Latest News

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Manfaat air garam untuk lovebird -Pemberian air garam untuk lovebird memang sudah cukup sering dilakukan oleh para lovebird mania, meskipun hal tersebut masih menjadi pro dan kontra. Pasalnya ada sebagian lovebird mania yang menyarankan memperlihatkan air garam untuk lovebird lantaran mereka sudah mencicipi sendiri manfaat garam tersebut secara eksklusif yang ternyata memperlihatkan efek yang cukup manis dan signifikan bagi perkembangan lovebird gacoannya. Tapi ada juga yang masih ragu-ragu atau bahkan menghindari sumbangan garam pada lovebird kesayangan mereka, alasannya yaitu mungkin mereka tidak mencicipi efek apa-apa dari air garam tersebut.

Menurut irit saya sebagai sesama pecinta burung lovebird, sumbangan air garam untuk lovebird yaitu sah-sah saja, selama pemberiannya tidak dilakukan secara berlebihan. Sebab ada banyak sekali khasiat air garam yang mungkin selama ini belum kita ketahui, baik itu untuk insan ataupun untuk binatang.

Pemberian air garam untuk lovebird memang sudah cukup sering dilakukan oleh para lovebird  Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang
Garam Dapur

Kalau untuk insan sudah terperinci banyak sekali khasiatnya, selain sebagai bumbu masakan, juga bermanfaat untuk melancarkan metabolisme, mencegah penyakit gondok, obat kumur, meringankan problem pernafasan, dan masih banyak lagi. Selain untuk hewan ternak ibarat sapi dan kambing, biasanya dipakai sebagai adonan minum ternak (komboran). Saya sering melihat tetangga saya memperlihatkan komboran berupa bekatul yang dicampur dengan garam dapur yang dilarutkan dengan seember air, kemudian diberikan pada hewan ternak.
BACA JUGA: Manfaat bayam untuk lovebird
Kembali lagi ke pokok pembahasan mengenai khasiat air garam untuk lovebird, dimana para lovebird mania mempercayai bahwa sumbangan air garam secara benar akan bisa untuk mendongkrak stamina lovebird yang loyo ketika lomba. Sebab kandungan natrium dan klorida yang terdapat dalam garam sanggup membantu mencukupi kebutuhan mineral burung. Lalu apa saja manfaat garam untuk lovebird? Silahkan simak ulasan berikut ini:

Khasiat dan manfaat air garam untuk lovebird

Pemberian garam dengan porsi (takaran) dan waktu (timing) yang benar akan memperlihatkan khasiat yang baik untuk lovebird anda. Idealnya sumbangan air garam tersebut hanya dilakukan maksimal 2 kali dalam seminggu, jadi tidak perlu diberikan setiap hari. Ini yaitu salah satu penyebab adanya pro dan kontra air garam untuk lovebird ibarat yang sudah saya bahas diatas. Sebab sumbangan air garam yang berlebihan tidak akan memperlihatkan manfaat apa-apa, justru malah sanggup merusak performa lovebird anda. Makara sebelumnya, pastikan anda sudah mengetahui dan memahami hukum sumbangan air garam tersebut, biar apa yang anda lakukan tidak menjadi suatu hal yang sia-sia.

Pemberian air garam untuk lovebird memang sudah cukup sering dilakukan oleh para lovebird  Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang

Adapun manfaat air garam untuk lovebird diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Menstabilkan birahi lovebird
  2. Menambah daya tahan badan lovebird, terutama terhadap peruahan cuaca yang ekstrem
  3. Mengatasi lovebird ciak bulu
  4. Menambah stamina lovebird yang loyo
  5. Memenuhi kebutuhan mineral 
  6. Membuat lovebird menjadi lebih aktif dan rajin berkicau (ngekek)

Cara sumbangan air garam pada lovebird

Point ini yaitu yang paling penting dan wajib anda ketahui, biar anda tidak terlalu berlebihan dalam memberikannya, baik itu dari porsi ataupun durasi. Cara pemberiannya pun juga bermacam-macam, sanggup diadaptasi dengan kesenangan masing-masing lovebird, lantaran para lovebird mania yang telah memakai terapi ini tentu sudah melaksanakan eksperimen terlebih dahulu, sehingga mereka sanggup membuat aneka macam macam variasi cara penyajian.
BACA JUGA: Manfaat urine/ air seni untuk burung kicauan

1. Air garam diberikan eksklusif pada lovebird kesayangan anda

Caranya yaitu dengan mencampurkan sedikit garam kedalam wadah minuman, kemudian aduk hingga rata hingga tidak ada sisa-sisa garam yang belum tercampur. Pastikan garamnya jangan terlalu banyak biar tidak terlalu asin, sehingga lovebird pun akan mau meminumnya. Sebab kalau terlalu asin biasanya lovebird tidak mau minum. Anda bisa menjilat terlebih dahulu air garam tersebut, untuk memastikan bahwa campurannya sudah sesuai (tidak terlalu asin). Pemberian air garam secara eksklusif ini biasanya hanya dilakukan ketika lovebird hendak dilombakan, jadi tidak diberikan setiap hari. Biasanya air garam diberikan pada ketika H-1 menjelang lomba.

2. Air garam dicampur dengan millet putih

Cara penyajiannya adalah: Ambil 1 kilogram millet putih berkualitas baik, rendam dan basuh millet dengan memakai air higienis didalam bak/ ember, sehingga millet yang buruk (kurang bagus) biasanya akan mengambang, buang millet yang kurang baik tersebut dan ambil yang manis saja.

Selanjutnya buang air cucian dan ganti dengan segelas air yang bersih, tambahkan garam dapur 1 sendok makan, rendam selama kurang lebih 10 menit. Saring kemudian jemur millet hasil rendaman air garam hingga kering, kemudian sangrai dengan api kecil dan tiriskan hingga dingin. Setelah itu berikan millet pada burung lovebird kesayangan anda, bisa dicampur dengan pakan biji-bijian lainnya ibarat biji kwaci, canary seed, dll.

3. Air garam dipakai untuk mencuci buah dan sayuran

Caranya larutkan air garam dengan satu gayung air bersih, kemudian basuh buah atau sayuran yang akan anda berikan pada lovebird tersebut. Pada ketika pembersihan boleh sambil direndam sebentar untuk menghilangkan pestisida yang terdapat pada buah dan sayuran tersebut. Selanjutnya berikan buah dan sayuran tersebut pada lovebird anda.

CATATAN:
  1. Jangan terlalu berlebihan memperlihatkan air garam pada lovebird
  2. Pemberian air garam secara langsung, maksimal yaitu 2 kali dalam seminggu, jangan lebih dari itu.
  3. Lakukan eksperimen terhadap doping air garam tersebut, cari setelan yang pas, dan kalau sudah pas jangan dirubah-rubah lagi.
  4. Air garam bisa dipakai untuk setelan menjelang lomba, yaitu H-1
Dengan membaca ulasan diatas, kini anda sudah tahu manfaat air garam untuk lovebird, cara pemberiannya, porsinya, durasinya, bahkan resikonya sekalipun. Makara silahkan anda mencoba dan bereksperimen dengan doping air garam tersebut. Jangan takut, selama anda melakukannya dengan benar dan sabar (tidak terburu-buru) niscaya anda akan mencicipi khasiatnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Manfaat Air Garam Untuk Lovebird Ngekek Panjang"

Total Pageviews