Latest News

Burung Cikarak Sulawesi

Burung Cikarak sulawesi,bukan burung jenis Cikrak menyerupai Cikrak Bambu,Cikrak Daun maupun Cikrak Pallas. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan dark-eared myza (Myza celebensis) atau lesser streaked honeyeater ini merupakan spesies burung dari keluarga Meliphagidae (burung isap madu).

Burung ini yaitu spesies burung endemik Indonesia yang hanya terdapat di Sulawesi. Memiliki badan berukuran sedang,yaitu sekitar 20 cm dan mempunyai ciri fisik yang agak gelap dengan bercak-mata gundul gelap kekuningan pucat, paruh agak panjang melengkung ke bawah. Ras meridionalis: badan bab atas lebih abu-abu gelap (kurang zaitun), lebih abu-abu, badan bab bawah kurang bercoret.
 Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan  Burung Cikarak sulawesi

Terdiri dari dua subspesies dengan daerah persebaran yang berbeda,yaitu :
  1. M. c. celebensis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1894) – Sulawesi bab utara, tengah, dan tenggara.
  2. M. c. meridionalis (A. B. Meyer & Wiglesworth, 1896) – Sulawesi bab selatan.
Habitat orisinil burung ini menghuni daerah hutan dari ketinggian 900 m (sebagian besar di atas 1500 m) hingga 1800 m (Sulawesi utara dan tengah-utara), 2200 m (Sulawesi tengah-selatan), 2000 m (Sulawesi tenggara), dan 2500 m.

Untuk bunyi nyanyian (song) burung ini kami belum mendapat file audionya,baru untuk bunyi panggilan (call) yang sanggup kalian dengarkan melalui link dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Burung Cikarak Sulawesi"

Total Pageviews