Latest News

Caranya Merawat Burung Cendet Mabung Atau Nyulam

Merawat burung cendet mabung memang diperlukan kesabaran dan ketelatenan, lantaran burung cendet yang sedang dalam kondisi mabung alis rontok bulu tidak sanggup diperlakukan selayaknya burung dalam kondisi normal sehari-hari. Burung cendet mabung membutuhkan penanganan khusus Agar proses mabung sanggup berjalan dengan cepat dan tuntas, lantaran perawatan yang asal-asalan pada cendet yang sedang dalam proses ngurak alias rontok bulu ini sanggup menyebabkan macet mabung.

Mabung ialah proses ngurak/ rontok bulu sebelum tumbuh bulu-bulu gres yang terjadi setrik alamiah pada setiap burung. Proses mabung ini merupakan siklus tahunan dimana setiap burung niscaya bakal mengalami masa mabung, dan masa ketika cendet mabung ini ialah masa-masa yang paling tidak mengenakkan bagi si pemelihara burung.

 memang diperlukan kesabaran dan ketelatenan Caranya Merawat Burung Cendet Mabung Atau Nyulam

Burung cendet nyulam, mabung, atau molting biasanya bakal lebih banyak membisu (nyekukruk) dan jarang berkicau. Maka ketika tiba-tiba anda mendapati burung cendet kesayangan anda tiba-tiba tidak membisu saja tidak banyak tingkah serta jarang berkicau, kemudian terdapat rontokan bulu didasar kandang, anda tidak perlu khawatir, kemungkinan besar burung cendet anda sedang dalam tahap mabung.

Tips trik merawat burung cendet mabung yang benar

1. Pemberian pakan
Berikan burung cendet anda voer yang mengandung protein tinggi, atau sanggup juga dengan trik mencampurkan voer tinggi protein dengan voer harian yang biasa anda berikan. Voer cendet yang tinggi protein sanggup Menggunakan pakan ayam broiler (BR1) atau sering disebut dengan istilah "pelet" yang berukuran kecil. Pakan ayam broiler tersebut bakal sangat membantu dalam proses perontokan bulu/ moulting/ mabung.
2. Pemberian Ekstra Fooding (EF)
Ekstra fooding sangat penting bagi burung cendet yang sedang mabung, alasannya ekstra fooding mengandung protein hewani yang sangat berkhasiat untuk menunjang gizi dan nutrisi bagi burung yang sedang mabung. Ekstra fooding yang cocok untuk cendet mabung diantaraya ialah jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan cacing tanah. Berikan ekstra fooding dengan porsi lebih banyak ketimbang dukungan EF untuk setelan cendet sehari-hari. 
Untuk jangkrik anda sanggup memperlihatkan 10 ekor setiap hari (5 ekor di pagi hari dan 5 ekor disore hari) hingga proses mabung selesai. Anda juga sanggup juga dengan memperlihatkan pemanis EF berupa ulat hongkong, tapi anda harus berhati-hati dalam dukungan EF ulat hongkong, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sering, lantaran sanggup menyebabkan kebutaan pada burung kesayangan anda. Berikan pula kroto segar untuk mempercepat proses mabung serta menjaga kondisi kesehatan cendet anda.
3. Pemberian multi vitamin
Berikan pemanis multi vitamin untuk menjaga kondisi burung serta mempercepat proses nyulam pada burung cendet anda. Silahkan berkonsultasi dengan toko penjual pakan/ multi vitamin, baik setrik online ataupun setrik offline.
4. Perawatan mandi
Pada ketika burung sedang dalam kondisi nyulam/ ngurak/ mbrodol, sebaiknya anda tidak perlu memandikannya, walaupun pada perawatan harian anda biasa memandikan burung setiap hari. Mandi boleh dilakukan ketika proses rontok sudah selesai, Maknanya semua bulu sudah rontok dengan sempurna. Karena Jika bulu burung belum rontok semua, kemudian burung anda mandikan, air mandi tersebut justru bakal menghambat/ memperlambat rontok bulu, bahkan justru bulu bakal menjadi berpengaruh kembali dan proses mabung tidak berjalan sempurna.
5. Penjemuran
Sama menyerupai halnya mandi, burung yang sedang dalam kondisi mabung sebaiknya tidak usah dijemur. Selain menghambat rontoknya bulu, sinar matahari yang panas sanggup menghambat bahkan merusak tunas bulu yang masih muda. Penjemuran ini boleh dilakukan ketika tunas bulu sudah tumbuh, penjemuran cukup dilakukan sebentar saja pada ketika pagi hari (matahari belum terlalu panas)
6. Pengerodongan
Burung yang sedang mabung harus selalu dalam keadaan full kerodong setiap hari, kecuali pada ketika dukungan makan dan pencucian kandang. Hal ini dimaksudkan Agar burung merasa damai dan nyaman.
7. Penempatan kandang
Jangan meletakkan burung yang sedang mabung pada lingkungan yang ramai, dimana disitu terdapat banyak aktifitas dan kemudian lalang orang/ kendaraan menyerupai pinggir jalan. Letakkan burung anda pada kondisi lingkungan yang damai dan nyaman, sanggup dengan meletakkan burung pada ruangan khusus yang sepi Agar burung fokus pada proses mabung, lantaran burung mabung membutuhkan ketenangan dan kenyamanan.
8. Pemasteran
Pada ketika mabung inilah anda sanggup memperlihatkan pemasteran setrik maksimal, lantaran burung cendet yang sedang mabung bakal lebih banyak diam, sehingga lebih gampang dalam mencerna dan merekam suara-suara masteran. Untuk pemasteran tentunya anda harus sesuaikan dengan huruf burung cendet yang serak dan kasar. Masteran yang cocok untuk burung cendet diantaranya adalah: burung gereja tarung, tengkek buto, cucak jenggot, jangkrik, belalang, kenari, lovebird, dan masih banyak lagi. Intinya ialah memaster burung cendet dengan bunyi burung yang memiliki tembakan-tembakan yang rapat, keras dan serak.
9. Jangan memaksa burung cendet untuk berkicau
Meskipun niat utama anda dalam memelihara burng ialah untuk mendengarkan kicauannya, tapi pada ketika burung sedang dalam kondisi mabung, sebaiknya jangan anda paksa untuk berkicau dengan trik dikudang atau disiuli. Agarkan burung beristirahat dengan nyaman, nanti toh ketika masa mabung sudah terlewati, burung cendet anda bakal sanggup kembali berkicau dengan lantangnya. Selain itu jangan sekali-kali membawa burung yang sedang mabung ke area lomba, lantaran nanti anda bakal ditertawakan banyak orang. hehehe..
Baca juga:  Caranya mencabut bulu ekor cendet
Itulah tips cara merawat burung cendet mabung yang sanggup saya bagikan kepada sobat Kicau-Burung.com dimanapun anda berada, semoga tips sederhana ini bermanfaat bagi kita semua.

Pencarian:

  • Caranya mengatasi cendet mabung
  • Caranya mengatasi cendet nyulam
  • Tips Agar mabung cepat selesai
  • Ciri-ciri cendet mabung
  • Tanda-tanda cendet nyulam

0 Response to "Caranya Merawat Burung Cendet Mabung Atau Nyulam"

Total Pageviews