Latest News

Cara Membuka Perjuangan Ternak Lovebird

Cara Membuka Usaha Ternak Lovebird -Lovebird selain dijadikan binatang peliharaan, juga dimanfaatkan sebagai lahan bisnis mengingat ajakan pasar terhadap burung ini semakin meningkat. Hal ini terjadi lantaran kecantikan dan kicauan burung lovebird memang indah dan menawan. 

Selain itu, daya tahan badan lovebird juga tinggi sehingga sangat cocok kalau dibudidayakan di wilayah tropis Indonesia. Bagi Anda yang ketika ini tertarik menjalankan peternakan, tidak ada salahnya terjun ke dunia ternak lovebird. Sebelum menjalankannya, yuk simak ulasan ihwal cara membuka perjuangan ternak lovebird berikut ini. 

Cara Membuka Usaha Ternak Lovebird 

1. Pemilihan kandang 
Pemilihan sangkar termasuk cara membuka perjuangan ternak lovebird pada bab pertama. Sebelum membeli bibit, siapkan dahulu sangkar yang tidak terlalu besar sebagai tahap awal. Pilihlah sangkar yang berbahan besi biar gampang dibersihkan. Jangan lupa berikan daerah bertengger yang nantinya dipakai lovebird untuk istirahat. 

Ukuran sangkar yang direkomendasikan untuk sangkar indukan, ialah 1 x1 x1 m. Selain itu, buatlah sangkar minimalis yang dipakai untuk acara pemijahan dan perjodohan burung. Ukuran yang disarankan dalam pembangunan sangkar pemijahan, ialah 25 x25 x25 cm yang bisa memuat 2-3 burung. 

Jangan lupa berikan beberapa daun kering atau jerami. Tidak disarankan untuk memakai daun atau ranting yang masih segar lantaran berpotensi membusuk sehingga sanggup mengembangkan virus yang tidak baik untuk kesehatan burung. 

2. Memilih induk yang berkualitas 
Memilih induk yang berkualitas termasuk cara membuka perjuangan ternak lovebird bab kedua. Pilihlah induk yang telah terbukti mempunyai segudang prestasi, ialah keindahan bulunya yang anggun dan kicauannya yang merdu. Sebaiknya, pilihlah indukan jantan yang berusia 8 bulan. Lovebird betina akan siap memijah sesudah usianya menginjak satu tahun. 

3. Proses Perjodohan 
Proses perjodohan juga termasuk cara membuka perjuangan ternak lovebird pada bab ketiga. Perjodohan dilakukan dengan menyatukan sepasang lovebird dalam sangkar yang sama. Jika mereka mempunyai kecocokan, mereka akan sering berdekatan, kalau sebaliknya mereka justru tidak berjodoh. 

Selain itu, Anda juga bisa menguji kecocokan mereka dengan derma kaca. Jika sepasang burung mempunyai ketertarikan, paruh mereka akan saling melekat di antara beling yang dipakai sebagai pembatas. Saat Anda mengetahui hal tersebut, segera satukan sepasang lovebird tersebut dalam sangkar yang sama dan berbeda dari kerumunan lovebird sebelumnya. 

4. Pemberian Pakan yang tepat 
Pemberian pakan yang sempurna termasuk cara membuka perjuangan ternak lovebird bab keempat. Jenis pakan yang harus Anda berikan ke lovebird anakan sanggup berupa sayuran dan buah-buahan, menyerupai buah apel, sawi, wortel, biji kenari, dan lain-lain. Anda juga bisa menawarkan pakan berupa bubur instan yang dilarutkan dengan air hangat. 

Jangan lupa berikan multivitamin biar kesehatan burung tetap terjaga. Multivitamin tersebut sanggup Anda temukan di tulang sotong dan telur rebus. Kedua jenis pakan tersebut dinilai bisa meningkatkan performa lovebird. 

Untuk lovebird dewasa, jenis pakan yang diberikan juga sama, hanya saja takarannya yang berbeda. Jenis pakan tersebut terdiri dari: biji kenari, biji sawi, biji bunga matahari, jumawut, milet merah, dan milet putih. Jenis-jenis pakan ini bisa Anda peroleh dengan gampang di sekitar lingkungan maupun toko hewan. 

Pastikan juga untuk mengganti air minum untuk lovebird secara rutin. Lakukan pengawasan kalau air tersebut menjelma kotor. Jangan hingga air konsumsi lovebird bertahan dalam jangka waktu yang usang lantaran bisa menghasilkan kuman yang tidak baik untuk kesehatan. 

Itulah beberapa cara membuka perjuangan ternak lovebird yang bisa Anda praktikkan. Jangan lupa untuk menawarkan perawatan secara intensif biar hasil yang diperoleh maksimal. Semoga artikel ini sanggup membantu Anda dalam beternak lovebird.

0 Response to "Cara Membuka Perjuangan Ternak Lovebird"

Total Pageviews