Latest News

Caranya Membedakan Jenis Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung:Membedakan jenis ayam kampung bukanlah hal yg sulit Jika Anda mau mempelajarinya.
Anda sanggup mempelajari dan mempraktekannya semoga ayam kampung yg bakal Anda jadikan wirausaha ternak pilihan tidak Keliru langkah.
Menentukan jenis ayam kampung ini sangat penting, alasannya yakni bakal mempengaruhi hasil dari peternakan Anda.
Semakin sempurna pilihan Anda, semakin menguntungkan hasil ternak Anda.
Kesalahan dalam awal menentukan jenis ayam kampung, bakal sangat kuat pada langkah selanjutnya, alasannya yakni proteksi jenis masakan antara ayam kampung tipe pedaging dan tipe petelur memiliki kandungan nutrisi yg berbeda.

Jika Anda berencana untuk memelihara ayam kampung petelur, bakal tetapi yg Anda beli yakni indukan ayam kampung pedaging, maka telur yg di hasilkan tidak bakal sebanyak yg di hasilkan oleh telur ayam kampung petelur.
Sebaliknya, Jika Anda bertujuan memelihara ayam kampung pedaging, dan yg Anda beli yakni ayam kampung petelur, maka pertumbuhan ayam kampung   yg Anda pelihara tidak semaksimal pertumbuhan ayam pedaging.

Untuk membedakan jenis dari ayam kampung menyerupai yg sudah di bahas pada Maknakel " 2 Jenis Ayam Kampung yg langka Di Ketahui", Anda mengikuti langkah-langkah menyerupai di bawah ini.

1. Ayam Kampung Petelur Cenderung Memiliki Tulang Pubis yg Lebar
Lebar tulang pubis antara betina ayam kampung petelur dan ayam kampung pedaging sangat berbeda. Ayam kampung tipe petelur memiliki jarak tulang pubis yg lebar, berkisar antara 3-4 jari tangan orang dewasa. Sementara betina ayam kampung pedaging memiliki langka tulang pubis yg sangat sempit. Antara 1-2 jari tangan orang dewasa.

Hal ini berlaku bagi ayam dara (ayam yg belum pernah bertelur) maupun yg sudah bertelur.
perhatikan gambar 1.
Membedakan jenis ayam kampung bukanlah hal yg sulit Jika Anda mau mempelajarinya Caranya Membedakan Jenis Ayam Kampung
Gambar1.
2. Ayam Kampung Tipe Petelur Memiliki Jengger yg Lebih Lebar
Baik pada ayam kampung betina maupun ayam kampung pejantan, ayam kampung tipe petelur memiliki jengger yg lebih lebar di banding ayam kampung tipe pedaging.
Ayam kampung tipe pedaging juga memiliki jengger, tapi bentuknya lebih kecil di banding jengger ayam kampung. Perhatikan gambar2.
Jengger pada ayam selain berfungsi untuk menarik lawan jenisnya, juga berfungsi menyimpan hormon reproduksi.
Membedakan jenis ayam kampung bukanlah hal yg sulit Jika Anda mau mempelajarinya Caranya Membedakan Jenis Ayam Kampung
Gambar2
Untuk membedakan jenis ayam kampung petelur dan ayam kampung pedaging dengan melihat pada jenggernya, kita sanggup melihat perbedaannya pada ayam bangkok, ayam pelung dan ayam kedu.
Ayam kedu lebih memiliki jengger yg lebar di banding dengan jengger yg terdapat pada ayam bangkok dan ayam pelung.

3. Bentuk Tubuh
Ayam kampung petelur lebih memiliki bentuk badan yg kecil di banding dengan ayam kampung pedaging.
Ayam kampung petelur memiliki kulit daging yg lebih tipis. Untuk mempermudah perbedannya, Anda sanggup melihat pada ayam arab, dimana ayam arab yakni Keliru satu jenis ayam kampung petelur unggul.
Ayam arab memiliki daging yg tipis, dan jengger yg lebih besar di banding dengan ayam kampung tipe pedaging.
Daging pada ayam arab juga lebih tipis.
Begitu juga dengan ayam kampung tipe petelur yg masih belum terseleksi. Untuk sanggup lebih Mudah membedakannya, kita sanggup Memakai ayam arab sebagai citra yg sanggup memperlihatkan ilustrasi yg lebih jelas.

4. Bulu Ayam Kampung Petelur
Bulu yg terdapat pada ayam kampung tipe petelur lebih tebal di banding dengan ayam kampung tipe pedaging.
Hal ini di karnakan ayam kampung tipe petelur lebih banyak menghasilkan telur di banding ayam kampung tipe pedaging.
Dengan jumlah telur yg banyak tentunya membutuhkan sistem penghangat yg lebih anggun dalam proses penetasan telur-telurnya. Saya rasa hal ini tidak perlu di jelaskan, alasannya yakni ini yakni desain Tuhan pada makhluk ciptaanNya.

Sebelum benar-benar terjun ke dalam dunia wirausaha peternakan, kita Musti benar-benar memahami wacana abjad dari binatang ternak yg bakal kita pelihara.
Dengan memahami karakter-karakter tersebut, wirausaha ternak kita bakal lebih menguntungkan. Sama halnya dengan abjad dan kecenderungan genetis pada ayam kampung. Dimana setiap jenis ayam kampung di pelihara untuk dengan tujuan yg berbeda.
Bakal dipakai sebagai produksi telur, atau bakal di gunakan sebagai produksi daging.

Semoga bermanfaat.








0 Response to "Caranya Membedakan Jenis Ayam Kampung"

Total Pageviews