Latest News

Burung Cambuk Papua

Burung cambuk papua atau Papuan Whipbird (Androphobus viridis) yaitu spesies burung dari keluarga Psophodidae yang dipisahkan kedalam Genus: Androphobus. Burung ini mempunyai ukuran panjang tubuhnya sekitar 17 cm dan berbulu hijau-lumut gelap dengan kombinasi warna abu-abu dan hitam.

Bulu-bulu bab muka, tenggorokan, dan dada burung jantan berwarna hitam dengan setrip putih yang nampak menyerupai ‘kumis’. Warna hitam pada burung jantan digantikan dengan warna abu-abu pada burung betina, kecuali pada warna bab muka yang digantikan oleh warna zaitun, dan tanpa ‘kumis’. Burung muda sangat menyerupai dengan burung jantan tanpa ‘kumis’.
 yaitu spesies burung dari keluarga Psophodidae yang dipisahkan kedalam Genus Burung Cambuk Papua
img credited to http://www.taenos.com

Burung betina menyerupai jenis-jenis burung-buah Melanocharis, dibedakan oleh ukuran yang lebih besar. Juga menyerupai betina Paruh-bajak, dibedakan oleh warna dada yang abu-abu. Spesies burung ini hanya diketahui dari empat spesimen yang dikoleksi dari bab barat P. Papua, di daerah sekitar Peg. Jayawijaya yaitu: G. Goliath, Peg. Weyland, dan wilayah Danau Habbema/sungai Ibele.

Menghuni daerah hutan pegunungan pada rentang ketinggian antara 1400 – 2700 m. Memakan serangga dan artropoda yang diburu di permukaan tanah dan semak belukar.

0 Response to "Burung Cambuk Papua"

Total Pageviews