Latest News

Cara Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar

Kicau-Burung.Com: Cara merawat anakan pleci lolohan -Memeliharan burung pleci semenjak masih anakan memang merupakan sebuah tantangan yang mengasyikkan, lantaran kita sanggup memberi makan dengan cara menyuapai atau meloloh burung pleci dengan tangan kita sendiri secara langsung. Memberikan minum dan mengelus-elus bulu lebutnya dengan penuh kasih sayang, sehingga ketika sudah besar nanti, burung sanggup jinak (lulut) dengan kita, bahkan ketika lepas dari sangkar pun ia tidak akan terbang jauh-jauh, justru ketika lapar biasanya akan mendekati kita untuk minta disuapi, itulah salah atu kelebihan dari lolohan pleci yang dirawat sepenuh hati.

Merawat anakan pleci memang butuh kesabaran dan ketelatenan, lantaran anda harus memberi makan secara rutin biar jangan hingga kelaparan. Anda juga dilarang meloloh pleci hingga kekenyangan, lantaran kedua hal tersebut sanggup mengakibatkan kematian. Jika anakan pleci hingga kelaparan sanggup mati, dan jikalau kekenyangan pun sanggup mati juga. Kaprikornus dalam meloloh pleci harus benar-benar telaten dan hati-hati, jangan kelaparan dan jangan kekenyangan, tidak perlu terlalu banyak, sedikit-sedikit asal rutin, paling tidak 2 jam sekali diberi makan.

Memeliharan burung pleci semenjak masih anakan memang merupakan sebuah tantangan yang mengasy Cara Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar

Sekarang ini sudah semakin sulit memperoleh anakan pleci yang baik, lantaran populasi burung pleci dihutan sudah semakin sedikit, dikarenakan perburuan liar secara massal. Itulah sebabnya kenapa kini ini harga anakan pleci menjadi mahal, tapi jikalau beruntung anda mungkin masih sanggup mendapat anakan pleci, baik itu dari kios penjual burung, group jual beli burung pleci online, ataupun dari tukang pencari burung pleci, tapi tentu dengan harga yang tidak mengecewakan mahal.
BACA JUGA: Cara menentukan anakan pleci yang baik dan prosepek
Pakan yang dipakai untuk merawat lolohan pleci juga harus dibedakan dengan pakan pleci dewasa, lantaran proses pencernaan anakan pleci tentu berbeda dengan pencernaan pleci dewasa. Jika pleci remaja anda sanggup menawarkan pakan voer kering, untuk lolohan pleci harus memakai voer basah, artinya voer harus diseduh dengan air terlebih dahulu, lantaran jikalau diberi voer kering, kemungkinan besar anakan pleci akan mati.

Cara merawat anakan pleci lolohan


Dalam merawat anakan pleci, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan, yaitu dalam hal waktu derma pakan, sajian pakan, dan penjemuran. Jika tiga hal tersebut anda lakukan dengan benar, prosentase keberhasilan akan sangat besar.

1. Waktu derma pakan

Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa derma pakan anakan pleci harus rutin dan teratur, jangan hingga anakan pleci merasa kelaparan dan jangan hingga merasa terlalu kekenyangan. Kaprikornus cukup diberikan bertahap tapi teratur yaitu sekitar 2 jam sekali.

2. Menu pakan

Pakan yang diberikan untuk anakan pleci yang ideal ialah memakai voer basah, cuilan perut jangkrik, kroto, dan pisang. Cara penyajiannya ialah sebagai berikut:

  • Campurkan voer dengan sedikit air, kemudian aduk-aduk hingga rata dan voer menjadi lunak.
  • Masukkan cuilan perut jangkrik atau kroto dedalam adonan, kemudian aduk-aduk kembali hingga rata.
  • Berikan adonan pakan tersebut dengan cara meloloh sedikit demi sedikit.
  • Lakukan variasi pakan setiap harinya, misalkan hari senin voer berair dan perut jangkrik, hari selasa voer berair dan kroto, hari rabu voer berair dan pisang. 
  • Berikan minum dengan cara meneteskan pribadi keparuh anakan pleci, lantaran meskipun pakan yang dipakai sudah dicampur dengan air, tapi anakan pleci masih harus diberi minum untuk memperlancar pencernaan.
3. Proses penjemuran

Pola penjemuran anakan pleci jangan disamakan dengan penjemuran pleci dewasa. Jika pleci remaja sanggup dijemur seharian dibawah sinar matahari, khusus untuk anakan pleci cukup dijemur dipagi hari maksimal 30 menit saja. Sebab jikalau terlalu usang sanggup merusak bulu-bulu mudanya dan lebih parah lagi sanggup menimbulkan kematian.

Tips selanjutnya untuk merawat anakan pleci ialah dengan selalu menjaga kebersihan kandang. Usahakan untuk selalu membersihkan sangkar setiap hari, lantaran anakan pleci mempunyai tingkat kekebalan badan yang masih rendah, sehingga masih sangat rawan terjangkit penyakit.

Itulah tips cara merawat anakan pleci lolohan yang benar yang sanggup saya tuliskan. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dan menjadikan jawara pleci ketika remaja nanti, usahakn untuk menawarkan full masteran 24 jam pada anakan pleci jantan milik anda.

0 Response to "Cara Merawat Anakan Pleci Lolohan Yang Benar"

Total Pageviews