Latest News

Cara Mengatasi Burung Lovebird Ciak Bulu (Cabut Bulu)

Mengatasi lovebird cabut bulu -Permasalahan umum yang sering terjadi dikala anda memelihara burung lovebird yaitu dilema ciak bulu atau cabut bulu, sehingga burung menjadi tampak buruk lantaran bulu-bulunya rontok dan menjadi jarang berkicau lantaran merasa tidak nyaman dan sibuk mencabuti bulunya sendiri.
Permasalahan umum yang sering terjadi dikala anda memelihara burung lovebird yaitu masala Cara Mengatasi Burung Lovebird Ciak Bulu (Cabut Bulu)

Tentu anda tidak ingin lovebird kesayangan anda, atau bahkan lovebird gacoan anda mengalami ciak bulu, alasannya kalau ciak bulu tersebut sudah parah, akan sangat mempengaruhi performa lovebird anda. Selain itu niscaya anda aib kalau lovebird yang ciak bulu nekat anda  lombakan, yang ada nanti malah ditertawakan penerima lainnya.

Pertanyaanya, kenapa lovebird sering cabut bulu? Ada aneka macam penyebab kenapa lovebird suka mencabuti bulunya sendiri. Untuk itu anda harus flashback dan mencari tahu apa penyebab pastinya, lantaran dengan mengetahui penyebabnya, anda akan semakin gampang menemukan solusinya semoga lovebird kesayangan anda tidak ciak bulu.

Penyebab lovebird ciak bulu atau cabut bulu

Secara umum ada 4 hal yang sanggup mengakibatkan lovebird cabut bulu, jadi coba anda ingat-ingat kira-kira point yang mana yang mengakibatkan lovebird anda menjadi ciak bulu.

1. Lovebird cabut bulu lantaran penyakit kutu

Lovebird yang mendapat perawatan yang kurang baik, misalkan jarang dimandikan, jarang dijemur, jarang dibersihkan kandangnya, dan jarang diganti air minum dan pakannya biasanya akan gampang terjangkit penyakit, contohnya menyerupai penyakit snot, nyilet, dan ciak bulu.

Nah khusus untuk penyakit ciak bulu ini biasanya dikarenakan banyak kutu yang bersembunyi didalam bulu burung dan mengakibatkan lovebird merasa gatal. Lovebird akan menggaruk-garuk tubuhnya dengan paruh atau menggesek-gesekkan tubuhnya kesangkar, sehingga bulu-bulu indahnya akan rontok dan menjadi botak. Oleh alasannya itu untuk menghindari terjadi ciak bulu, anda harus selalu merawat dan menjaga kebersihan burung dan sangkarnya.
Baca: Cara mengobati kutu lovebird dengan daun sirih

2. Lovebird cabut bulu lantaran stress

Lovebird yang dirawat pun terkadang juga sanggup cabut bulu, itu biasanya lantaran perawatan yang salah. Kesalahan perawatan tersebut misalkan lantaran mandi terlalu lembap kuyup, sumbangan ekstra fooding yang berlebihan, atau penjemuran yang terlalu lama.

Oleh alasannya itu anda harus tahu dan faham perawatan yang cocok dan sesuai dengan abjad lovebird anda, untuk menghindari terjadinya penyakit cabut bulu.

3. Lovebird ciak bulu lantaran kepanasan

Seperti yang telah aku singgung pada point diatas bahwa penjemuran lovebird yang terlalu usang justru sanggup mengakibatkan ciak bulu. Kenapa? lantaran lovebird merasa kepanasan. Kepanasan tersebut sanggup lantaran faktor cuaca yang memang sedang panas atau lantaran sumbangan racikan/ doping yang tidak cocok dan berlebihan.

4. Lovebird ciak bulu lantaran birahi

Burung paruh bengkok ini dikala sudah memasuki masa cukup umur dan sudah birahi biasanya akan mencabuti bulunya sendiri, terlebih kalau birahinya tidak sanggup tersalurkan. Lovebird birahi biasanya dikala sudah menginjak usia 6 bulan keatas, atau sudah lepas dari masa paud/ balibu.

Cara mengatasi lovebird cabut bulu/ciak bulu


  • Jika lovebird ciak bulu lantaran kutu, maka cara mengatasinya yaitu dengan memandikannya memakai shampoo anti kutu, atau sanggup juga memandikannya dengan rebusan daun sirih atau air cucian beras.
  • Jika lovebid cabut bulu lantaran kepanasan, maka cara mengatasinya yaitu dengan mengurangi durasi penjemuran dan menghentikan sumbangan pakan racikan yang sanggup meningkatkan suhu tubuh lovebird.
  • Jika lovebird ciak bulu lantaran kesalahan dalam perawatan, cara mengatasinya yaitu dengan melaksanakan pengamatan untuk menemukan perawatan yang sempurna dan sesuai dengan abjad sang lovebird.
  • Jika lovebird cabut bulu lantaran over birahi, maka perawatannya yaitu dengan memakai sangkar umbaran, sering mandi, kurangi sumbangan ekstra fooding, dan kurangi durasi penjemuran. Bisa juga dengan mengkolonikan lovebird untuk sementara hingga birahinya normal kembali.
Untuk mengatasi lovebird ciak bulu, pada dasarnya anda harus mencari terlebih dahulu apa penyebabnya, kemudian mengamati untuk menemukan solusinya. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Burung Lovebird Ciak Bulu (Cabut Bulu)"

Total Pageviews