harga trotokan anakan masih sering dihargai murah, apalagi jikalau pembelinya pedagang burung, adalah antara Rp 30.000 hingga Rp 75.000.
Sumber referensi  : dari banyak sekali sumber omkicau.com, wikipedia.org , blog dan web di google

Demikian tadi sedikit warta mengenai Cara Mengetahui Macam Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin, yang bisa kami sampaikan semoga dengan warta ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Dan pastikan anda berkunjung kembali di blog alasannya admin akan selalu update warta menarik lainya secara berkala.
Baca juga artikel terkait lainya :

0 Response to "Cara Mengetahui Macam Kelamin Burung Kicau Dengan Cincin"

Total Pageviews