Latest News

Suara Burung Remetuk Dada Cokelat

Burung remetuk dada-cokelat atau yang juga dijenal dengan remetuk pakis ini merupakan salah satu dari sekian banyak jumlah burung remetuk yang terdapat di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya,burung ini disebut dengan brown-breasted gerygone (Gerygone ruficollis). Remetuk dada coklat memiliki panjang badan sekitar 9,5 cm. Tubuh bab bawah atas cokelat, sedangkan bab bawah putih. Ujung ekornya juga putih.

Penampilan burung ini seolah-olah dengan burung Remetuk Kelabu. Perbedaannya terletak pada badan bab bawah yang putih bersih, dan badan bab atas yang berwarna abu-abu. Remetuk dada-cokelat termasuk burung pemalu. Fisiknya jarang terlihat, sehingga hanya suaranya saja yang terdengar mengalun merdu di antara rimbunan pepohonan di hutan-hutan terbuka, atau hutan sekunder.
 ini merupakan salah satu dari sekian banyak jumlah burung remetuk yang terdapat di Indone Suara Burung Remetuk Dada Cokelat

Suara kicauan burung ini berupa rangkaian siulan panjang yang sendu dengan nada tinggi, kemudian menurun dengan irama monoton dan datar. Silahkan dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.
Habitat orisinil burung ini menghuni tempat pinggiran kebun, semak belukar yang ada di padang rumput pegunungan tinggi, serta lahan-lahan terbuka di pedesaan hingga ketinggian 1.450 – 3.400 meter dari permukaan laut.

Burung remetuk dada-cokelat terdiri atas dua subspesies yang tersebar di jajaran pegunungan Papua,diantaranya ialah sebagai berikut:
  1. Gerygone ruficollis ruficollis (Salvadori, 1876): bab barat-laut pulau Papua (Peg. Arfak).
  2. Gerygone ruficollis insperata (De Vis, 1892): jajaran pegunungan tengah pulau Papua ke timur hingga wilayah Owen Stanley, termasuk Semenanjung Huon.
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Suara Burung Remetuk Dada Cokelat"

Total Pageviews