Latest News

Burung Sempur Hujan Sungai

Burung sempur hujan sungai ialah satu diantara jenis burung sempur hujan yang terdapat di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini dikenal dengan Black-and-red Broadbill (Cymbirhynchus macrorhynchos). Memiliki tubub berukuran besar sekitar 23 cm. Tubuh bab bawah merah tua, dada berpita hitam, paruh besar berwarna kuning dan biru. Tubuh bab atas hitam, terdapat strip putih khas pada sayap. Tunggir merah pada, membedakannya dengan Sempur-hujan darat. Remaja: tenggorokan lebih abu-abu, perut kekuningtuaan dan tersapu merah. Iris hijau, paruh atas biru dan paruh bawah kuning, kaki biru keunguan.
Burung sempur hujan sungai ialah satu diantara jenis burung sempur hujan yang terdapat di Burung Sempur Hujan Sungai
http://www.worldtwitch.com/
Spesies burung ini terdiri dari 4 sub-spesies, dengan kawasan persebaran yang berbeda,diantaranya ialah sebagai berikut:
  1. Cymbirhynchus macrorhynchos affinis (Blyth, 1846) – Myanmar barat-daya.
  2. Cymbirhynchus macrorhynchos siamensis (Meyer de Schauensee & Ripley, 1940) – Myanmar selatan (Tenasserim), Thailand selatan (kecuali ujung selatan), Kamboja, Laos selatan dan Vietnam selatan.
  3. Cymbirhynchus macrorhynchos malaccensis (Salvadori, 1874) – ujung selatan Thailand dan Semenanjung Malaysia; dahulunya juga di Singapura.
  4. Cymbirhynchus macrorhynchos macrorhynchos ( J. F. Gmelin, 1788) – Sumatra, Bangka, Belitung, dan Kalimantan (termasuk Pulau Laut, di pesisir selatan).
Tempat hidup dan Kebiasaan Burung penetap yang umum ditemui di hutan dataran rendah hingga ketinggian 900 m di Sumatera (termasuk Bangka & Belitung) dan Kalimantan. Memburu serangga dari tenggeran yang terbuka pada tajuk atas atau tajuk bawah, Biasanya ditemukan di pinggir hutan, sepanjang pedoman sungai, pedoman air, atau di jalan.

Makanan utamanya serangga, tetapi juga memakan buah-buahan dan bab flora lainnya. Sering mengunjungi tajuk bab tengah dan bawah, biasanya di bersahabat pedoman air. Secara umum tidak mencolok, bertengger membisu dalam tajuk yang rapat. Kadang juga di percabangan bawah yang menjulur diatas sungai. Sarang biasanya menggantung diatas pedoman sungai. Jumlah telur 2-3 butir. Suara burung ini monoton yang terdengar menyerupai kata “wiark” dan getaran meninggi, lebih lembut dan singkat dibandingkan suara Sempur-hujan darat.

0 Response to "Burung Sempur Hujan Sungai"

Total Pageviews