Latest News

Suara Burung Wiceh (Manggaran)

Burung wiceh atau manggaran ialah penyebutan lokal di beberapa kawasan (khususnya di pulau Jawa) untuk spesies burung pemakan nektar yang dalam bahasa perburungan nasionalnya disebut Burung-madu kelapa atau umum disebut Kolibri Kelapa di Indonesia. Dalam bahasa Inggrisnya burung ini dikenal dengan Brown-throated Sunbirds (Anthreptes malacensis). Ini ialah spesies burung dari keluarga Nectariniidae yang dikelompokkan kedalam genus Anthreptes.

Burung ini merupakan jenis burung pemakan nektar Loranthus, Musa , Hibiscus, serangga, ulat, laba-laba, buah lembu dan mempunyai habitat di dataran rendah ibarat pekarangan terbuka, kebun kelapa, semak pantai, hutan mangrove yang tersebar hingga ketinggian 1.200 m dpl. Burung-madu kelapa mempunyai badan berukuran sedang,sekitae 13 cm dan mempunyai bulu berwarna-warni.
 atau manggaran ialah penyebutan lokal di beberapa kawasan  Suara Burung Wiceh (Manggaran)

Burung jantan dan betina gampang dibedakan sebab keduanya mempunyai warna bulu yang berbeda,khususnya untuk burung yang sudah berusia dewasa. Pada burung jantan,bagian mahkota dan punggung berwarna hijau bersinar. Tunggir, epilog sayap, ekor, setrip kumis ungu bersinar. Pipi, dagu, tenggorokan coklat bau tanah buram dan badan potongan bawahnya berwarna kuning.

Sedangkan untuk burung betina,tubuh potongan atas berwarna hijau zaitun. Tubuh potongan bawah kuning muda. Iris merah, paruh hitam, kaki hitam abu-abu. Burung ini bersifat teritorial kasar yang akan mengusir burung madu lain dari pohon sumber makanan yang disukai. Sarang berbentuk kantung menggantung, dari serat rumput, direkatkan dengan jaring laba-laba dan kapas rumput. Telur jumlah 2 butir dan berbiak sepanjang tahun.

Suara burung ini sangat khas dengan Kerikan bernada tinggi yang terdengar ibarat kata “kelicap, twiit-twiit-twiit” atau lagu sederhana “wi-ciuw, wi-chiuw” yang diulangi terus-menerus. Berikut ada 4 file audio bunyi burung wiceh atau manggaran. 2 audio diantaranya merupakan bunyi rekaman orisinil hutan,dan 2 file audio bunyi manggaran yang sudah dipelihara. Silahkan download dan dengarkan bunyi kicaunya dibawah ini.
  1. Suara Wiceh di Alam
  2. Suara Wiceh di Alam
  3. Suara Wiceh Masteran
  4. Suara Wiceh Masteran
Semoga bermanfaat dan salam kicau mania.

0 Response to "Suara Burung Wiceh (Manggaran)"

Total Pageviews