Latest News

Burung Sempur Hujan Darat

Burung sempur hujan darat atau yang dikenal Black-and-yellow Broadbill (Eurylaimus ochromalus) dalam istilah penyebutan internasional perburungannya ini merupakan salah satu burung jenis Sempur Hujan atau Broadbill yang habitatnya sanggup dijumpai di Indonesia. Burung ini mempunyai ukuran tubub kecil dengan panjang tubuhnya sekitar 15 cm.

Tubuhnya dihiasi dengan bulu yang berwarna-warni. Pada bab Paruh berwarna biru, kepala hitam, kerah puih khas. Tubuh bab atas umumnya hitam, tungging kuning, sayap burik, ada bintik putih pada terminal ekor. Tubuh bab bawah merah jambu bergradasi ke kuning pada tunggir, terdapat pita hitam melintang pada dada atas (sebagian pada betina), paha hitam. Remaja: berwarna lebih suran, dahi kuning.Iris kuning, paruh kebiruan, kaki merah jambu.
Burung sempur hujan darat atau yang dikenal Burung Sempur Hujan Darat

Suara Sangat mencolok dan sering terdengar. Suara sangat mirip Sempur-hujan rimba, berupa gugusan bunyi monoton selama kira-kira tujuh detik, tetapi tanpa siulan pendahuluan atau nada selesai yang perlahan menghilang. Suara lainnya ialah sorak tinggi yang memelas.

Penyebaran dan ras Semenanjung Malaysia, Sumatera, dan Kalimantan. Sumatra (termasuk Kep. Banyak, Kep. Batu), Bangka, Belitung, Natuna utara dan Kalimantan (termasuk Pulau Laut, di pesisir selatan).

Burung ini biasa terdapat di hutan primer dan hutan sekunder, hingga ketinggian 900 m di Sumatera (termasuk kepulauan di sekitarnya) dan Kalimantan (termasuk Kep. Natuna). Memburu serangga dari tenggeran rendah di hutan. Berdiam pada tajuk bawah dan tajuk tengah.

0 Response to "Burung Sempur Hujan Darat"

Total Pageviews