Latest News

Cara Perawatan Burung Cendet Mabung Atau Macet



Tips Mengatasi dan Perawatan Burung Cendet Saat Mabung Dan Macet

Seperti semua jenis burung lainnya, cendet pun akan mengalami masa pergantian bulu / mabung (moulting). Pada dikala itu bulu–bulu yang sudah rusak dan kering akan digantikan bulu-bulu baru, ketika memasuki masa mabung cendet akan lebih sering membisu bahkan dapat menjadi sangat manja. Sehingga diharapkan perawatan mabung secara tepat biar burung melewati proses moulting secara sempurna, tanpa mengubah drastis karakternya.

Cendet mabung harus diberikan perawatan mabung secara tepat, ketika sedang mabung burung cendet akan memakai sebagian besar energinya untuk menjatuhkan bulu rusak dan menggantinya dengan bulu-bulu gres yang berpengaruh dan berkilauan. Pada dikala inilah burung menjalani masa-masa yang penuh ketenangan, kemananan, dan kenyamanan.

Gangguan yang terjadi pada masa mabung dapat mengakibatkan cendet mengalami kondisi yang biasa disebut mabung stress, alhasil burung dapat mengalami macet mabung atau mabung berkepanjangan. Kalau sudah begitu kita sendiri yang akan repot.

Karena itulah kita sebagai pemilik harus dapat mengenali gejala burung mau mabung, dan segera memberi perawatan mabung secara tepat. Apapun alasannya melombakan burung pada awal mabung (bulu mulai rontok) serta tamat mabung yang belum tuntas (bulu masih basah) tidak dianjurkan untuk kepentingan jangka panjang.

Berikut ini beberapa tanda burung cendet mulai memasuki masa mabung:
1. Burung yang semula rajin bunyi (gacor) menjadi lebih sering  membisu dan cenderung manja.
2. Bulu-bulunya mulai tampak kusam, kering, dan gampang nyerit.
3. Beberapa bulu-bulu halus di potongan dada, sayap, dan ekornya mulai berjatuhan.

Jika burung memperlihatkan kondisi ibarat itu maka sudah waktunya untuk memperlihatkan perawatan mabung kepada burung tersebut, kenali mumcul gejala cendet mulai mabung, sehingga perawatan semenjak awal.

Berikut beberapa bentuk perawatan burung cendet yang sedang mengalami masa mabung biar proses mabungnya  berjalan sempurna, dan karakternya tidak banyak berubah pasca mabung nanti.

1. Mengganti Pakan Utama Burung Cendet Mabung
Banyak penggemar cendet yang memperlihatkan voer ayam broiler (BR1) sebagai pakan utama selama mabung,  sebagian besar mencampurkan voer ayam itu dengan voer yang biasa dikonsumsi burung dengan perbandingan 50:50. Hal ini dilakukan biar bulu-bulunya eksklusif ambrol sesudah mengkonsumsi pakan tersebut.

2. Menambah extra fooding (EF) pada Burung Cendet Mabung
Pakan perhiasan atau extra fooding (EF) yang biasa diberikan kepada cendet sebaiknya ditingkatkan jumlah atau porsinya pada dikala mabung, alasannya yaitu pakan dengan kadar protein hewani tinggi ini  sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan gizi atau nutrisinya selama masa mabung.

Contoh derma EF untuk cendet misalnya, jangkrik yang biasanya diberikan 3 ekor (pagi dan sore)  dikala tidak mabung, dapat ditambah menjadi  6 ekor yang diberikan pagi dan sore hari. Begitu juga kroto yang dalam kondisi tidak mabung hanya diberikan beberapa kali seminggu, dapat diberikan rutin setiap pagi selama mabung, Ulat hongkong dapat diberikan sebanyak 5 – 10 ekor pada pagi dan sore hari.

Selain EF yang umum diberikan kepada cendet banyak penggemar yang memperlihatkan cacing tanah guna keseimbangan gizi, dalam hal ini cacing tanah biasanya diberikan sebanyak 1 – 2 ekor dalam waktu dua kali seminggu.

3. Memberikan Vitamin Pada Burung Cendet Mabung
Vitamin menjadi salah satu faktor penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung yang dianggap masih kurang, apalagi cendet termasuk burung yang sangat kasar dan aktif sehingga sangat membutuhkan asupan vitamin perhiasan yang amat membantu proses mabungnya.

Jika kebutuhan gizinya tidak terpenuhi, burung cendet gampang berubah huruf menjadi burung yang sangat manja, anda dapat memakai produk vitamin buatan manapun.  Jika  ingin proses mabungnya lancar, dan burung tidak stres, Anda juga dapat memakai paket BirdMolt-Pre (diberikan semenjak awal rontok bulu sampai semua bulunya ambrol) dan BirdMolt-Post (diberikan semenjak tumbuhnya bulu jarum / tunas bulu sampai bulu-bulu gres sudah tumbuh sempurna.

4. Mandi dan jemur Pada Burung Cendet Mabung
Ketika cendet sedang mejatuhkan bulu-bulunya, dikala itu burung jangan dulu dimandikan. Mandi hanya diberikan sesudah bulu-bulunya ambrol semua, yang diiring dengan munculnya tunas bulu-bulu baru.

Penjemuran dilakukan seperlunya saja. Jangan menjemur ketika burung sedang menjatuhkan bulu-bulunya, atau sedang dalam kondisi ambrol / botak. Sebab suhu panas dan udara berdebu dapat menghambat pertumbuhan bulu-bulu barunya. Karena itu, penjemuran sebaiknya dilakukan sesudah muncul bulu-bulu baru, dan dilakukan sesudah burung dimandikan.

5. Menenangkan burung cendet mabung
Cendet yaitu burung predator kecil yang sangat agresif, jadi hindari menggantang cendet yang sedang mabung di bersahabat burung sejenis atau burung-burung kecil lainnya. Dalam beberapa masalah cendet akan emosi dan eksklusif coba menyerang burung di dekatnya, hal itu terperinci dapat mengganggu proses mabungnya.

Sebaiknya, ketika burung sedang mabung, pindahkan ke daerah damai dan sendirian. Jika tidak ada lagi lokasi ibarat itu, Anda dapat menyimpan burung dalam kondisi full kerodong.

6. Pemasteran burung cendet mabung
Ketika sedang mabung, cendet akan lebih sering  membisu dan jarang berkicau, itulah waktu yang tepat untuk memaster cendet dengan burung masteraannya atau melalui suara-suara masteran yang Anda miliki.

Meski cendet dikenal memilki kepandaian menjiplak aneka macam macam suara, bunyi yang diperdengarkan kepadanya sebaiknya sesuai dengan huruf bunyi cendet. Ingat cendet sangat aktif dan kasar sehingga bunyi masteran yang kasar dan tajam akan memperlihatkan hasil yang cukup baik. Terutama ketika burung didesain sebagai burung lonna, lantaran bunyi kicauannya mereka menjadi lebih nyaring.

Selanjutnya tinggal menunggu dan membiarkan burung menghabiskan waktunya untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya, disertai perawatan yang konsisten. Agar menjadi burung istimewa, perawatan cendet pascamabung juga tak kalah penting.

0 Response to "Cara Perawatan Burung Cendet Mabung Atau Macet"

Total Pageviews