Latest News

Menjinakkan Burung Cendet Bakalan Muda Hutan

Kicau-Burung.com | Caranya menjinakkan cendet bakalan muda hutan bahu-membahu cukup gampang bila kita berpengalaman dalam memelihara burung cendet, dan tentunya sudah mengetahui tips dan triknya. Tapi bakal terasa sulit dan membutuhkan waktu yang cukup usang bila kita gres pertama kali memelihara burung cendet bakalan muda hutan hasil tangkapan yang biasanya banyak dijual di kios dan pasar burung.

Caranya merawat bakalan cendet muda hutan berbeda dengan trik merawat cendet trotolan, bila cendet trotolan tentu saja gampang jinak sebab sudah anda pelihara dan disuapi semenjak kecil, namun untuk bakalan cendet muda hutan ialah burung cendet remaja hasil tangkapan hutan yang biasa hidup dihutan liar dan tentunya belum terbiasa dengan manusia. Maka dari itu diharapkan perawatan khusus dalam menjinakkan cendet bakalan tersebut, sebab cendet bakalan muda hutan lebih rentan stress dan gampang mati, bila anda Keliru dalam perawatannya.

 hutan bahu-membahu cukup gampang bila kita berpengalaman dalam memelihara burung cendet Menjinakkan Burung Cendet Bakalan Muda Hutan

Bakalan cendet muda hutan biasanya bakal sangat giras dan takut manusia, sebab mereka terbiasa hidup dihutan dan mencari makan sendiri, maka tak heran bila cendet muda hutan sering ngelabak dan menabrak jeruji sangkar sehingga bulu-bulunya sering rusak dan terdapat luka diatas paruh. Hal ini sanggup terjadi bila anda tidak mengetahui setrik detail trik merawatnya, tapi bila anda mengetahui trik menjinakkan bakalan cendet muda hutan tersebut, tidak tidak mungkin burung cendet bakal tetap mulus, gacor, dan tidak takut insan lagi.

Caranya menjinakkan bakalan cendet muda hutan


1. Karena burung cendet ini masih liar maka yang paling utama ialah anda harus membuat burung cendet terbiasa dengan hidup dikandang dan tidak takut dengan insan dan lingkungan sekitar. Berikan full kerodong tebal atau kerodong berlapis dan letakkan burung didalam rumah atau diruangan yang damai selama kurang lebih 1 minggu, Agar burung mulai mengikuti keadaan dengan kandang, wadah pakan, dan lingkungan.

2. Berikan EF ulat sangkar dicampur dengan voer untuk melatih Agar burung nantinya sanggup terbiasa makan voer, sebab ketika dialam bebas tentunya burung tidak pernah makan voer, berikan pula air minum yang cukup.

3. Berikan EF jangkrik dengan Menggunakan tusuk sapu lidi Agar burung mulai mengenali anda sebagai pemiliknya. Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 ekor setiap pagi, sore, dan menjelang tidur (malam hari).

4. Jangan memandikan burung terlebih dahulu, agarkan cendet muda hutan anda mengikuti keadaan dengan lingkungan terlebih dahulu.

5. Selalu cek kondisi pakan, baik itu ulat kandang, voer, maupun air minum, bila sudah mulai habis tambahkan kembali jangan hingga kehabisan.

6. Lakukan hal diatas setidaknya selama 10 hari kebelakang, sebab biasanya dalam waktu 10 hari burung sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan pakan. Setelah itu mulailah untuk memandikan burung 2x dalam seminggu Agar burung lebih fresh. Cukup mandikan setrik ringan saja dengan spray yang di stell embun. Jangan memandikan burung cendet bakalan muda hutan hingga terlalu lepek dulu.

7. Mulailah untuk menggantung burung cendet anda diluar rumah, dimana disitu terdapat aktifitas manusia, orang lewat, atau kendaraan lewat.

8. Tetap beri makan ulat kandang, voer, jangkrik Setelah mandi, dan air minum yang cukup.

9. Kerodong sudah boleh mulai dibuka sedikit, tapi jangan dibuka full terlebih dahulu Agar burung cendet tidak stress.

10. Lakukan trik diatas selama kurang lebih 1 bulan, bila burung masih bertahan hidup lanjutkan untuk memandikan burung setiap hari setrik wajar, kemudian dijemur hingga kering. Saat penjemuran, ambil semua wadah pakan Agar burung merasa sedikit lapar, barulah anda berikan jangkrik dengan Menggunakan tangan Agar burung cendet merasa akrab dengan anda.

11. Lakukan terapi lapar, yaitu dengan membuat burung merasa lapar terlebih dahulu, gres anda berikan makan, dengan demikian burung bakal merasa ketergantungan dengan anda.

12. Kerodong sudahh mulai dibuka ketika penjemuran, proteksi pakan, dan memandikan.

13. Berikan pelengkap EF berupa kroto sebanyak 1 sendok 2x seminggu, Agar burung lebih sehat dan cepat berkicau.

14. Selalu jaga kebersihan kandang, ketersediaan pakan dan air minum setiap hari. Bersihkan sangkar dari kotoran setiap pagi, tambahkan/ ubah pakan dan air minum setiap pagi juga.

15. Kombinasikan trik diatas dengan terapi mandi malam dan terapi mandi sauna. Untuk lebih jelasnya silahkan baca Maknakel dibawah ini:
Caranya terapi mandi malam cendet
Caranya terapi mandi sauna cendet 

16. Jika anda melaksanakan trik diatas setrik rutin, sabar, dan penuh kasih sayang, maka dalam waktu 2 bulan biasanya bakalan cendet muda hutan sudah jinak dan tidak takut insan lagi, burung juga sudah mulai rajin berkicau meskipun masih asal-asalan dan belum memiliki lagu yang benar.

Itulah tips dan trik menjinakkan burung cendet bakalan hutan Agar tidak takut insan dan rajin berkicau. Dalam memelihara cendet bakalan muda hutan anda harus lebih sabar dalam perawatannya, bila anda berhasil menjinakkannya maka bakal ada sensasi dan kepuasan tersendiri yang bakal anda rasakan.

Pencarian:

  • Caranya menjinakkan cendet bakalan
  • Menjinakkan cendet muda hutan
  • Agar cendet bakalan tidak giras

0 Response to "Menjinakkan Burung Cendet Bakalan Muda Hutan"

Total Pageviews