Latest News

Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih Liar


Burung Ciblek/Prenjak Putih merupakan salah satu burung yang hidupnya di persawahan dan semak semak, Kicauan Burung Ciblek sangat nyaring dan keras sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi kicau mania untuk dijadikan peliharaan pengobat kangen, tujuan lomba maupun pemaster terbaik untuk burung kicauan lainnya. Ada banyak cara merawat ciblek liar, berikut ini gembala news ingin menyebarkan catatan cara merawatnya menurut pengalaman dan sharing sobat kicau mania.

Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih Liar Hasil Tangkapan Hutan atau beli di pasar burung :
  • Setiba dirumah segera beri makanan kesukaannya yaitu Ulat Kandang di cepuk, jangan lupa berikan juga air minum yang bersih.
  • Agar tidak nabrak jeruji sangkar, burung perlu untuk di kerodong atau di tutupi koran sangkarnya, hingga burung merasa nyaman dan mau makan UK di sangkar.
  • Setelah dikarantina selama 1 minggu, lakukan proses penjinakkan dengan pemandian dipagi hari (sekitar pukul 06.30), lalu jemur 30 menit gres diberi makan UK + Kroto.
  • Dengan kondisi kerodong terbuka letakkan burung di teras semoga terbiasa dengan aktifitas manusia.
  • Setelah sore hari burung kembali di kerodong, namun periksa terlebih dahulu kondisi pakan dan minumnya. jikalau kurang tambahkan atau diganti.
  • Besoknya juga demikian, lakukan pemandian jemur sebentar lalu gantung di bawah pohon semoga burung seakan hidup dialam yang tersedia makanan disangkarnya

  • Dengan  perawatan yang rutin, Burung Ciblek akan cepat berkicau meskipun awalnya hanya berkicau bila tidak ada manusia, usang kelamaan juga akan terbiasa dengan insan asalkan sering di letakkan di erat acara manusia.

Itulah Tips Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih dari , semoga dapat menjadi materi bacaan yang menarik untuk sobat kicau mania. Untuk menciptakan burung berkicau hal yang paling penting dilakukan ialah membuatnya Jinak (tidak takut manusia), memberi makanan kesukaan dan memberinya nutrisi yang sempurna untuk menjaga stamina semoga tetap sehat. Selain itu konsistensi dalam perawatan juga sangat diperlukan.

0 Response to "Cara Merawat Ciblek/Prenjak Putih Liar"

Total Pageviews