Latest News

Perawatan Burung Anis Kembang

Ciri Khas burung Anis Kembang yaitu kicauannya yang ngerol dan suaranya yang nyaring, untuk mendapat burung yang semacam itu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan yaitu Bakalan Burung, dan Pola Perawatan. Setelah memperhatikan Bakalan burung Anis Kembang yang baik, mari kita perhatikan pula perawatan yang rutin dan konsisten menyerupai yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Sebelum lebih jauh perihal pola perawatan, sebagai pecinta burung anis kembang anabawang kita harus mengetahui makanan burung anis kembang itu apa saja :
  1. EF (Extra Fooding), pakan embel-embel yang sangat baik buat burung Anis Kembang yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto, Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu diadaptasi dengan aksara pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan niscaya efek klausal dari kontribusi EF tersebut.
  2. Voer, Voer harus selalu tersedia didalam cepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang gres setiap dua hari sekali.
  3. Buah Segar, burung Anis Kembang sangat menyukai buah Pepaya, Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak kontribusi buah Pepaya, sebab buah Pepaya mengandung Vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Disamping itu, buah Pepaya sangat gampang dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
Dengan mengetahui makanan utama burung Anis Kembang menyerupai diatas maka selanjutnya kita masuk pada pola perawatan yang baik biar burung sanggup mencapai puncak kicauannya yang ngerol, meskipun ini tidaklah mutlak namun dapatlah kiranya dijadikan contoh dalam perawatan burung AK.
  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan sangkar harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah menunjukkan Jangkrik secara pribadi pada burung. Penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, kemudian sangkar dikerodong.
  • Siang hari hingga sore (jam 10.00-15.00) burung sanggup di Master dengan bunyi Master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan kalau perlu.
  • Berikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan bunyi Master selama masa istirahat hingga pagi harinya.
Catatan Lain :
  • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
  • Pemberian Cacing diberikan 2 ekor 3x seminggu.
Seperti perawatan tersebut diatas, sesekali pindahlah posisi gantangan burung anda, kalau anda biasa meletakkan burung diteras maka seminggu sekali bawalah ke lapangan atau ke daerah teman saudara biar burung mempunyai mental yang baik dikala lomba dengan berganti ganti tempat.

0 Response to "Perawatan Burung Anis Kembang"

Total Pageviews