Latest News

Burung Paok Pancawarna

Paok pancawarna yaitu spesies burung dari keluarga Pittidae yang dikelompokkan kedalam genus Pitta. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Javan banded pitta yang mempunyai nama latin Hydrornis guajana.Burung ini merupakan jenis burung pemakan semut, kecoa, kumbang, siput, cacing, rayap, ula yang mempunyai habitat di hutan primer, hutan sekunder tertutup, tersebar hingga ketinggian 1.500 m dpl.

Paok pancawarna mempunyai badan berukuran sedang (22 cm). Tubuh gemuk, berwarna keemasan bergaris-garis. Bagian kepala berwarna hitam dengan alis kuning mencolok dan khas. Punggung dan sayap coklat dengan garis sayap putih. Ekor biru,dagu putih. Burung paok pancawarna Ras Jawa mempunyai ciri khas dibagian dada dan sisi lambung yang bergaris-garis hitam dan kuning.
 yaitu spesies burung dari keluarga Pittidae yang dikelompokkan kedalam genus Pitta Burung Paok Pancawarna

Untuk membedakan jenis kelamin antara burung jantan dan betina sanggup dilihat dari warna bulunya,terutama untuk burung yang sudah dewasa.Pada burung jantan terdapat garis biru pada dada bab atas,sedangkan untuk burung betina berwarna lebih suram dan lebih merah. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.

Burung ini mempunyai sifat pemalu dan jarang menampakkan dirinya, kadang terlihat melintas jalan di hutan, namun lebih sering terdengar suaranya. Berlompatan cepat di sepanjang lantai hutan atau batang mati. Kadang di semak rendah, pohon salak atau rotan. Sarang berbentuk bola berongga dari vegetasi pada semak, satu meter diatas permukaan tanah. Telur berwarna keputih-putihan, jumlah 3-5 butir sekali berkembangbiak.

Penyebaran burung ini terdapat di Semenanjung Malaysia, Sunda Besar. Di Indonesia sanggup dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali.

0 Response to "Burung Paok Pancawarna"

Total Pageviews