Latest News

Jenis-Jenis Burung Lovebird

Macam Macam Daftar Jenis Burung Lovebird Di Indonesia-burung lovebird menjadi pilihan favorit yang digemari masyarakat lantaran keindahan bulu-bulunya yang cantik, serta keahliannya dalam menghasilkan bunyi yang merdu. Sangat cocok dipakai sebagai binatang peliharaan bagi siapa saja lantaran lovebird sanggup diajak main dengan pemiliknya. 

Tapi tahukah kau jika jenis burung ini pun beragam, jenisnya sendiri dibedakan menjadi dua, yaitu jenis rendah dan jenis penangkaran yang banyak ditemukan di Indonesia. Agar kau tidak penasaran, yuk ketahui jenis-jenis lovebird berikut ini. 

Jenis-Jenis Lovebird 
1. Lovebird Jenis Rendah 
Pada umumnya, lovebird jenis ini banyak ditemui di Afrika dan Madagaskar yang merupakan habitat aslinya. Perawakannya pun mempunyai ciri khas dan lebih sulit dibudidayakan lantaran sifatnya yang suka dengan kebebasan. Menurut beberapa ahli, burung ini dikategorikan sebagai jenis burung lovebird yang asli. Jenis-jenis lovebird berklasifikasi rendah dijabarkan sebagai berikut. 

a. Lovebird Rosy-faced 
Jenisi-jenis lovebird berklasifikasi rendah yang pertama yaitu Rosy-faced. Rosy-faced sendiri berjulukan ilmiah Agapornis reseicollis. Burung jenis ini tergolong mungil, berukuran antara 17-18 cm dengan badan didominasi warna hijau, sedangkan pantatnya sendiri berwarna biru. 

Uniknya, burung ini mempunyai iris mata berwarna coklat dan kaki yang berwarna abu-abu. Burung lovebird Rosy-faced sanggup ditemukan di habitat aslinya, yaitu tempat kering Afrika, menyerupai Gurun Nanib. Jika kau menjumpai lovebird lutino, kau akan tahu bahwa burung tersebut merupakan hasil keturunan dari burung ini. 

b. Lovebird Fischeri 
Jenis-jenis lovebird berklasifikasi rendah yang kedua yaitu lovebird Fischeri. Burung ini berjulukan ilmiah Agapornis Fischeri. Tubuhnya mempunyai beberapa warna, yaitu (1) warna hijau pada kepingan punggung, dada, dan sayapnya dan (2) warna kuning emas dan oranye pada kepingan leher atas. Burung ini sanggup dengan gampang kau temukan di Tanzania dengan ciri khas mempunyai bundar putih di sekitar area mata. 

c. Black-cheeked lovebird 
Jenis-jenis lovebird berklasifikasi rendah yang ketiga yaitu Black-cheeked lovebird. Burung ini berjulukan ilmiah Agapornis Negrigenis. Memiliki ciri khas yang unik, yaitu pipinya yang berwarna hitam. Burung ini dikategorikan sebagai jenis burung yang langka lantaran sudah sulit ditemukan. Bagi kau yang mempunyai burung ini, tentu beruntung sekali lantaran burung 
Black-cheeked lovebird mempunyai bunyi yang lebih keras dibandingkan dengan jenis lainnya. 

2. Lovebird Penangkaran 
Jenis kedua yang dimiliki oleh burung lovebird, yaitu jenis penangkaran. Pada umunya, jenis-jenis lovebird ini sanggup dibudidayakan dan justru menjadi binatang peliharaan di rumah. Selain itu, burung berkategori penangkaran juga hasil keturunan dari burung lovebird berklasifikasi rendah. Berikut ini ulasannya. 

a. Lovebird Blue-Ice 
Jenis-jenis lovebird tipe penangkaran yang pertama yaitu Lovebird Blue-Ice. Burung ini mempunyai badan dengan kombinasi warna biru es dan putih salju yang memikat. Warna burung ini didominasi oleh warna biru pada kepingan badan sampai ekor, sedangkan warna putih terdapat di leher dan kepingan kepalanya. 

b. Lovebird Blorok 
Jenis-jenis lovebird tipe penangkaran yang kedua yaitu Lovebird Blorok. Burung ini termasuk jenis burung yang paling diminati. Harganya relatif mahal dibandingkan dengan jenis burung lainnya. Burung blorok mempunyai ciri khas, yaitu bercak yang sanggup ditemukan di kepingan badan dan sayapnya. Bercak inilah yang disebut dengan Blorok. Kamu sanggup menemukan burung jenis ini dengan gampang di pasar burung atau toko hewan. 

c. Lovebird Lutino 
Jenis-jenis lovebird tipe penangkaran yang ketiga yaitu lovebird Lutino. Burung ini merupakan hasil mutasi dari lovebird Rosy-faced. Tubuhnya didominasi oleh warna kuning cerah, meskipun pada umumnya burung berjenis ini juga mempunyai warna hijau yang dominan. 
Julukan Lutino sendiri diberikan oleh pecinta burung guna membedakan jenis burung ini dengan burung lainnya. Warna kuning yang dimiliki oleh burung ini disebabkan kurangnya melanin. Selain itu, juga sanggup disebabkan oleh salinan gen pigmentasi antara lutino jantan dan betina. Berkat penangkaran burung, maka dihasilkanlah lovebird Lutino. 
Itulah jenis-jenis lovebird yang harus kau ketahui. Semuanya mempunyai kelebihan dan ciri-ciri masing-masing. Apakah kau tertarik memilikinya?

0 Response to "Jenis-Jenis Burung Lovebird"

Total Pageviews